Kendalikan Hama, Babinsa Bangun Dampingi Petani Semprot Tanaman Padi

19 Feb 2019 18:36 267 Hits 0 Comments
Mojokerto, - Babinsa Bangun Koramil 0815/11 Pungging Kodim 0815 Mojokerto, Sertu Adi Kusuma Wardhana mendampingi penyemprotan tanaman padi di lahan milik Suwardi (69), Poktan Tani Rindang, Dusun Ploso, Desa Bangun, Kecamatan Pungging, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur,

Mojokerto, - Babinsa Bangun Koramil 0815/11 Pungging Kodim 0815 Mojokerto, Sertu Adi Kusuma Wardhana mendampingi penyemprotan tanaman padi di lahan milik Suwardi (69), Poktan Tani Rindang, Dusun Ploso, Desa Bangun, Kecamatan Pungging, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Senin (18/02/2019).

Di areal pertanian seluas 5.000 meter atau 0,5 hektar, yang ditanami jenis padi Situbagendit berumur enam minggu, penyemprotan menggunakan satu unit handsprayer.  Penyemprotan insektisida pembasmi serangga jenis Starban 585 EC, Virtako, dan Plenum Sachet 25 gram yang dicampur secara berimbang.

Pada penyemprotan tersebut juga ditambahkan pupuk cair jenis Sidagreen, yang berfungsi untuk mempercepat warna hijau daun tanaman, meningkatkan produksi dan kualitas hasil tanaman.

Di sela-sela istirahat, Sertu Adi Kusuma Wardhana mengatakan, pada perawatan tanaman padi kali ini dilakukan penyemprotan menggunakan obat serangga dengan tujuan untuk mengendalikan sekaligus membasmi hama serangga termasuk wereng dan walang sangit.

“Penyemprotan ini dilakukan sebagai bentuk antisipasi terhadap serangan hama seperti wereng dan walang sangit. Ini lebih diutamakan untuk pencegahan, karena bila sudah terserang akan kerepotan dalam mengendalikannya,” imbuh Babinsa.

Sementara, Suwardi menambahkan, bila tanaman sudah terkena wereng maka padi menjadi kering seperti terbakar dan pertumbuhannya tidak merata bahkan menjadi kerdil.  Selain wereng, biasanya ada juga hama walang sangit, namun biasanya menyerang saat padi sudah berisi.

Bahkan, lanjutnya, pada tahun-tahun sebelumnya masih banyak keong sawah (kul) yang menyerang batang padi hingga patah dan mati. Dan alhamdulillah untuk tahun ini keong sawah sudah berkurang.

Pada kesempatan tersebut, Suwardi juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Babinsa yang tidak pernah bosan mendampingi dan membantu petani, mulai pengolahan lahan, masa perawatan hingga masa panen tiba.  

Tags News

About The Author

anan alkarawangi 43
Pena

anan alkarawangi

Duta Pasundan Di Bumi Majapahit

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel