Review Asus Zenfone Live L1 3GB

26 Aug 2018 22:13 1138 Hits 0 Comments
Anda yang butuh smartphone yang tujuan utamanya hanyalah untuk komunikasi dan multimedia mendasar, Zenfone Live L1 salah satu pilihannya.

Smartphone entry level saat ini kian naik kelas. Jika sebelumnya smartphone entry level berada di kisaran harga di bawah satu juta, kini produsen global mulai menggeser segmen entry level mereka ke perangkat yang dipasarkan di harga di bawah dua juta Rupiah. Dengan harga yang lebih mahal, tentunya lebih banyak fitur dan kemampuan yang dibenamkan pada perangkat tersebut.

Sebagai contoh adalah Asus dengan seri Zenfone Live nya. Sejak tahun lalu, varian ini dijadikan sebagai smartphone entry level, dengan fitur utamanya adalah performa yang memadai dan cukup untuk melakukan video call dengan gambar yang mulus tidak patah-patah karena dukungan prosesor dan RAM yang cukup, jaringan 4G yang mendukung seluruh operator seluler di Indonesia, dan kamera serta software penyempurna penampilan.

Tahun ini, produsen asal Taiwan tersebut menghadirkan generasi kedua dari Zenfone Live yakni Zenfone Live L1. Dibanding pendahulunya, varian ini memang tidak spesifik didesain untuk mempercantik tampilan pengguna saat melakukan video call. Namun demikian, sejumlah peningkatan spesifikasi disertakan. Dan fitur utamanya adalah menghadirkan full view, yang saat ini menjadi tren di dunia smartphone, dan tentunya, pada harga yang terjangkau.

Beberapa bulan lalu Asus sudah menghadirkan seri Zenfone Live L1. Saat itu produk tersebut tersedia dengan kapasitas RAM sebesar 2GB dan internal storage sebesar 16GB. Melihat kecenderungan aplikasi Android masa kini yang membutuhkan memori dan ruang penyimpanan yang lebih besar, Asus pun cepat tanggap dan menghadirkan versi baru dari Zenfone Live L1 yakni yang punya RAM 3GB dan storage sebesar 32GB. Seperti apa Zenfone Live L1 baru tersebut? Mari kita lihat:

Desain dan Spesifikasi 3

Tak ada perubahan apapun yang dilakukan dari sisi bentuk dan jeroan internal Zenfone Live L1 3GB dibanding pendahulunya. Dari tampak depan, smartphone ini sama seperti smartphone Android saat ini, khususnya yang menggunakan desain full view display. Tidak ada sensor fingerprint di bagian dagu dan juga tombol-tombol soft touch. Semua tombol home, back dan recent apps dimasukkan ke bagian bidang layar.

Di bagian depan atas, tersedia LED notification, kamera depan, speaker serta ambient light sensor. Layarnya sendiri merupakan layar resolusi HD+ 1440 x 720 pixel 5,5 inci dengan rasio aspek kekinian, 18:9. Seluas 82,3 persen dari seluruh penampang bagian depan smartphone ini (screen-to-body ratio) merupakan bagian layar. Layarnya menawarkan kecerahan 400 nits, dengan panel capacitive yang mampu mendukung multi-touch hingga 5 titik.

Di bagian belakang, tersedia sebuah kamera dengan desain yang mengingatkan kita pada minion di film Despicable Me, dengan mata membulat besar dan LED flash di bagian bawahnya. Kamera ini sendiri punya resolusi 13 megapiksel dengan bukaan f/2.0 dan ditopang oleh sistem Phase Detection Auto Focus.

Di bagian bawah, tersedia speaker grill dan masih menggunakan port micro USB biasa untuk pengisian ulang baterai ataupun kebutuhan transfer data. Di sisi kanan body smartphone, tersedia tombol volume rocker dan tombol power. Adapun di sisi kiri body tersedia slot SIM card.

Yang menarik, SIM tray tersebut bukan tipe hybrid, melainkan benar-benar independen antara dua buah SIM slot dan sebuah MicroSD slot. Dengan demikian, pengguna tidak perlu mengorbankan salah satu di antara SIM card jika butuh untuk memasangkan Micro SD card. Adapun kapasitas Micro SD card yang bisa didukung sendiri hingga kapasitas 2TB.

Secara keseluruhan, dari sisi desain, body smartphone ini tampak biasa saja dengan balutan casing material plastik namun diberikan aksen seolah-olah ia terbuat dari bahan logam. Pemilihan material tersebut membuat smartphone lebih  ringan, tidak licin di tangan, tetapi tentunya tidak sekuat kalau material yang digunakan adalah logam.

Berikut ini spesifikasi penting Asus Zenfone Live L1 3GB:
- CPU Qualcomm Snapdragon 425 quad-core processor 1,4GHz
- GPU Qualcomm Adreno 308 clock speed @ 598MHz
- Storage 3GB RAM, 32GB eMMC, up to 2TB microSD, 100GB Google Drive (1 year)
- OS Android 8.0 Oreo with ZenUI 5
- Connectivity 4G LTE, WLAN 802.11 b/g/n 2.4GHz, Bluetooth 4.0, Wi-Fi direct
- Display 5,5-inch IPS HD+ Resolution
- Battery 3.000mAh (non-removable)
- Rear main camera 13MP, f/2.0, PDAF, LED flash
- Front camera 5MP, f/2.4 with softlight LED flash
- Dimension 147.2 x 71.7 x 8.1 mm / 140 grams

User Rating

0.0
0 Ratings
5
0
0
4
0
0
3
0
0
2
0
0
1
0
0

Editor Rating

3.0
Average

Summary

Anda yang butuh smartphone yang tujuan utamanya hanyalah untuk komunikasi dan multimedia mendasar, Zenfone Live L1 salah satu pilihannya.

About The Author

Tedi Kasuma 40
Pena

Tedi Kasuma

Penulis pemula yang ingin menjadi lebih baik. Semoga.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel