Ulasan Mengapa BMW i3 Harus Dinobatkan Menjadi Mobil Listrik Terbaik di Dunia Saat Ini

17 Jan 2014 11:15 23077 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Masa penantian sudah berakhir. Saat ini kita sudah berada di masa depan dunia otomotif. Hal ini bisa dilihat dari mobil listrik BMW i3 yang telah membuktikannya. Ini adalah masa depan dari mobil pribadi.

Masa penantian sudah berakhir. Saat ini kita sudah berada di masa depan dunia otomotif. Hal ini bisa dilihat dari mobil listrik BMW i3 yang telah membuktikannya. Ini adalah masa depan dari mobil pribadi.

Mobil listrik terbaru dari BMW ini semuanya dikendalikan secara elektrik, dan banyak sekali serat karbon yang digunakan pada kendaraan ini. BMW i3 menjadi daftar urutan pertama yang pantas untuk mendapatkan gelar mobil listrik terbaik di dunia. Tapi itu  mungkin tidak cukup. Di Inggris tahun lalu, mobil listrik telah memenuhi satu persen dari komoditi pasar. Hal ini bukan tidak mungkin lagi bahwa keberadaan mobil listrik di dunia akan berkembang pesat.

Informasi Dasar

Sebelum kita menggali lebih dalam pada teknologi yang dibawa oleh mobil ini, Paseban akan  membahas beberapa spesifikasi dasar dari mobil ini. BMW i3 dibanderol dengan harga sekitar Rp500 jutaan, harga ini memang cukup mahal jika dibandingkan dengan harga dari Nissan Leaf, kendaraan yang ditenagai baterai ini hanya dibanderol sekitar Rp400 jutaan.

Di sisi lain, harga Rp500 jutaan ini sangat sesuai dengan semua teknologi yang ditanamkan di dalam kendaraan ini, termasuk pembangunan serat karbon yang radikal yang menjadikan mobil ini tidak murah.

Dengan harga yang dibanderolnya, mungkin  lebih memilih mobil dengan ukuran yang lebih besar yang sebanding dengan harganya, dibandingkan dengan BMW i3 yang memiliki ukuran hampir sama dengan Ford Fiesta atau VW Golf. Namun jika  penggila teknologi, BMW i3 mungkin kendaraan yang harus  tebus.

Mesin elektriknya ini dapat membawa   berkendara sejauh 193 km dalam sekali pengisian daya yang berkisar pada tes PRPN resmi. Namun secara jujur, BMW mengatakan bahwa jarak maksimum yang sebenarnya yang bisa diperoleh dari pengendara adalah sejauh 160 km. Ada juga model lain yang diperkuat dengan generator bensin 647cc yang akan membantu  untuk menempuh perjalanan hingga 299 km.   

Teknologi yang dibawanya

Ketika  membuka semua empat pintu dari mobil ini, bisa melihat keseluruhan mobil ini. Tidak ada tunnel transmisi dan lantai yang datar, yang menunjukkan mobil ini benar-benar sangat modern.

Selanjutnya, di dalam mobil ini terdapat iDrive dengan versi i3 sendiri dari BMW ConnectedDrive. BMW i3 sendiri dipersenjatai dengan Bluetooth, DAB radio, iDrive Touch, cruise control, BMW Business Navigation, BMW Online, BMW Apps dan Advanced ConnectedDrive sebagai konektivitas str dari mobil ini.

 akan mendapatkan semua fitur str dari mobil modern, termasuk layar dengan kualitas super, integrasi smartphone yang dapat dilakukan dengan baik dan seluruh fitur pintar terhubung dan dapat dikendalikan secara remote. Itu berarti  dapat melakukan hal-hal seperti streaming musik dari internet dan mengirimkan navigasi dari tujuan  langsung dari ponsel atau laptop ke BMW i3. Atau bahkan dapat membuka kunci dari mobil ini dengan smartphone .

Untuk itu, BMW telah menambahkan teknologi yang melebihi fungsi mobilitas pribadi. Seperti seberapa jauh  sudah berkendara dan informasi tentang stasiun pengisian energi mobil  ke dalam sistem navigasi. Ini akan menunjukkan rentang perkiraan untuk modus str dan modus Eco Pro.

Aplikasi BMW Remote juga memberikan  akses penuh ke pengisian fungsi, yang memungkinkan  untuk memeriksa status pengisian dan jadwal pengisian dari jarak jauh.

Lalu ada yang disebut last mile navigation, yang mentransfer navigasi untuk smartphone  dan memandu  ke tujuan  dengan berjalan kaki. BMW berencana melakukan integrasi penuh dengan transportasi umum.

Performa

Dengan fitur teknologi yang memadai, lalu bagaimana performa berkendara dari mobil ini? Sangat bagus adalah jawabannya. Berkat konstruksi serat karbon, BMW telah membuat berat badan turun sangat efektif.

Berat str dari mobil listrik ini hanya sebesar 1.195 kg, sedangkan untuk versi range-extender memiliki berat sebesar 1.325kg. Motor listrik mampu menyemburkan tenaga sebesar 170hp, yang mana ini berarti mampu menghasilkan akselerasi lincah hingga 99.7 km/h dalam waktu 7,2 detik dan 7,9 detik untuk masing-masing versi. Top speed dari mobil ini dibatasi hingga 149 km/h.

Untuk penggunaan harian di jalanan kota, ini merupakan mobil yang tepat. Mobil ini dapat berjalan dengan cepat, super responsif dan super halus karena tidak ada pemindahan gear atau gigi, sehingga suara dari mobil ini sangat halus.

Kesimpulan

BMW i3 merupakan performa besar untuk BMW dalam bidang mobil modern, meskipun dibanderol dengan harga yang cukup mahal. Secara keseluruhan i3 akan menjadi mobil yang menawan untuk dijadikan kendaraan harian. Memiliki cita rasa yang futuristik, memiliki performa yang sangat baik, dan hampir tidak ada energi yang menimbulkan polusi bahan bakar dan juga memiliki teknologi yang tidak dimiliki oleh mobil lain.  [PY]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel