Babinsa Koramil Ngoro Dampingi Petani Pengolahan Lahan

14 Jun 2018 12:04 333 Hits 0 Comments
Mojokerto, – Suasana bulan puasa yang menjelang idul fitri dan di tengah kesibukan pengamanan lebaran, bukanlah penghalang bagi Koramil Jajaran Kodim 0815 untuk melaksanakan aktivitas pendampingan ketahanan pangan di wilayah binaan.

Mojokerto, – Suasana bulan puasa yang menjelang idul fitri dan di tengah kesibukan pengamanan lebaran, bukanlah penghalang bagi Koramil Jajaran Kodim 0815 untuk melaksanakan aktivitas pendampingan ketahanan pangan di wilayah binaan.

Kali ini Koramil 0815/12 Ngoro, melalui Babinsa Serma Kasiran melakukan pendampingan pengolahan lahan sawah seluas 0,5 hektar milik Amirudin, Poktan Tani Sugo, Dusun Sugo Desa Tambakrejo Kecamatan Ngoro Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Rabu (13/06/2018).

Pendampingan ketahanan pangan yang dilakukan Serma Kasiran dengan memantau langsung kegiatan petani saat membajak sawah dengan menggunakan hand tractor TR2 di lahan seluas 0,5 hektar yang rencananya akan ditanami padi varietas Ciherang.

Serma Kasiran menuturkan, pengolahan lahan dengan cara membajak menggunakan hand tractor akan menghemat tenaga dan dari sisi waktu lebih efektif.  Pembajakan lahan sawah ini dilakukan agar tanah menjadi lebih gembur dan melumpur serta gulma akan mati membusuk, yang pada akhirnya dapat menyuburkan sawah itu sendiri.

Kegiatan pendampingan atau pemantauan dengan cara terjun langsung ke sawah yang dilakukan Babinsa dimaksudkan agar para petani termotivasi dan lebih semangat lagi dalam mengolah lahan untuk persiapan masa tanam padi berikutnya, tambahnya.

Terpisah Danramil 0815/12 Ngoro Kodim 0815 Mojokerto Kapten Chb Djenal Abidin, mengatakan, pendampingan terhadap petani dan Poktan yang dilakukan para Babinsa yang ada di wilayah binaan sebagai bagian dari upaya khusus pendampingan ketahanan pangan dalam rangka mendukung dan mensukseskan swasembada pangan di wilayah.

“Kegiatan pendampingan ini dimaksudkan untuk memotivasi petani agar lebih memaksimalkan dalam bercocok tanam, sehingga diharapkan produktifitas hasil panen ada peningkatan sehingga pendapatan petani akan bertambah dan dengan sendirinya program swasembada pangan akan tercapai”, tandasnya.

Tags

About The Author

anan alkarawangi 20
Pensil

anan alkarawangi

Duta Pasundan Di Bumi Majapahit

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel