5 Sistem Operasi Komputer Gratis yang Jarang Diketahui Orang

8 Mar 2013 14:00 9930 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Selain Linux dan distro-distronya yang sudah terkenal ternyata masih banyak sistem operasi komputer lain yang bisa didapatkan secara gratis. Sayangnya kebanyakan sistem operasi tersebut kurang begitu terkenal sehingga jarang sekali peminatnya. Berikut ulasannya.

Sistem operasi merupakan salah satu perangkat lunak paling penting yang ada di setiap komputer. Pasalnya tanpa kehadiran sistem operasi, maka sehebat apapun spesifikasi perangkat keras komputer yang Anda miliki, semuanya tidak akan berguna. Kebanyakan dari kita pasti menggunakan sistem operasi Windows ataupun Mac. Kedua sistem operasi tersebut merupakan sistem operasi berbayar dengan harga yang cukup tinggi. Adapun sistem operasi komputer yang bisa didapatkan dengan cuma-cuma adalah Linux dan berbagai variannya.

Nah, selain Linux dan distro-distronya yang sudah terkenal ternyata masih banyak sistem operasi komputer lain yang bisa didapatkan secara gratis. Sayangnya kebanyakan sistem operasi tersebut kurang begitu terkenal sehingga jarang sekali peminatnya. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini Paseban akan memperkenalkan 5 sistem operasi gratis yang layak Anda coba. Berikut ulasannya.

Freespire

Freespire merupakan sistem operasi berbasis Linux yang yang menggunakan Ubuntu sebagai core-nya. Sistem operasi yang bersifat open source ini menggunakan KDE suite sehingga para pengguna Windows dan Mac OS tidak akan terlalu banyak beradaptasi. Sistem operasi ini memiliki cukup banyak aplikasi populer yang telah dimodifikasi seperti Firefox dan Thunderbird. Hal tersebut tentu semakin memudahkan para pengguna pemula.

Selain itu, sistem operasi ini juga telah dilengkapi dengan berbagai macam codec untuk menjalankan audio dan video dengan baik. Bahkan, driver untuk wireless, grapics card, dan yang lainnya pun sudah tersedia.

Google's Chromium

Jika Anda seorang pengguna Netbook yang lebih banyak menggunakannya untuk melakukan browsing internet, maka sistem operasi Google Chromium ini sangat tepat untuk Anda. Sistem operasi ini dapat melakukan startup dengan cepat sehingga Anda bahkan dapat membuka email dan sosial media sebelum Windows sampai ke login screen.

Menariknya, sistem operasi ini dapat dijalankan secara langsung dari USB flashdisk sehingga sangatlah portable untuk digunakan di berbagai PC. Oleh karena itu, jika Anda memiliki komputer yang hanya digunakan untuk menjelajahi internet saja, maka ada baiknya Anda untuk mencoba Google Chromium ini.

PC-BSD

Beberapa di antara Anda mungkin sudah mendengar sistem operasi PC-BSD, sebuah sistem operasi berbasis UNIX yang cukup populer di internet. Sistem operasi ini terkenal karena sistem keamanannya yang cukup tinggi sehingga sangat aman untuk dipakai oleh siapa saja.

Hal tersebut tentu sangat wajar mengingat sistem operasi PC-BSD ini dikembangkan untuk menjadi sebuah sistem operasi yang tidak membutuhkan banyak software untuk mencegah virus dan spyware. Hal itulah yang memang diinginkan oleh para konsumen komputer di masa sekarang ini.

Cara penggunaan sistem operasi ini sangatlah mudah, bahkan Anda juga akan disuguhkan dengan desktop yang memiliki efek dan transisi dalam bentuk 3D yang mengagumkan. Para tim dibelakang pengembangan OS ini memang menginginkan Anda untuk menikmati banyak waktu di depan PC tanpa khawatir akan adanya virus.

Haiku

Haiku merupakan sistem operasi open source untuk PC yang terinspirasi oleh sistem operasi BeOS. Sistem operasi ini sangatlah bersahabat dan mudah digunakan oleh siapa saja. Salah satu hal yang membedakan Haiku dari sistem operasi berbasis UNIX yang lain adalah sistemnya yang menyatu sehingga tidak menggunakan software dalam multiple layer yang memang sering menimbulkan masalah pada komputer.

Jolicloud

Sistem operasi Jolicloud merupakan sistem operasi yang juga diarahkan bagi para pengguna Netbook. Sistem operasi ini sangat cocok sekali bagi Anda yang sering melakukan surfing internet. Dengan menggunakan Jolicloud, Anda dapat berselancar, chatting, mendengarkan musik, dan menonton film dalam sebuah tampilan yang rapid dan atraktif. Ada juga dapat dengan mudah untuk tersambung ke berbagai macam sosial media dari sistem operasi ini. Anda dapat melakukan sinkronisasi Jolicloud dengan berbagai macam perangkat yang Anda miliki. Uniknya, Anda juga dapat mengatur akun Jolicloud yang Anda miliki lewat browser yang mendukung HTML 5.

Kesimpulan

Jika Anda sudah merasa bosan dengan Windows ataupun Mac, maka kelima sistem operasi komputer di atas sangat layak untuk Anda coba. Namun Anda juga tetap dapat mencobanya dengan melakukan dualboot di komputer Anda jika Anda tidak ingin lepas dari Windows ataupun Mac. [GAN]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel