Perbandingan Aplikasi Remote Komputer - TeamViewer Free Android vs Splashtop Remote Desktop HD BlackBerry

14 Jan 2012 09:00 8413 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Perkembangan teknologi kian canggih. Berbagai jenis alat diciptakan oleh manusia untuk dapat mengontrol alat lain dari jarak yang cukup jauh. Salah satu hasil teknologi yang berhasil melakukan itu adalah *remote control*. Bagaimana jika aplikasi remote komputer via Android dan BlackBerry dibandingkan? Simak di sini.

Perkembangan teknologi kian canggih. Berbagai jenis alat diciptakan oleh manusia untuk dapat mengontrol alat lain dari jarak yang cukup jauh. Salah satu hasil teknologi yang berhasil melakukan itu adalah remote control. Namun dalam perkembangannya, sebuah ponsel ternyata kini bisa digunakan sebagai aplikasi remote komputer. Tentunya untuk dapat melakukan hal itu, dibutuhkan sebuah aplikasi tambahan.

Kali ini Paseban mencoba untuk membandingkan dua aplikasi remote komputer pada dua platform smartphone yang berbeda. Pertama adalah aplikasi bernama TeamViewer Free yang dapat dijalankan di Android dan yang kedua adalah sebuah aplikasi yang difungsikan pada smartphone BlackBerry milik Research in Motion (RIM) bernama Splashtop Remote Desktop HD.

TeamViewer Free

Seperti namanya, aplikasi ini dapat diunduh secara gratis di Android Market. Dengan aplikasi remote komputer ini, Anda bisa mendapatkan beberapa manfaat. Yang pertama, tentu saja Anda masih tetap bisa mengakses komputer Windows, Mac atau Linux ketika menggunakan aplikasi ini via smartphone ataupun via tablet Android. Selain itu, Anda juga harus meng-install TeamViewer versi desktop, yang bisa diunduh di sini pada komputer. Anda juga bisa meng-edit sebuah file berkat aplikasi ini.

Fitur multi-touch juga di-support oleh aplikasi ini, Anda bisa melakukan klik kiri, klik kanan, drag, drop, scrool ataupun zoom. Kontrol khusus seperti tombol Ctrl dan Alt pun bisa digunakan. Untuk menggunakan aplikasi ini dalam mengontrol komputer jarak jauh, reboot PC Anda terlebih dahulu. Dan untuk menggunakannya, handphone Anda paling tidak harus menggunakan Android versi 1,6 atau yang terbaru.

Splashtop Remote Desktop HD

Seperti halnya TeamViewer Free, Splashtop Remote Desktop HD juga merupakan salah satu aplikasi remote komputer yang berguna untuk mengontrol komputer jarak jauh. Bedanya, aplikasi ini hanya bisa digunakan untuk ponsel BlackBerry. Selain itu, Anda diharuskan untuk membayar $4,99 dan bisa diunduh di sini.

Aplikasi remote komputer ini hanya bisa digunakan pada tablet, lebih khusus lagi PlayBook BlackBerry. Selain itu Anda juga diharuskan untuk meng-install aplikasi Splashtop Streamer yang bisa diunduh secara gratis di sini pada komputer yang akan Anda akses. Berbagai jenis komputer bisa dikontrol dengan jarak jauh via aplikasi ini, seperti komputer Windows 7, Vista, XP atau Mac OS X 10,6 dan versi di atasnya.

Berbagai jenis dokumen, mulai dari Microsoft Office (Word, Excel atau PowerPoint) hingg Microsoft Outlook bisa diakses menggunakan aplikasi untuk mengontrol komputer jarak jauh ini. Selain itu, Anda juga bisa memainkan file musik yang tersimpan di komputer, di mana format file-nya pun bervariasi, baik format file iTunes, Windows Media Player ataupun format lainnya. Jika Anda berada pada area yang mempunyai jaringan Internet cepat 3G /4G ataupun WiFi, aplikasi ini pun mendukung fitur tersebut.

Kesimpulan

Dari perbandingan dua aplikasi tersebut, nampaknya aplikasi gratis dari Android lebih jago jika dibandingkan dengan aplikasi untuk mengontrol komputer jarak jauh berbayar pada BlackBerry. Terlebih Splashtop hanya bisa digunakan pada tablet saja. Selain itu, keduanya hampir memiliki fitur yang tidak berbeda jauh. [IB]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel