Asal Usul serta Kegunaan Pen Stylus dalam Dunia Komputasi dan Mobile

18 Dec 2011 15:00 10746 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
Bagi Anda yang sama sekali tidak megetahui Pen Stylus, mungkin akan sedikit terlihat aneh ketika seseorang dengan bangganya menggunakan pena dalam mengakses *handset*-nya. Padahal, pena yang digunakannya tersebut bukan sebagai bentuk ajang pamer apa yang dimiliki tetapi memang memiliki fungsi tersendiri bagi *handset* yang digunakannya.

Pernahkah Anda melihat sebuah pena yang digunakan oleh seseorang dalam menggunakan *smartphone*, tablet atu PDA miliknya? Dan tahukah Anda nama dan kegunaan dari pena tersebut? Bagi Anda yang sama sekali tidak megetahuinya, mungkin akan sedikit terlihat aneh ketika seseorang dengan bangganya menggunakan pena dalam mengakses *handset*-nya. Padahal, pena yang digunakannya tersebut bukan sebagai bentuk ajang pamer apa yang dimiliki tetapi memang memiliki fungsi tersendiri bagi handset yang digunakannya. Pena yang sering Anda lihat tersebut disebut sebagai Pen Stylus.

Di dalam dunia komputasi, Pen Stylus atau pena Stylus merupakan sebuah instrumen yang berbentuk pena kecil dan digunakan sebagai alat yang menyalurkan perintah input ke layar komputer, perangkat *mobile*, PDA, tablet grafis, tablet PC dan UMPC. Dengan perangkat touchscreen, Anda dapat menggunakan stylus pen untuk menggambar, memilih menu, menulis dan lain sebagainya.

Pen Stylus berasal dari kata Stylus yang merupakan perangkat input utama sebagai asisten pribadi digital. Stylus ini juga digunakan pada Nintendo DS dan konsol game Nintendo 3DS, bahkan dipakai juga pada beberapa *smartphone* seperti Windows Mobile Phone yang membutuhkan sebuah stylus untuk melakukan input secara akurat.

Selain dapat meningkatkan ketepatan sentuhan input, dengan menggunakan Pen Stylus Anda dapat menghindari adanya sentuhan jari yang mengandung minyak ke layar handset Anda.

Pen Stylus juga sering ditemukan dalam penggunaan perangkat komersial, terutama untuk hal tanda tangan elektronik.

Selain Pen Stylus ada juga yang disebut sebagai Stylus-Driven yang lebih populer daripada Pen Stylus, di mana Stylus-Driven memilik piringan hitam kecil pada ujung jarum penanya, contohnya pada iPhone.

Tablet grafis juga biasanya menggunakan sirkuit jarum piringan hitam di mana memungkinkan tombolnya menjadi lebih multi fungsi dengan Styus-Driven yang dimilikinya.

Pada beberapa tablet, Stylus ini juga mungkin bisamendeteksi berbagai tingkat sensitivitas tekanan, misanya ketika digunakan dalam program picture untuk memvariasikan ketebalan baris atau kepadatan warna.

Penggunaan Pen Stylus yang pertama kalinya dalam perangkat komputasi diawali oleh Styalator yang ditunjukkan oleh Tom Diamond pada tahu 1957. Perangkat modern seperti ponsel touchscreen kebanyakan dapat menggunakan Pen Stylus.

Pen Stylus ini dapat ditemukan dalam beberapa gaya yang berbeda. Sebagai contohnya adalah pada ponsel Nokia 5800 dan LG Cookie yang memiliki *built in* Stylus* yang melipat di belakang penutup belakang. Dalam berbagai metode ilmiah metode, instrument Pen Stylus ini dapat digunakan sebagai pengganti pena untuk merekam karena memiliki keuntungan yang dapat beroperasi pada rentang temperatur yang luas, tidak menyumbat atau kering sebelum waktunya dan memiliki gesekan sangat kecil jika dibandingkan dengan metode lain. Karakteristik ini berguna dalam beberapa jenis seismograf awal dan dalam rekaman barographs yang pernah digunakan untuk memverifikasi catatan *sailplane*. [MG]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel