Teknologi Cloud Computing Pada Smartphone

24 Jan 2012 08:00 4333 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Teknologi Cloud Computing, atau biasa dikenal dengan komputer awan,adalah teknologi yang menggabungkan teknologi komputer dan pengembangan akses internet, atau bisa diartikan lain sebagai suatu metoda komputasi di mana kapabilitas terkait teknologi informasi disajikan sebagai suatu layanan , sehingga pengguna dapat mengakses semua informasi yang di simpannya dalam server

Teknologi Cloud Computing, atau biasa dikenal dengan komputer awan,adalah teknologi yang menggabungkan teknologi komputer dan pengembangan akses internet, atau bisa diartikan lain sebagai suatu metoda komputasi di mana kapabilitas terkait teknologi informasi disajikan sebagai suatu layanan , sehingga pengguna dapat mengakses semua informasi yang di simpannya dalam server tempat provider tersebut. Mulai dari akses data, penambahan media penyimpanan, atau bisa juga penggantian Operating System yang digunakan.

Jadi istilah gampangannya teknologi Cloud Computing adalah suatu layanan komputasi yang dapat mem-visualisasikan pada laptop, smartphone, dan komputer tablet yang Anda miliki dalam penggambaran visual di internet sebagai alternatif untuk server atau data center milik sendiri. Maka dari itu teknologi ini sangat efisien dalam membantu kinerja pekerjaan kita, jadi tidak ada lagi kebingungan akan kebutuhan hadirnya laptop di setiap keseharian kita, karena laptop/smartphone/komputer tablet yang kita miliki sudah dapat di gambarkan/divisualisasikan sama persis dengan apa yang ada di server provider layanan cloud computing sesuai dengan kebutuhan kita sehari-hari.

Nah, hubungan teknologi Cloud Computing ini dengan era smartphone masa kini adalah kebingungan atau kegundahan sebagian pemakai smartphone dalam akses media penyimpanan data atau dikenal dengan data storage. Kebanyakan smartphone yang beredar di pasaran hanya memiliki data storage/memory yang relatif kecil yaitu dengan kisaran di bawah satu terabyte. Dengan media penyimpanan yang relatif kecil ini munculah problem terkait penyimpanan data untuk ukuran data yang besar terkait mobilitas pengguna smartphone tersebut.

Menjawab semua permasalahan di atas teknologi Cloud Computing bisa menjawab semua kebingungan yang ada. Lewat teknologi ini penambahan media storage bisa diatur sesuai kebutuhan. Tentunya dengan mendaftar terlebih dahulu kepada provider yang menyediakan teknologi Cloud Computing ini, setelah provider menyetujui, maka Anda pun dapat sesuka hati menambah dan mengurangi media penyimpanan data sesuai kebutuhan pengguna masing-masing dalam bentuk visualisasi pada internet.

Untuk sekarang teknologi Cloud Computing ini marak seperti provider Cloud Computing "Buffalo Cloudstation" dimana layanan yang diberikan adalahmedia penyimpanan pribadi berbasis komputasi, jadi Anda dapat mengirim data dari perangkat smartphone dengan mudah dan nyaman tanpa harus bingung dengan media penyimpanan yang kecil.

Perangkat penyimpanan pribadi pada teknologi Cloud Computing ini hadir dengan dua pilihan, CloudStation Two Drive kapasitas 4 terabyte yang berisi dua slot harddrive masing-masing 2 slot, dan CloudStation Single Drive kapasitas 2 terabyte dengan satu slot harddrive. Dan untuk setting layanannya adalah tinggal kita register saja pada website penyedianya yaitu pada alamat http://cloudstation.pugoplug.com dari smartphone Anda masing-masing. Setelah itu, ikuti saja tutorial yang muncul pada jendela website tersebut. Yang jelas prosesnya sangat mudah dan user friendly untuk pengguna smartphone kebanyakan. Dan kompabilitasnya pun sudah kompatibel dengan berbagai produk smartphone yang ada di pasaran, jadi Anda tidak perlu ragu lagi untuk menggunakan layanan Cloud Computing ini.

Intinya, selama akses internet Anda tidak terputus, Anda akan serta merta dapat mengakses data-data yang ada pada server provider tersebut.

Kemudahan yang dan efisiensi layanan yang diberikan teknologi Cloud Computing ini sebanding dengan yang harus kita berikan untuk provider layanan tersebut. Untuk saat ini layanan Cloud Computing masih berbayar, yaitu jika Anda membeli perangkat layanan ini, Anda bebas dari biaya bulanan. Untuk harga, CloudStation Two Drive Rp 4,5 juta, dan Cloud4tation Single Drive dilepas Rp 1,8 juta.

Harga yang tertera di atas sebanding dengan layanan dan kemudahan yang diberikan teknologi Cloud Computing. Jadi tidak ada salahnya pengguna smartphone menggunakan layanan ini untuk efesiensi dan pembantu kinerja dalam pekerjaan Anda.

Terakhir, saran bagi Anda yang berniat menggunakan teknologi Cloud Computing ini adalah, pintar dalam memilih provider penyedia layanan Cloud Computing. Keamanan data-data Anda adalah harta terbesar yang Anda miliki. Pilihlah provider yang sudah memiliki standar regulasi dan aturan yang terkait dengan teknologi smartphone ini yaitu standar ISO 27002, yang merupakan standar praktik keamanan informasi sekaligus digunakan untuk menilai tingkat keamanan di suatu penyedia jasa layanan Cloud Computing. [KS]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel