Titanaboa A1 - Tablet Lokal Berkualitas yang Ringan Produksi Pemain Baru

3 Feb 2013 10:00 4993 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Pasar tablet Indonesia memang sangat menggiurkan para vendor lokal, terbukti bagaimana suburnya perkembangan tablet tablet lokal yang terus diluncurkan ke pasaran. Tampaknya tren tablet ini akan bertahan cukup lama mengingat masih banyaknya konsumen yang sangat ingin memiliki perangkat tablet.

Pasar tablet Indonesia memang sangat menggiurkan para vendor lokal, terbukti bagaimana suburnya perkembangan tablet tablet lokal yang terus diluncurkan ke pasaran. Tampaknya tren tablet ini akan bertahan cukup lama mengingat masih banyaknya konsumen yang sangat ingin memiliki perangkat tablet. Hal ini menyebabkan munculnya vendor lokal baru yang mencoba peruntungan dengan produk tablet mereka, salah satunya adalah Titanaboa A1.

Terdengar seperti nama ular yang cukup terkenal, Boa, tablet lokal berkualitas ini merupakan hasil karya anak negeri yang terbilang baru masuk ke dalam pasar tablet. Mari kita simak apa saja spesifikasi dan fitur yang ditawarkan oleh tablet yang dibanderol dengan harga 1.3 juta ini.

Desain

Dari segi desain, tidak ada hal yang menarik dibandingkan dengan tablet lokal yang sudah beredar di pasaran. Model dari tablet terbilang biasa, namun bobot yang ringan dan penempatan port serta tombol yang diletakan di sebelah kanan membuat tablet ini mendapatkan nilai tambah. Pada sisi kanan berjajar port charger, microSD, audio, USB, HDMI, mini USB dan mikrofon. Sedangkan pada sisi kanan atas terdapat tombol volume dan power.

Tampilan Antar Muka

Menggunakan tampilan Android Ice Cream Sandwich stAndar layaknya tablet lokal lain, membuat tampilan tablet ini hampir sama dengan tablet lokal lainnya. Ada lima halaman home screen yang dapat Anda gunakan untuk meletakkan berbagai aplikasi dan widget. Di salah satu sisi home screen pun sudah tersedia pengaturan cepat untuk WiFi, Sinkronisasi, dan tingkat pengaturan kecerahan layar. Tampilan ikon dan huruf terasa kurang tajam dan cemerlang. Aplikasi yang dibenamkan pun tidak ada yang terlalu istimewa, kebanyakan merupakan aplikasi bawaan Android Ice Cream Sandwich. Namun ada yang menarik yaitu aplikasi Hi-Q MP3 Recorder yang berfungsi sebagai aplikasi perekam suara dengan kualitas yang cukup mumpuni.

Musik

Tidak dapat dipungkiri lagi, musik adalah bagian penting dalam sebuah perangkat saat ini, apalagi konsumen Indonesia yang memiliki kecenderungan dengan musik membuat fitur musik merupakan bagian yang disorot tajam. Audio player yang digunakan oleh tablet ini merupakan aplikasi bawaan dari Android Ice Cream Sandwich dengan tampilan yang cukup sederhana tanpa banyak animasi dan fitur. Namun adanya equalizer bawaan dari ICS membuat kualitas suara semakin mumpuni dan ramah di telinga pendengarnya.

Tersedia pula sebelas pilihan equalizer yang bisa langsung Anda gunakan tanpa harus repot mengatur secara manual. Namun bila Anda lebih sreg mengatur secara manual, equalizer ini pun sudah menyediakan lima kanal yang dapat Anda gunakan sesuka hati Anda sesuai dengan telinga Anda. Speaker yang digunakan masih berupa speaker mono, walaupun begitu suara masih terdengar jernih dan keras, tidak ada suara yang pecah di volume maksimal.

Kamera

Tidak banyak yang bisa dibahas pada fitur ini. Penyebabnya adalah kamera yang digunakan masih beresolusi VGA. Sehingga kamera ini umumnya hanya digunakan untuk video call melalui aplikasi messaging.

Kinerja, Benchmark dan Kesimpulan

Pada layar, akan terasa delay ketika Anda mulai menggeser geserkan jari Anda. Delay ini tidak selalu terjadi, namun bila terjadi akan terasa sedikit mengganggu. Pada saat loading dan multitasking, tablet ini sedikit terasa lamban.

Namun, jika hanya sedikit aplikasi yang berjalan, aplikasi permainan dengan resolusi HD pun akan terasa lancar. Prosesor yang digunakan oleh tablet ini adalah 1 GHz dengan RAM 1GB. Cukup memadai untuk sebuah tablet, terutama tablet lokal. Memori internal yang disediakan cukup besar, yaitu 16 GB dengan tambahan micro SD jika Anda merasa masih kurang cukup. Browser yang masih bawaan dari Android Ice Cream Sandwich pun terbilang cukup sederhana, namun cukup baik untuk digunakan sebagai sarana browsing sehari hari.

Browser sudah mendukung animasi flash, bahkan pada website dengan banyak animasi flash pun masih berjalan cukup baik dan dapat dinikmati tanpa terasa terganggu walaupun jika terlalu banyak maka kita harus menunggu hingga semua animasi flash selesai dibuka. Pada aplikasi Antutu, tablet ini mendapatkan skor 4345 dan dengan aplikasi Quadrant, skor yang didapat adalah 1762. Sebuah skor yang cukup baik tentunya untuk tablet lokal. [IRW]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel