Review Zenfone 2 Laser ZE601KL, Smartphone Khusus Multimedia

1 May 2016 03:29 49393 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
Dari pengujian yang dilakukan, tidak perlu diragukan lagi bahwa Zenfone 2 Laser 6.0 ZE601KL merupakan salah satu pilihan yang sangat menarik untuk sebuah smartphone multimedia.

Saat ini smartphone sudah boleh dibilang sebagai perangkat satu-satunya yang kita butuhkan untuk aktivitas sehari-hari, meski mungkin belum mampu menggantikan komputer untuk bekerja. Namun untuk komunikasi voice, video, messaging, browsing internet, streaming video, nonton video offline, sampai main game online-offline semua bisa dilakukan di smartphone.

Memangnya masih ada aktivitas lain yang Anda lakukan di luar aktivitas-aktivitas di atas? Paling tinggal kerja dengan Excel, PowerPoint ataupun pekerjaan spesifik komputer lainnya seperti rendering, coding, dan semacamnya kan?

Nah, berhubung smartphone sudah jadi alat "satu-satunya" yang kita butuhkan, tentu saja dia harus serba bisa. Tentunya untuk sebagian orang lho ya.

Fitur 5

Smartphone saat ini harus punya resolusi tinggi Full HD. RAM dan storage lega. Layar besar dan kuat. Prosesor cepat. Internet melesat. Speaker dahsyat. Kamera hebat. Tapi kalau bisa, harganya jangan mahal-mahal amat. Memangnya ada? Ternyata ada. Asus Zenfone 2 Laser 6.0 ZE601KL yang dipasarkan di harga Rp3,5 jutaan contohnya.

Resolusi
Berbekal layar resolusi FullHD (1920 x 1080p), Asus Zenfone 2 laser 6.0 ZE601KL cocok untuk Anda yang menyukai multimedia dan memiliki aktifitas tinggi. Tidak hanya resolusi tinggi, layar ini juga mampu menghasilkan gambar yang tajam dan jernih berkat teknologi IPS dan level kecerahan yang amat baik serta sudut pandang yang sangat lebar hingga 178 derajat.

RAM dan Storage
Untuk ukuran smartphone serba bisa, produk yang satu ini cukup ok. RAM sebesar 3GB ditopang penyimpanan internal sebesar 32GB sudah cukup luas untuk menjalankan aplikasi multitasking, game mutakhir ataupun multimedia. Kapasitas simpan yang 32GB juga masih bisa ditambah dengan microSD hingga sebesar 128GB. Sebagai gambaran, film FullHD 1080p dengan durasi 2 jam rata-rata memiliki ukuran 2GB. Artinya, pengguna bisa menyimpan 20 film FullHD di dalam smartphone ini. Cukup laah.

Layar
Mengoptimalkan resolusi Full HD yang dimiliki, smartphone dengan baterai berkapasitas 3.000mAh ini punya dimensi 6 inci. Ukuran ini cukup lega untuk menikmati konten multimedia definisi tinggi yang disimpan di internal storage ataupun di-streaming langsung dari YouTube, Netflix ataupun Show Box. Yang menarik, meskipun layarnya besar, namun bodi smartphone ini terasa cukup kompak berkat rasio antara bodi dan smartphone ini sebesar 72%. Angka ini lebih baik 10% dibanding Zenfone 6" versi awal, bahkan lebih baik dibanding iPhone 6s Plus.

Agar kuat, layar juga diberi lapisan Corning Gorilla Glass 4. Dengan lapisan ini, layar diklaim dua kali lebih kuat saat terjatuh, dan hingga 85% lebih tahan terhadap goresan dibanding layar biasa. Layar ini juga punya lapisan anti fingerprint yang berfungsi mengurangi jejak jari yang menempel pada layar, serta menjadikan layar lebih licin agar nyaman ketika digunakan tanpa harus sering-sering membersihkan layar.

Prosesor
Asus Zenfone 2 Laser 6.0 ZE601KL diperkuat prosesor Qualcomm Snapdragon 615 yang memiliki 8 buah core dan clockspeed di angka 1,6GHz dan GPU Adreno 405 dengan kecepatan hingga 550MHz. Dengan prosesor ini, aplikasi multimedia dan game masa kini dapat dijalankan dengan mulus. Namun tentunya, berhubung peruntukan smartphone ini lebih ke arah multimedia definisi HD, smartphone ini akan sedikit kedodoran untuk memainkan game-game 3D kelas berat varian terbaru.

Konektivitas Internet
Saat ini, jaringan komunikasi 4G LTE sudah semakin meluas, bahkan sampai ke daerah-daerah pelosok. Memanfaatkan ekspansi yang dilakukan operator, ASUS menyediakan dukungan teknologi 4G pada smartphone ini. Selain untuk komunikasi yang lebih baik, streaming musik atau video pun lebih lancar. Untuk jaringan, LTE Cat4 yang mampu men-donwload hingga kecepatan 150Mbps ini mendukung band 850, 900, 1800, 1900, 2100, dan 2600. Memang belum ada dukungan untuk band 2300 yang digunakan oleh operator Smartfren untuk transmisi data. Namun operator LTE berbasis GSM tentunya dapat dimanfaatkan tanpa masalah.

Review Zenfone 2 Laser ZE601KL, Smartphone Khusus Multimedia

Audio
Nah, yang satu ini merupakan pendukung utama kenikmatan memainkan konten multimedia di smartphone ini. Pada ZE601KL, Asus menyematkan tak hanya satu, tetapi dua buah speaker yang terbuat dari 5 lapis magnet dan desain chamber yang lebih besar agar suara bass yang dihasilkan lebih terasa. Dengan desain ini, level kekerasan suara yang dihasilkan lebih baik 41%, frekuensi bawah yang lebih baik sebesar 14% dan distorsi yang dihasilkan juga lebih baik 12% dibandingkan speaker smartphone di kelasnya.

Kamera
Seperti namanya, smarthphone ini dilengkapi Laser Auto Focus yang bisa menangkap fokus pada objek foto dalam waktu kurang dari 0.03 detik. Kamera belakangnya dibekali teknologi PixelMaster beresolusi 13MP dengan 5 lapis lensa largan untuk ketajaman dan akurasi warna yang lebih baik. Bukaan aperture dengan nilai f/2.0 membuat smartphone ini bisa mengambil gambar yang cerah meskipun di malam hari.

Selain teknologi laser autofocus, Asus juga melengkapi kamera belakangnya dengan sudut pengambilan sebesar 78 derajat agar pengambilan gambar lebih lebar. Begitupula denganĀ  pencahayaan tambahan. Zenfone 2 Laser memiliki dual tone LED flash yang lebih terang dan menghasilkan warna yang lebih natural dibandingkan dengan flash biasa yang berwarna terlalu putih. Dari sisi opsi memotret, Asus menyediakan pilihan yang sangat banyak pada aplikasi PixelMaster Camera yang disediakan, termasuk modus manual yang sangat menarik untuk dieksplorasi.

User Rating

4.0
1 Ratings
5
0
0
4
1
1
3
0
0
2
0
0
1
0
0

Editor Rating

3.0
Average

Summary

Dari pengujian yang dilakukan, tidak perlu diragukan lagi bahwa Zenfone 2 Laser 6.0 ZE601KL merupakan salah satu pilihan yang sangat…

About The Author

Tedi Kasuma 41
Pena

Tedi Kasuma

Penulis pemula yang ingin menjadi lebih baik. Semoga.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel