Nintendo 3DS XL - Konsol Game Portable Terbaru yang Patut Anda Coba

29 Aug 2012 15:00 7076 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Setelah pihak Nintendo sendiri menyatakan telah mengalami kerugian sebesar $220 juta. Apakah hadirnya Nintendo 3DS XL mampu menjadi sekoci penyelamat dari Nintendo?

Beberapa tahun belakangan ini penjualan game portable sedikit mengalami perubahan berkat hadirnya gadget-gadget iOS dan Android. Keduanya menawarkan Anda gaya bermain game yang sama dengan yang ditawarkan oleh Nintendo dan Sony tetapi dengan harga yang lebih bisa dipertimbangkan mengingat fungsinya yang tidak hanya sekedar alat untuk bermain game saja. Karena itu sedikit sulit untuk bisa berharap banyak dengan konsol terbaru Nintendo 3DS XL ini mengingat pendahulunya saja, Nintendo 3DS kini sudah mulai tenggelam dengan catatan penjualan yang tidak terlalu memuaskan.

Setelah pihak Nintendo sendiri menyatakan telah mengalami kerugian sebesar $220 juta. Apakah hadirnya Nintendo 3DS mampu menjadi sekoci penyelamat dari Nintendo? Paseban akan coba membahas kemampuan dari konsol game terbaru dari brand yang sempat popular dengan Mario Bros ini.

Hardware

Nintendo 3DS XL bisa dikatakan memiliki bentuk dan fungsi yang nyaris identik dengan kakaknya. 3DS XL memiliki ukuran layar yang lebih besar dari pendahulunya, yaitu ukuran layar atas menjadi 4,88 inci nyaris menyamai ukuran dari layar yang dimiliki pesaingnya PS Vita. Dengan ukuran barunya ini, game yang dimainkan menjadi terlihat lebih jelas. Nintendo juga telah membuat sedikit perubahan pada segi desain dengan membuat 3DS XL lebih bulat di setiap sudutnya sehingga konsol game ini lebih mudah dan terasa nyaman digenggam dibanding dengan seri sebelumnya. Begitu juga pada fungsi kontrolernya yang juga mengalami perubahan, tombol-tombol yang terdapat pada 3DS XL dibuat lebih responsif. Seperti perubahan pada tombol start, select dan home yang dibuat lebih besar dan lebih mudah ditekan. Sayangnya untuk tombol L dan R masih memiliki nasib yang sama dengan yang ada di 3DS sebelumnya yaitu kedua tombol tersebut tidak terlalu berperan dalam segi penggunaanya, bahkan terkadang tidak berguna sama sekali.

3DS XL juga masih dilengkapi pen stylus, slot microSD, lubang jack headphone 3.5 mm dan pengatur volume. 3DS XL juga bertambah berat sampai 100 gram dibanding seri pendahulunya, membawanya di saku jaket atau celana dipastikan sedikit menyulitkan. Tetapi sekali lagi hal itu diakibatkan karena ukuran layar 3DS yang menjadi lebih besar, hal yang lebih penting dibandingkan masalah cara Anda membawanya.

Konsol ini memiliki layar atas 4,88 inci naik dari ukuran sebelumnya yaitu 3,53 inci, sedangkan layar bagian bawah menjadi 4,18 inci naik dari ukuran 3DS sebelumnya yang hanya 3,02 inci saja. Layar tersebut memiliki kualitas resolusi 800 x 240 dan 320 x 240, kualitas yang memang tidak terlalu cukup untuk dapat menghasilkan gambar yang mewah.

Fitur 3D

Saat pertama kali melihat kemampuan tiga dimensi dari 3DS, walaupun efek tersebut berfungsi tetapi terlihat tidak terlalu nyata bahkan seringkali tidak berfungsi, hal yang sama sayangnya dirasakan dari fitur 3D dari 3DS XL ini, setelah pemakaian beberapa lama kemampuan efek 3D menurun bahkan hilang sama sekali. Hal ini mungkin diakibatkan dari tombol 3D yang sangat sensitif untuk bergeser sehingga tanpa disadari fitur 3D tersebut mati sendirinya. Tetapi bila Anda yang tidak terlalu memikirkan masalah efek 3D dan lebih mengutamakan pengalaman bermain game hal ini tidak akan menjadi masalah berarti.

Game

Pilihan game-game legendaries Nintendo seperti Legend of Zelda dan Mario Bros sudah pasti bisa Anda mainkan. Seri terbaru kedua game tersebut yaitu Zelda: Ocarina of Time 3D dan Super Mario Bros 2 telah dibuat khusus untuk dimainkan Nintendo terbaru ini.

Yang menjadi kelebihan dari 3DS terbaru adalah kemampuannya untuk mengirim data game ke konsol yang lain. Tetapi proses pengiriman data ini hanya bisa dilakukan maksimal 5 kali dalam satu minggu. Caranya pun mudah, hanya dengan mengikuti instruksi pada menu Anda bisa langsung saling mengirim game yang Anda miliki dengan teman Anda. Sayangnya proses pengiriman data game tersebut membutuhkan waktu yang cukup lama sekitar 30 menit sampai proses pengiriman selesai. Jadi Anda harus sedikit bersabar untuk melakukan proses ini.

Baterai

Nintendo menjanjikan 3DS XL memiliki daya tahan baterai yang lebih lama dibandingkan pendahulunya. Dapat berfungsi dari 3-7 jam tergantung setting yang Anda gunakan. Hanya saja Nintendo 3DS dijual dengan tidak disertakan AC Adaptor sehingga Anda harus membelinya terpisah.

Kesimpulan

Nintendo terbaru 3DS XL dapat menjadi pilihan Anda yang ingin memiliki konsol game portable dengan pilihan game yang menarik dan menyenangkan. Tetapi bila Anda adalah tipe gamers yang juga mementingkan kualitas game dari sisi grafisnya maka Anda tidak disarankan untuk membeli konsol ini karena kualitas grafis dari game-game 3DS XL bisa dibilang sederhana. Tetapi bila Anda hanya ingin bersenang-senang untuk mengisi waktu dalam perjalanan konsol ini cukup bisa Anda andalkan. 3DS XL akan dijual dengan harga $199,99 dalam tiga pilihan warna yaitu hitam, hitam-biru, hitam-merah. Nintendo terbaru 3DS XL sudah bisa Anda dapatkan dengan membelinya secara pre-order. [RR]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel