1

Babinsa Koramil Trawas Latih PBB Dan Ajarkan Wawasan Kebangsaan

21 Jul 2018 19:37 974 Hits 0 Comments
MOJOKERTO.     Para Babinsa Koramil Jajaran Kodim 0815 Mojokerto diterjunkan untuk berperanserta dalam pelatihan PBB dan pembekalan wawasan kebangsaan bagi para peserta didik baru yang memasuki Tahun Pelajaran 2018/2019.

MOJOKERTO.     Para Babinsa Koramil Jajaran Kodim 0815 Mojokerto diterjunkan untuk berperanserta dalam pelatihan PBB dan pembekalan wawasan kebangsaan bagi para peserta didik baru yang memasuki Tahun Pelajaran 2018/2019.

Kegiatan yang dikemas dalam Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) ini dilakukan secara serentak di seluruh sekolah mulai sekolah dasar hingga sekolah lanjutan tingkat atas wilayah Kabupaten dan Kota Mojokerto.            

Kali ini Bati Wanwil Koramil 0815/17 Trawas Serka Rudi Hartono memberikan pembekalan wawasan kebangsaan bagi siswa-siswi peserta didik baru Kelas X Madrasah Aliyah (MA) Ma’arif, Desa Ketapanrame Kecamatan Trawas Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Sabtu (21/07/2018).

Dalam materinya, Serka Rudi Hartono menjelaskan tentang Empat Pilar Kebangsaan atau Empat Konsensus Dasar Berbangsa dan Bernegara, meliputi Pancasila, UUD 1945, Bhinneka  Tunggal Ika dan NKRI.   Semua materi tersebut dikupas satu persatu agar dapat dimengerti oleh para siswa peserta didik baru.

Selain materi Empat Pilar Kebangsaan, Serka Rudi Hartono juga menjelaskan materi Bahaya Penyalahgunaan Narkoba Bagi Generasi Muda.  Dihadapan 23 orang siswa-siswi peserta didik baru Kelas X MA Ma’arif, berpesan agar para siswa pandai-pandailah dalam memilih teman sehingga tidak salah pergaulan, hindari minum-minuman keras dan jangan sampai menjadi korban penyalahguna Narkoba.

Usai pemberian materi wawasan kebangsaan, dilanjutkan dengan latihan PBB di halam MA Ma’arif   yang dipandu Sertu Rochim. Para siswa-siswi diajarkan mengenai gerakan di tempat, gerakan perubahan arah, gerakan berjalan dan penghormatan.

Masih di wilayah Trawas dan dalam waktu bersamaan, Babinsa Koramil 0815/17 Trawas juga memberikan pelatihan PBB bagi siswa-siswi kelas 4, kelas 5 dan kelas 6 SDN Trawas, yang berlangsung di Lapangan Desa Trawas Kecamatan Trawas Kabupaten Mojokerto.

Terpisah, Danramil 0815/17 Trawas Kapten Inf Heru Widodo CP mengungkapkan, pemberian materi PBB dan Wawasan Kebangsaan ini bertujuan untuk membentuk karakter kedisiplinan para siswa sejak dini. Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat menumbuhkan sikap displin, jiwa nasionalisme, sikap patriotisme di kalangan para siswa. 

Danramil juga berharap, siswa-siswi yang merupakan putra-putri kita sebagai generasi muda bangsa dapat membentengi diri dan terhindar dari pengaruh negatif seperti Narkoba, faham radikalisme dan pergaulan menyimpang lainnya.

Tags

About The Author

anan alkarawangi 56
Expert

anan alkarawangi

Duta Pasundan Di Bumi Majapahit
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel