Berbagai Operating System Smartphone

9 Nov 2011 16:30 5622 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Software yang paling penting dalam smartphone manapun adalah operating system smartphone nya (OS). Sebuah operating system smartphone mengelola sumber daya hardware dan software smartphone. Beberapa platform OS mencakup seluruh rentang software stack.

Software yang paling penting dalam smartphone manapun adalah operating system smartphone nya (OS). Sebuah operating system smartphone mengelola sumber daya hardware dan software smartphone. Beberapa platform OS mencakup seluruh rentang software stack. Lainnya hanya dapat mencakup tingkat yang lebih rendah (biasanya kernel dan lapisan middleware) dan bergantung pada platform software tambahan untuk menyediakan interface famework bagi pengguna, atau AEE.

Operating system smartphone di antaranya:

Symbian

Symbian OS adalah operating system yang digunakan pada lebih dari 100 model ponsel yang berbeda. Operating system ini terdiri dari komponen kernel dan middleware dari software stack. Lapisan atas di supply oleh aplikasi platform seperti S60, UIQ, dan MOAP.

Linux

Di antara operating system lain, Linux yang paling unik, dalam perkembangannya ia didorong oleh komunitas pengembang bukan oleh perusahaan pusat. Menurut ARCchart, OS Linux mendukung prosesor yang lebih daripada operating system lain di pasar, meskipun model ponsel yang paling populer masih menggunakan OS Symbian.

Namun ada beberapa kelemahan sistem. Karena Linux adalah sebuah OS organik, dengan pengembang yang terus berubah dan memperbarui bahkan pada level kernel, platform berbasis pada kode Linux dapat sangat berbeda satu sama lain. Beberapa perusahaan smartphone menemukan risiko terlalu besar untuk berinvestasi di Linux. Enam perusahaan telekomunikasi menanggapi hal ini dengan membentuk yayasan LiMo, sebuah organisasi yang mencoba untuk menciptakan sebuah platform Linux standar.

Windows Mobile

OS Windows Mobile mencakup seluruh software stack dari kernel untuk aplikasi interface. Operating system smartphone ini berbasis dari Windows CE.NET. Kebanyakan kekuatan OS ini terletak pada kompatibilitasnya dengan Microsoft Office suite program.

Java

Beberapa smartphone memiliki operating system yang berbasis pada bahasa pemrograman Java. OS SavaJe adalah sistem berbasis Java yang mencakup segalanya dari kernel untuk framewok interface pengguna dan aplikasi suite. Dengan menggunakan bahasa Java, OS memungkinkan produsen atau pengguna untuk menyesuaikan interface sebanyak mereka suka.

Android
Android adalah software stack untuk perangkat mobile yang mencakup operating system, middleware dan aplikasi kunci. SDK Android menyediakan alat dan API diperlukan untuk mulai mengembangkan aplikasi pada platform Android menggunakan bahasa pemrograman Java.

Garnet

Sebelumnya dikenal sebagai Palm OS, operating system ini menggabungkan sebuah basis Linux dengan aplikasi yang ditulis untuk Palm OS lama. OS Palm terutama digunakan di PDA, meskipun line Treo smartphone yang digunakan masih itu juga.

Unique OS

Apple iPhone menggunakan variasi dari Mac OS, yang dikenal sebagai OS X. Sementara BlackBerry RIM juga memiliki operating system smartphone milik sendiri juga. [ND]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel