Iron Man HUD Menjadi Nyata Dengan Gadget Terbaru Dari Google

29 Feb 2012 16:30 3926 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Iron Man HUD (Heads-Up Display) adalah salah satu gadget canggih keren yang ada di film *science fiction*, dan Google X tampaknya cukup dekat dengan menyematkan teknologi serupa dalam gadget terbaru yang dapat Anda beli di dunia nyata.

Iron Man HUD (Heads-Up Display) adalah salah satu gadget canggih keren yang ada di film "science fiction", dan Google X tampaknya cukup dekat dengan menyematkan teknologi serupa dalam "gadget terbaru" yang dapat Anda beli di dunia nyata. Sebuah sumber berhasil melihat sepasang "prototype" dari gadget terbaru Google ini, dan mengatakan bahwa mereka terlihat mirip kacamata Oakley Thumps yang memiliki kamera menghadap ke depan, "voice recognition", dan input navigasi yang bisa Anda kontrol dengan menggerakkan kepala.

Pengembangan "gadget terbaru" ini tampaknya berdasarkan pada kemampuan "smartphone" Android yang ada saat ini, dan disempurnakan menjadi sebuah HUD berbentuk kacamata. Dan laporan pun menyatakan, gadget terbaru ini bukanlah peripheral (perangkat yang terhubung ke "host", tetapi bukan bagian dari itu, dan lebih atau kurang tergantung pada "host") dari "smartphone" Android, melainkan sebuah gadget yang berdiri sendiri.

Gadget terbaru berupa kacamata HUD ini dikatakan memiliki kamera depan sangat kecil, yang akan membantu untuk mengidentifikasi objek lingkungan (kemungkinan bisa memiliki kemampuan lain dengan bantuan teknologi Augmented Reality, dan mengambil foto—yang tentu saja dilengkapi dengan "flash". Dan fungsi HUD akan berada pada salah satu mata saja, dan tidak akan transparan. Jadi, meskipun pada film "sci-fi" biasanya gadget seperti ini akan memiliki tampilan kaca transparan dengan tambahan Augmented Reality untuk menambahkan suatu obyek pada semua yang Anda lihat, gadget terbaru ini hanya akan menawarkan informasi yang terletak di samping.

Sementara navigasi menggunakan gadget terbaru ini bisa dilakukan dengan memiringkan kepada dan mengangguk. Sumber mengatakan bahwa, sekali pengguna terbiasa menggunakan dan mengontrol kacamata ini, menggunakan gadget ini akan terasa alami. Kacamata HUD ini dilaporkan juga akan menyematkan mikrofon untuk input suara, dan sejenis earpiece untuk output suara. Spesifikasi dari gadget terbaru ini diduga mirip dengan "smartphone" Android generasi-tua.

Meskipun hal ini masih dalam bentuk spekulasi, beberapa pihak memperkirakan spesifikasi ala HTC EVO akan tersemat pada gadget ini: 1GHz Snapdragon processor dan 512MB RAM. Kacamata jelas akan terhubung secara nirkabel, dan akan berjalan pada jaringan 3G atau 4G.

Google dilaporkan belum memutuskan bagaimana merilis atau memasarkan gadget terbaru kacamata HUD ini. Google nampaknya belum yakin apakah gadget tersebut memiliki daya tarik pasar, dan sedang mempertimbangkan merilis mereka dalam bentuk *pilot program*. [RY]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel