Cara Recovery Data Yang Hilang pada iPhone dengan Mudah

19 Dec 2011 15:00 17359 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Kesalahan terjadi. Tiba-tiba Anda tidak sengaja menghapus nomor telepon di kontak ketika mencoba untuk menambahkan alamat *email* atau nomor baru. Tentunya ini membuat panik, apalagi yang terhapus adalah nomor rekan bisnis Anda. Berikut ini adalah cara recovery data dengan mudah pada perangkat iPhone

Kesalahan terjadi. Tiba-tiba Anda tidak sengaja menghapus nomor telepon di kontak ketika mencoba untuk menambahkan alamat *email* atau nomor baru. Tentunya ini membuat panik, apalagi yang terhapus adalah nomor rekan bisnis Anda. Untungnya bagi Anda pengguna iPhone, jika Anda tidak sengaja menghapus atau kehilangan kontak, tidak berarti itu hilang selamanya.

Anda masih bisa recovery data yang hilang pada kontak iPhone tersebut. Caranya? Simak langkah-langkah untuk recovery data yang hilang pada iPhone berikut ini.

Langkah 1. Buka iTunes di komputer Anda.

Langkah 2. Colokkan iPhone ke komputer Anda seperti yang Anda lakukan ketika *sync* biasa.

Langkah 3. Cari iPhone di kolom "Devices" di sisi kiri jendela aplikasi iTunes.

Langkah 4. Klik kanan (CTRL klik untuk Mac) ikon iPhone di kolom "Devices" dan pilih "Restore from Backup." Pilih salah satu versi backup dari menu *drop-down* dan klik tombol "Restore". Ini akan mengembalikan data setiap kontak yang telah Anda hilangkan sejak sinkronisasi terakhir Anda di iTunes.

Langkah 5. *Eject* iPhone dan pergi ke daftar kontak Anda. Kontak Anda yang hilang seharusnya telah dikembalikan ke daftar Anda.

Dengan cara ini Anda telah berhasil recovery data yang hilang pada kontak iPhone.

**Tips Menyelamatkan Nomor Kontak** Dianjurkan agar Anda membuat *back up* yang terpisah sesekali, selain dari yang *back up* otomatis yang terjadi setiap kali Anda *sync* di iTunes.

iTunes akan menggantikan *back up* setiap kali Anda sync otomatis, sehingga ia akan meninggalkan apa yang ada di ponsel pada komputer Anda pada saat *sync*.

Membuat backup terpisah dengan mengklik kanan pada perangkat dan memilih "Back Up" akan memastikan bahwa Anda memiliki pengaturan telepon dan kontak dari waktu yang berbeda untuk mengembalikannya kembali jika perlu.

Anda juga dapat mengembalikan kontak yang hilang secara manual jika Anda mensinkronisasi kontak antara komputer Anda ke iPhone hanya dengan melihat melalui daftar kontak, baik Outlook atau Address Book (jika Anda pengguna Mac) dan memasukkan ulang informasi dengan tangan secara manual. Jika tanggal back up terakhir Anda lebih dari beberapa minggu lalu, Anda mungkin harus men-*download* ulang *update firmware* yang telah Anda buat untuk iPhone sejak tanggal *back up*.[ND]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel