Perbandingan Ponsel Terdepan: Nokia Lumia 800 Windows Phone 7.5 Mango vs iPhone 4S iOS 5

4 Nov 2011 14:00 4083 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Seperti yang pernah Paseban bahas sebelumnya, Nokia baru saja merilis Nokia Lumia 800 ber-OS (Operating System) Windows Phone 7.5 (Mango) sebagai produk smartphone andalan yang dibanggakan Nokia. Sementara tidak lama sebelumnya Apple juga baru saja merilis iPhone 4S beserta iOS 5 yang juga merupakan produk smartphone Andalan.

Seperti yang pernah Paseban bahas sebelumnya, Nokia baru saja merilis Nokia Lumia 800 ber-OS (Operating System) Windows Phone 7.5 (Mango) sebagai produk smartphone andalan yang dibanggakan Nokia. Sementara tidak lama sebelumnya Apple juga baru saja merilis iPhone 4S beserta iOS 5 yang juga merupakan produk smartphone Andalan.

Kali ini Paseban ingin membandingkan kedua smartphone andalan dari dua vendor ponsel raksasa tersebut, yakni Nokia Lumia 800 dan iPhone 4S.

Desain dan Layar

Kedua gadget ini mendapat pujian dari banyak kalangan atas desain bentuknya. Konsep desain kedua perangkat juga hampir mirip yaitu minimalis dan elegan. Karena dalam hal bahan dasar dan desain Nokia Lumia 800 hampir sama dengan Nokia N9 yang pernah Paseban bahas sebelumnya pada artikel "Pertarungan Smartphone Rilisan Terbaru Nokia dan Apple, N9 vs iPhone 4S", maka perbandingan dalam kategori ini tidak jauh beda dengan artikel tersebut. Secara garis besar, keunggulan dari Nokia Lumia 800 adalah kaya akan pilihan warna, jika dibandingkan iPhone 4S yang hanya tersedia dalam warna hitam dan putih, serta casing "empuk" yang dimilikinya.

Sementara perihal layar, Nokia Lumia 800 menggunakan layar teknologi baru dari Nokia sendiri bernama Nokia ClearBlack Display, tidak menggunakan Gorilla Glass seperti Nokia N9. Sementara layar iPhone 4S menggunakan Retina Display yang sudah sangat populer. Manakah yang terbaik? Anda bisa menilai sendiri pada video perbandingan di akhir artikel ini.

Dukungan Aplikasi

Seperti yang sudah Anda ketahui, App Store memiliki ratusan ribu aplikasi untuk iPhone 4S yang sudah mendapatkan ijin dari Apple. Sementara market apps untuk Windows Phone sendiri masih jauh di bawah itu. Untuk sekarang ini, dalam kategori ini Windows Phone bukanlah tandingan dari iPhone. Namun kedepannya, dengan kemampuan menjanjikan dari Windows Phone Mango untuk menjalankan aplikasi maupun game high-end, market apps Windows Phone masih memiliki harapan.

Spesifikasi

Nokia Lumia 800 menggunakan single-core 1.4 GHz processor, Qualcomm MSM8255 chipset, 3D Graphics HW Accelerator. Sementara iPhone 4S menggunakan 1 GHz dual-core ARM Cortex-A9 processor, PowerVR SGX543MP2 GPU, Apple A5 chipset. Ram kedua gadget sama yaitu 512 MB. Bagaimana hasil dari perbedaan spesifikasi tersebut? Anda bisa menyaksikannya sendiri pada video perbandingan di akhir artikel ini.

Kamera

Pada kategori ini kelebihan terdapat pada iPhone 4S dimana ia memiliki kamera 8 megapixel dan kemampuan merekam video 1080p. Sementara Nokia Lumia 800 juga memiliki kamera 8 megapixel, namun kemampuan merekam video hanya 720p dan tidak memiliki kamera depan yang bisa digunakan untuk video call.

Baterai

Nokia Lumia 800 menggunakan baterai Li-Ion 1450 mAh dengan kemampuan talktime 2G hingga 13 jam dan 3G hingga 9.5 jam, standby time 2G 265 jam dan 3G 335 jam. Sementara iPhone 4S menggunakan baterai Li-Po 1420 mAh dengan kemampuan talktime 2G hingga 14 jam dan 3G hingga 8 jam, standby time 2G maupun 3G hingga 200 jam.

Harga

Nokia Lumia 800 memang belum rilis hingga November nanti, namun kabar yang muncul gadget ini akan memiliki harga kisaran 420 euro atau sekitar Rp 5.191.620. Sementara iPhone 4S memiliki harga kisaran 590 euro atau sekitar Rp 7.292.990.

Berikut video perbandingan Nokia Lumia 800 vs iPhone 4S browser load speed test:

[RY]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel