Cara Mudah Menjadikan Audio Favorit Sebagai Ringtone SMS Android

13 Jan 2012 12:30 6437 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Menghilangkan bosan dengan bunyi *ringtone* yang sama, membuat ratusan *ringtone* lucu dan unik diburu dan diunduh. Tapi mungkin kita punya lagu favorit untuk dijadikan *ringtone* ponsel kita? Banyak para pengguna Android kesulitan saat ingin menjadikan lagu favoritnya atau *file* berjenis MP3 yang dimilikinya sebagai *ringtone*, baik telepon maupun SMS.

Dengan mobilitas masyarakat yang tinggi saat ini, ponsel menjadi barang elektronik yang sangat penting. Aktivitas sehari-hari hingga masalah bisnis kini bisa dilakukan melalui ponsel genggam. Aktivitas komunikasi menjadi mudah dan cepat. Jarak dan waktu bukan lagi halangan dalam berkomunikasi. Telepon, SMS, menjadi aktivitas sehari-hari. Di mana pun dan kapan pun, kita selalu mendengar ponsel berdering.

Menghilangkan bosan dengan bunyi ringtone yang sama, membuat ratusan ringtone lucu dan unik diburu dan diunduh. Tapi mungkin kita punya lagu favorit untuk dijadikan ringtone ponsel kita? Banyak para pengguna Android kesulitan saat ingin menjadikan lagu favoritnya atau file berjenis MP3 yang dimilikinya sebagai ringtone, baik telepon maupun SMS.

Aplikasi-aplikasi pembuat ringtone pun ramai diunduh dari Android Market. Banyak yang masih mengira bahwa ringtone SMS Android memiliki cara khusus dalam pemakaiannya. Tidak seperti handphone pada umumnya, kita hanya membuka file yang ingin kita jadikan ringtone SMS lalu memilih menu "Jadikan Sebagai Ringtone SMS" atau notifikasi lainnya. Banyak pula yang kemudian mengira, ringtone SMS Android harus berjenis file khusus, seperti (.aac).

Memang benar, pada Samsung Galaxy Mini, Ringtone SMS Android yang digunakan memiliki jenis file .aac, tapi sebenarnya file berjenis .mp3, .wav, dan sebagainya pun bisa digunakan. Tak perlu mengunduh aplikasi converter dan aplikasi pembuat ringtone SMS yang akan memakan ruang memori Android Anda.

Cara paling mudah adalah, tempatkan ringtone SMS Android yang ingin Anda gunakan di folder notifikasi. Buka folder manager di Android Anda, pilih media, lalu audio, dan terakhir notifikasi. Tempatkan file yang akan dijadikan ringtone SMS Android Anda di folder tersebut. Selanjutnya, Anda hanya perlu masuk ke pengaturan pesan dan memilih ringtone SMS Android favorit Anda. Mudah bukan? [ZH]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel