Ini Dia Cara Membuat Ringtone Gratis di Ponsel Windows Phone 7.5 Mango

20 Feb 2012 11:30 10004 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Apakah Anda tertarik untuk membeli ponsel berbasis Windows Phone 7.5 Mango? Memang masih belum banyak pilihan di pasaran tanah air. Saat ini Anda hanya bisa memperoleh dua pilihan ponsel Windows Phone dari Nokia, yakni Nokia Lumia 800 dan Lumi 710. Jika memang tertarik, mungkin artikel tentang cara membuat ringtone gratis untuk ponsel Windows Phone 7.5 Mango ini akan sangat bermanfaat bagi Anda. Berikut adalah langkah-langkahnya.

Apakah Anda tertarik untuk membeli ponsel berbasis Windows Phone 7.5 Mango? Memang masih belum banyak pilihan di pasaran tanah air. Saat ini Anda hanya bisa memperoleh dua pilihan ponsel Windows Phone dari Nokia, yakni Nokia Lumia 800 dan Lumia 710. Jika memang tertarik, mungkin artikel tentang "cara membuat ringtone" gratis untuk ponsel Windows Phone 7.5 Mango ini akan sangat bermanfaat bagi Anda.

Berikut adalah langkah-langkahnya. OS Windows Phone 7.5 Mango memberikan dukungan untuk membuat sebuah "ringtone" kreasi Anda sendiri. Terlebih Marketplace Zune tak menyediakan "download ringtone" sama sekali. Tentu saja dengan kondisi seperti itu, secara sengaja atau pun tak sengaja, pihak Microsoft menantang Anda untuk membuat kreasi *ringtone* atau nada dering sendiri.

Lalu bagaimana cara membuat ringtone? "Persiapan "Cara membuat ringtone" ini Dia Cara Membuat ringtone Gratis di Ponsel Windows untuk "handphone" Windows Phone ternyata cukup mudah. Terdapat beberapa kriteria "file" yang bisa Anda jadikan sebagai sebuah "ringtone". Pertama, Anda bisa menggunakan "file" MP3 atau "file" WMA. Selain itu, "file" tersebut juga harus tak terproteksi.

Dengan kata lain harus bebas dari Digital Right Management (DRM). Hal ini bertujuan agar Zune Music Pass tidak bekerja. Selanjutnya, "ringtone" harus berdurasi minimal 40 detik dengan ukuran "file" kurang dari 1MB. "Cara Membuat Ringtone Windows Phone" Sebenarnya terdapat berbagai cara membuat sebuah "ringtone". Namun kali ini Paseban memberikan salah satunya, yakni menggunakan Windows Movie Maker. Tentunya bagi para pengguna PC Windows cukup akrab dengan aplikasi ini. Namun, Anda membutuhkan Windows Movie Maker versi 2.6 yang bisa diunduh secara gratis di sini. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan versi yang lebih tinggi daripada versi 2.6.

Selanjutnya tekan tombol Ctrl+I, atau klik Import into Collectionts dari "file" Menu. Setelah itu, Anda bisa memilih "file" yang akan dijadikan sebagai "ringtone". Setelah itu, Anda bisa mengatur agar "file" yang Anda pilih memiliki durasi kurang dari 40 detik. Anda bisa menggunakan fitur Fade in dan Fade Out, atau Playback Controls. Setelah itu, Anda bisa menyimpan "file" dan meng-"export" "file" audio tersebut. Setelah itu simpan "file" dalam komputer

Langkah berikutnya yang perlu Anda lakukan dalam tips cara membuat "ringtone" ini adalah melakukan sinkronisasi dengan ponsel Windows Phone Anda. Untuk yang satu ini, Anda membutuhkan aplikasi Zune PC yang bisa diunduh di sini. Di sini Anda perlu mengolah info dari "file" audio tersebut. Dari semua info yang harus diolah, yang paling penting adalah pada "box" Genre. Di sini Anda harus mengubahnya menjadi "ringtone" (tanpa tanda petik), dan tekan Enter. Selanjutnya, klik kanan pada "file" tersebut dan plih Sync with (nama ponsel). Setelah itu, Anda tinggal membuka ponsel dan membuka tampilan "ringtone"+Sounds yang terletak pada Settings, Systems. Tekan "box ringtone" dan Anda akan melihat "folder" 'Custom'. Tekan Play untuk mendengarkan "ringtone" tersebut. Selanjutnya, Anda tinggal memilih "ringtone" yang Anda suka. [IB]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel