Anak Muda Serang Dalami Mekanisme Perdagangan Saham

11 Jul 2018 14:52 399 Hits 0 Comments
Platform IPOTSTOCK menyediakan kenyamanan investasi saham online di pasar saham dengan teknologi tools modern untuk mengatur return terbaik investasi saham.

SERANG - Puluhan anak muda di Serang mengikuti Sekolah Pasar Modal (SPM) di IDX KP Serang, Sabtu 7 Juli 2018. Di ajang edukasi ini mereka mendapatkan gambaran umum tentang tentang investasi khususnya investasi saham dan cara berinvestasi saham di pasar modal Indonesia.

Secara khusus mereka ini diedukasi tentang mekanisme untuk menjadi investor saham yang benar. Representative Officer PT Indo Premier Sekuritas, IPOT Serang, Fitria Andriani menegaskan peserta di diedukasi mekanisme terkait perdagangan saham, aplikasi yang aman digunakan serta produk yang banyak digunakan investor untuk nabung saham.

Dijelaskannya, sebelum melakukan transaksi, investor harus menjadi nasabah di perusahaan Efek. Setelah memiliki rekening efek, nasabah atau investor baru dapat melakukan order jual atau beli saham.

Cara melakukan registrasi agar bisa nabung saham pun kini tergolong mudah karena bisa dilakukan secara online. Jadi, calon investor tidak perlu membuang-buang waktu untuk pergi ke kantor sekuritas hanya untuk melakukan registrasi.

"Berturut-turut setelah menjadi nasabah di perusahaan efek, investor bisa melakukan order (jual-beli) saham yang akan diteruskan ke floor trader. Selanjutnya, floor trader akan memasukkan (entry) semua order yang diterimanya ke dalam sistem komputer JATS," terangnya.

Ia menambahkan transaksi dinyatakan terjadi (matched) saat order yang dimasukkan ke sistem JATS bertemu dengan harga yang sesuai atau cocok dan tercatat di sistem JATS. Selanjutnya, pihak floor trader atau petugas di kantor broker akan memberikan informasi kepada investor bahwa order yang disampaikan telah terpenuhi.

Tahap akhir dari sebuah siklus transaksi adalah penyelesaian transaksi atau sering disebut settlement. Investor tidak otomatis mendapatkan hak-haknya karena pada tahap ini dibutuhkan beberapa proses seperti kliring, pemindahbukuan, dan lain-lain hingga akhirnya hak-hak investor terpenuhi.

Nah, setelah paham mekanisme di atas, saatnya beraksi untuk nabung saham dengan platform yang paling modern, aman dan banyak digunakan para investor bernama IPOTSTOCK. Platform ini menyediakan kenyamanan investasi saham online di pasar saham dengan teknologi tools modern untuk mengatur return terbaik investasi saham.

Dengan dukungan fitur dan tools analisis andal ditambah dengan distribusi berita dan informasi riset secara berkala yang komprehensif investor berpotensi mendapatkan cuan yang maksimal.

Tags

About The Author

Setyo 28
Pena

Setyo

Pembelajar dalam menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel