BlackBerry Bold 9780 (Onyx 2) Ekslusif Review ala Paseban

27 Jan 2012 18:30 10171 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Ini dia satu lagi *smartphone* besutan Research In Motion (RIM). Sebelumnya dikenal sebagai Onyx 2, BlackBerry Bold 9780 meramaikan seri Bold dari BlackBerry. Dirilis pada bulan November 2010, *smartphone* ini diproduksi sebagai pengganti Bold Bold 9700 (Onyx).

Ini dia satu lagi smartphone besutan Research In Motion (RIM). Sebelumnya dikenal sebagai Onyx 2, BlackBerry Bold 9780 meramaikan seri Bold dari BlackBerry. Dirilis pada bulan November 2010, smartphone ini diproduksi sebagai pengganti Bold Bold 9700 (Onyx).

BlackBerry Bold 9780 dilengkapi dengan banyak perbaikan dalam fitur dan kemampuan. Kita masih melihat 3G dan konektivitas WiFi, keyboard QWERTY, layar 2,44 inch dan sejumlah built-in aplikasi, termasuk BlackBerry Messenger dan BlackBerry App World. Yang membedakan adalah adanya penambahan sistem operasi BlackBerry 6, Social Feeds view, browser internet baru berbasis WebKit, Universal Search, dan sebuah pengalaman media yang lebih kaya.

Spesifikasi

Mengenai spesifikasi lengkap Onyx 2 ini, Paseban mengulasnya di salah satu aplikasi unggulan Paseban yang bernama Paseban Handset Spesification, untuk gadget Onyx 2 sendiri spesifikasinya bisa langsung Anda lihat di sini.

Desain

Tidak ada kejutan spesifik dalam desain BlackBerry Bold 9780. Ini tidak terlalu berbeda dengan Bold 9700. Dan mungkin bukan hanya pemilik Bold yang akan familiar dengan bentuk Onyx 2 ini. Tata letak tombol di bagian depan ponsel ini juga identik dengan Curve 9300.

Smartphone ini memiliki ukuran yang sebanding dengan model 9700 yaitu tinggi 109 mm, lebar 60 mm, tebal 14 mm. Ini adalah ketebalan yang pas di tangan, dan unit secara keseluruhan nyaman bagi jari-jari Anda bergerak di sekitarnya. Sementara beratnya 122 g. Namun, Paseban tidak memiliki masalah dengan sedikit bobot pada smartphone ini.

Ada beberapa bahan yang berbeda dipajang di sini. Jika Bold 9700 memiliki warna chrome maka hanya terdapat warna hitam glossy pada Onyx 2. Penutup baterai sendiri tidak lagi dilapisi kulit imitasi mewah. Efeknya masih samar-samar dan berusaha membentuk bintik-bintik plastik ringan. Namun itu sangat mencengkram, dan membuat ponsel terasa aman saat Anda memegangnya.

Di bagian depan, layar 480x360 piksel bersinar keluar. Ini tajam, jelas dan terang. Ini memiliki penyesuaian kecerahan otomatis. Di bawah layar adalah empat tombol familiar. Di paling kiri adalah tombol Call hijau, dan di sebelah kanan itu adalah tombol Menu BlackBerry. Di tengah kita memiliki optical trackpad. Di sisi kanan adalah tombol ESC/Back dan tombol Terminate, yang berfungsi ganda sebagai tombol on/off. Di bawahnya, tentu saja, keyboard QWERTY untuk mengetik dengan nyaman.

Hardware

Perangkat ini dilengkapi dengan prosesor 624 MHz dan memiliki memori lebih besar dengan 512 MB RAM dibandingkan dengan Bold 9700 yang hanya 256 MB RAM. Onyx 2 juga dilengkapi dengan penyimpanan internal 256 MB dan kartu micro SD hingga 32GB.

Interface

BlackBerry Bold 9780 kini hadir dengan interface yang lebih baik dan lebih interaktif karena menggunakan OS BlackBerry 6. Sistem operasi ini juga memberikan akselerasi dan kinerja yang tinggi daripada Onyx sebelumnya yang masih menggunakan OS versi 5.

Ada pula Quick Access Points, yang menawarkan akses langsung ke pilihan seperti pengaturan konektivitas, jam alarm, pengaturan dering/getaran dan Universal Search. Notifikasi sekarang juga menggunakan access point, membawa daftar semua aktivitas terakhir dan upcoming calendar saat dipilih.

Internet dan Konektivitas

Onyx 2 berjalan pada 2G Network (GSM 850/900/1800/1900 MHz), EDGE, dan Jaringan 3G HSDPA (850/900/1700/1900/2100 MHz).

Penggunaan OS BlackBerry versi 6 juga mempengaruhi kemampuan web browser default. Berkat platform dukungan browser internet baru berbasis WebKit, web browser sekarang lebih fleksibel dan luar biasa. Ini memiliki tampilan halus dari struktur menu dan juga mendukung flash yang memberikan kemampuan yang hampir serupa desktop PC. Aktivitas browsing web dapat lebih menarik dengan fitur multi-page display.

Tab Browsing bekerja responsif di setiap tempat. Tab tidak perlu loading terlalu lama ketika Anda membuka mereka berkat 512MB RAM di Bold 9780. Untuk akses cepat, halaman web yang Anda inginkan dapat ditambahkan ke layar Home, terdapat pula fasilitas bookmark dan kemampuan untuk berlangganan RSS feed (Social Feeds view).

BlackBerry Bold 9780 dilengkapi baterai 1.500 mAh lithium ion dengan waktu bicara 6 jam dan sampai 17 hari waktu siaga.

Fitur

Bold 9780 sangat email-friendly. Pemberitahuan email yang benar-benar instan sementara dukungan untuk jenis account yang berbeda bersifat komprehensif. Anda dapat sync 10 account email sekaligus, baik melalui akun email internet seperti Gmail, Yahoo dan Hotmail, bersama account bisnis Anda. Ini semua dapat dilakukan melalui menu Setup.

Sosial Feed memungkinkan Anda menyatukan Jejaring Sosial, Twitter, AIM, Blackberry Messenger dan Google Talk account. Pilih untuk melihat semua informasi dalam daftar atau filter dengan account individu.

Universal Search juga telah ditambahkan, memberikan Anda akses cepat ke fitur ponsel Anda dan segala macam pencarian web. Cukup mulai mengetik pada Homescreen dan setiap kontak yang cocok, pesan, video, lagu, atau apa pun pada telepon Anda akan muncul di bawah. Jika tidak ada yang sama Anda dapat mencari YouTube, Google, BlackBerry App Store dan Penelusuran Lokal Google. Ini hanya benar-benar mengejar ketinggalan fitur untuk membawa platform sejalan dengan Android, IOS, dan WebOS sehingga cukup baik dan layak dipuji.

GPS onboard dan nampaknya bekerja cukup baik dengan secara akurat dan cepat. BlackBerry Maps adalah cara default untuk mengakses fitur ini, tetapi kami sarankan untuk men-download GoogleMaps untuk akses lebih baik.

Fitur lain termasuk editor Dokumen (Word, Excel, PowerPoint, PDF), Media player yang mendukung untuk MP3/WMA/AAC+format audio, video player yang mendukung untuk format DivX/WMV/XviD/3gp, organizer, voice memo/dial, dan input teks prediktif.

Kamera

Kamera BlackBerry Bold 9780 telah ditingkatkan untuk 5 megapiksel dengan auto-focus, LED flash, geotagging dan mampu mengambil gambar dengan kualitas maksimal 2592 x 1944 piksel. Mode Auto-focus dapat diatur untuk Continuous or Single Shot, dan ada 3x digital zoom.

Selain itu Anda dapat dengan cepat mengakses pilihan mode (termasuk Face Detection, Olahraga, Text and Party, dll). Namun tidak ada pilihan pengukuran atau white balance, atau efek pada kamera Bold 9780.

Kualitas Foto dalam Ruangan

BlackBerry Bold 9780 (Onyx 2) Ekslusif Review ala Paseban

Indoor, tanpa pencahayaan alami yang kuat. Subjek utama cukup tajam dan rinci, dan Anda dapat melihat setiap garis nat pada lantai.

Kualitas Foto Luar Ruangan

BlackBerry Bold 9780 (Onyx 2) Ekslusif Review ala Paseban

Walaupun diambil dalam keadaan langit berawan, reproduksi warna di sini oke, dan cukup detail untuk efek bayangan dan gradasi rumput.

Video

Paseban: BlackBerry Bold 9780 Sample Video

Bold 9780 menangkap video pada tingkat 640x480 (VGA) dalam format 3GP. Dan, Anda tahu, kualitasnya tidak buruk. Memang dibutuhkan beberapa detik untuk Auto-focus, tetapi setelah itu, video memiliki tekstur yang terlihat. Anda juga mungkin melihat bahwa mikrofon melakukan pekerjaan yang sangat kompeten menangkap suara. Secara keseluruhan, Paseban cukup terkesan dengan kemampuan video dari Bold 9780.

Kesimpulan

Interface, sistem operasi OS BlackBerry 6 dan kemampuan kamera adalah perbaikan penting pada Bold 9780. Sayangnya tidak ada perubahan signifikan dalam hardware dibandingkan dengan model 9700. Namun bagi Anda pecinta produk BlackBerry, Bold 9780 atau Onyx 2 dapat menjadi pilihan yang oke. [ND]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel