Pertarungan Dua Ponsel Quad Band, Sony Ericsson Android Xperia Arc S vs HTC Sensation XE

18 Jan 2012 20:10 3718 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Sony Ericsson Xperia Arc S dan HTC Sensation XE merupakan ponsel berkemampuan Quad band. Siapa juaranya jika kedua ponsel Quad band ini diperbandingkan?

Memiliki ponsel Quad band tentunya menjadi kebutuhan tersendiri. Tentunya bagi mereka yang sering bepergian ke luar negeri. Dengan menggunakan ponsel Quad band, ponsel Anda tetap akan dapat digunakan di negara lain. Ponsel Quad band memungkinkan ponsel dapat bekerja pada lebih dari satu jenis frekuensi jaringan. Indonesia sendiri menggunakan jaringan 900 Mhz, dan sebagian besar negara di Eropa dan Asia menggunakan frekuensi 900 dan 1800 MHz. Sedangkan di Amerika Utara, para provider lebih memilih untuk menggunakan frekuensi 850 dan 1900 MHz.

Karena alasan itu pula, kali ini Paseban akan memperbandingkan dua jenis ponsel yang sama-sama mendukung Quad band. Yang pertama adalah Sony Ericsson Android Xperia Arc S, dan pesaingnya HTC Sensation XE.

Dimensi

Ponsel Android Sony Ericsson Android Xperia Arc S ini memiliki dimensi 125x63x8,7 mm dengan berat 117 gram. Sedangkan Sensation XE memiliki ukuran 126,1x65,4x113mm dengan bobot 151 gram. Pertarungan pertama dua ponsel Quad band ini dengan jelas dimenangkan oleh Xperia Arc S.

Layar

Ponsel Sony ericsson Android Xperia Arc S ini dilengkapi dengan layar LCD Back-lit capacitive touchscreen berukuran 4,2 inci dengan resolusi 480x854 piksel. Pelindung anti gores, sensor accelerometer, sensor proximity, multi-touch, Sony Mobile BRAVIA Engine dan UI Timescape adalah deretan fitur tambahan yang dimuliki oleh smartphone ini.

Ponsel HTC Sensation XE memiliki ukuran layar yang hampir sama dengan Sony Android Ericsson, yakni layar S-LCD capacitive touchscreen 4,3 inci. Layar ini berresolusi 540x960 piksel. Fitur multi-touch dan UI HTC Sense juga akan ditemukan pada ponsel ini.

Kinerja

Ponsel Sony Ericsson Android ini dapat bekerja pada empat jenis jaringan GSM, 850, 900, 1800 dan 1900 MHz. Jadi, Anda bisa dengan tenang membawa ponsel ini ke luar negeri, ke manapun yang Anda suka. Perihal koneksi Internet pun tidak menjadi hal yang sulit pada ponsel ini. Jaringan 3G miliknya dapat bekerja pada empat jenis pita jaringan.

Di bagian dalam, terdapat prosesor Qualcomm Snapdragon MSM8255T 1,4GHz. Untuk menunjang kinerja prosesor, pihak Sony Ericsson menambahkan GPU Andreno 205 dan RAM 512MB. Seperti umumnya ponsel yang kini beredar di pasaran, masalah konektivitas tersedia dengan cukup komplit. Dari WiFi, Bluetooth hingga USB terdapat pada ponsel ini. Sedangkan versi OS Android yang digunakan pada ponsel ini adalah Android 2,3 Gingerbread.

Sama halnya dengan ponsel Sony Ericsson Android lainnya, HTC Sensation XE juga mendukung empat jenis frekuensi GSM. Fitur konektivitas pun cukup komplit , di mana terdapat WiFi, Bluetooth dan USB. Di bagian dalam, ponsel ini menggunakan Prosesor Qualcomm Snapdragon dual core 1,5GHz dan ditunjang juga dengan RAM 768MB. Sama halnya dengan Xperia Arc S, ponsel ini juga menggunakan OS Android 2,3 Gingerbread. Dari perbandingan kedua ponsel ini, nampaknya lebih bijak jika Paseban memberikan gelar kemenangan pada Sensation XE. Ponsel ini pun memiliki kinerja prosesor yang jauh lebih bagus dibandingkan Xperia Arc S.

Kamera

Ponsel Sony Ericsson Android Xperia Arc S ini hanya bermodalkan satu buah kamera 8MP di bagian belakang. Kamera ini mampu menangkap gambar dengan kualitas 3264x2448 piksel dan kualitas video 720p pada 30 fps. Di sisi lain, Sensation XE memiliki dual kamera, 8MP di bagian belakang dan kamera VGA di bagian depan. Kamera primernya mampu merekam video dengan kualitas 1080p pada 30fps dan menangkap gambar 3264x2448 piksel. Kedua ponsel ini memiliki kualitas kamera primer yang sama. Namun tambahan kamera VGA menjadi daya tarik tersendiri bagi Sensation XE.

Memori dan Baterai

Ponsel Sony Ericsson Android Xperia Arc S memiliki baterai Li-Po 1500 mAh yang mampu bertahan selama 7 jam 25 menit pada mode 2G dan 7 jam 35 menit saat memakai mode 3G dalam keadaan talk time. Ponsel Sony Ericsson Android ini memiliki memori internal 1GB ditambah dengan slot microSD berkapasitas maksimum 32GB. Sebuah baterai Li-Ion 1730 mAh memberikan pasokan energi selama 9 jam 16 menit (2G) dan 7 jam 20 menit (3G) pada ponsel Sensation XE. Sedangkan pada bagian memori internal, ponsel milik HTC ini menyediakan daya tampung sebanyak 4GB. Lagi-lagi, ponsel milik HTC patut dipilih sebagai pemenang pada perbandingan ini.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, Paseban menilai bahwa ponsel Android Sony Ericsson Xperia Arc S masih kalah kelas dibandingkan dengan HTC Sensation XE. Meskipun demikian, pilihan terbaik ada ditangan Anda. [IB]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel