Tak Hanya Hape, Laptop Pun Kian Panjang Umur

8 Aug 2019 08:05 591 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Tak hanya produsen smartphone, produsen laptop pun kini sudah mulai menyadari bahwa laptop mereka pun harus bisa nyala selama mungkin sebelum baterainya habis.

Ada fenomena unik dan menarik yang terjadi di dunia perlaptopan, alias industri notebook saat ini. Ya, sejumlah produsen menelurkan beberapa produk terbarunya yang punya keunggulan agak berbeda dari biasanya.

Kalau sebelumnya kelebihan yang ditawarkan lebih condong ke arah performa yang lebih hebat, bentuk yang lebih tipis dan bobot yang semakin ringan, kini ada yang baru. Ya, beberapa produsen merilis notebook yang baterainya makin besar.

Tidak seperti smartphone, notebook tidak seharian non stop digenggam oleh penggunanya. Taruhlah seorang karyawan kantoran. Saat mereka berangkat dari rumah pukul 6 pagi misalnya, ia baru akan menyalakan laptopnya di kantor sekitar pukul 9 pagi.

Ia kemudian akan terus bekerja sampai pukul 12 siang, ia baru akan menyentuh laptopnya lagi pada pukul 1 sampai pukul 6 sore. Itupun kalau dia tidak bergerak dari meja kerjanya dan mengetik atau mengerjakan tugas lain dengan laptopnya.

Pukul 6 sore, ia pulang. Entah naik transportasi umum, atau membawa kendaraan sendiri, kemungkinan besar ia tidak akan bekerja di laptopnya sambil berdiri di MRT atau naik Gojek misalnya. Kalaupun ia lanjut lembur di rumah, dari jam 8 malam sampai jam 2 pagi misalnya, setelah itu, ya dia nggak pegang lagi laptopnya. Total, paling 14 jam dalam sehari ia memegang laptop.

Beda dengan smartphone. Di angkot, di ojek, di MRT, di bus TransJakarta, bahkan di kloset pun, smartphone tetap dipegang dan dipakai. Untuk itu, wajar kalau baterai smartphone harus bisa bertahan 24 jam, atau malah 2 hari.

Meski begitu, tentunya harus ada inovasi yang dihadirkan oleh produsen laptop. Nah, untuk pengguna yang memakai laptop sampai 14 jam dalam sehari, tentu harus dipenuhi kebutuhannya. Peluang inilah yang dilihat oleh produsen-produsen laptop seperti Lenovo, Asus, HP, Dell saat merilis produk terbarunya.

Lenovo dengan Yoga S940 misalnya, Asus dengan VivoBook Ultra K403 misalnya, merupakan laptop yang baru saja dirilis ke pasaran Indonesia dan mengutamakan kemampuan baterai yang hebat, selain tentunya spesifikasinya mumpuni untuk memenuhi kebutuhan pengguna sehari-hari.

Dan kian ke sini, kian banyak laptop yang diluncurkan dengan kemampuan baterai yang hebat. Berikut ini beberapa laptop yang terbukti sanggup beroperasi dalam durasi waktu yang cukup panjang sebelum mati kehabisan baterai. Daftar ini merupakan hasil pengujian yang dilakukan oleh Laptopmag, sebuah media internasional yang fokus mengulas teknologi terbaru, khususnya di dunia laptop.

Merek dan Tipe Durasi (Jam:Menit)
Lenovo ThinkPad T480  17:19
HP Envy x2 (Qualcomm) 14:22
Dell Latitude 7400 2-in-1 13:8
Dell XPS 13 9380 (2019) 12:22
Lenovo Yoga C630 12:14
HP Spectre x360 (13-inch, 2019) 12:7
Dell XPS 13 9370 11:59
Apple 15-inch MacBook Pro 11:57
Dell XPS 15 11:53
Lenovo ThinkPad T480s 11:29

Tidak seperti Lenovo Yoga S940 dan Asus VivoBook Ultra K403 yang sudah diluncurkan beberapa minggu lalu, beberapa tipe laptop di atas memang belum masuk ke Indonesia. Akan tetapi, kabar gembira buat kita adalah, tak hanya produsen smartphone, produsen laptop pun kini sudah mulai menyadari bahwa laptop mereka pun harus bisa nyala selama mungkin sebelum baterainya habis.

Jadi, sekarang Anda mau beli laptop yang seperti apa?

Tags Laptop

About The Author

Tedi Kasuma 42
Pena

Tedi Kasuma

Penulis pemula yang ingin menjadi lebih baik. Semoga.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel