5 Resolusi Keuangan 2019 Buat Ibu-ibu Muda

4 Jan 2019 14:53 2896 Hits 0 Comments
Pengelolaan keuangan keluarga yang baik itu menjadi hal yang tidak mudah diwujudkan oleh ibu-ibu muda yang baru saja mengarungi bahtera hidup berkeluarga.

Rasa saling percaya adalah salah satu kunci keharmonisan dalam hidup berkeluarga. Rasa saling percaya ini tentunya mencakup semua lini kehidupan, tak terkecuali dalam pengelolaan keuangan. Apalagi, pengelolaan keuangan keluarga yang baik itu menjadi hal yang tidak mudah diwujudkan oleh ibu-ibu muda yang baru saja mengarungi bahtera hidup berkeluarga. Kendati demikian, pengelolaan keuangan yang baik wajib dimiliki para ibu muda.

Nah, bagi para ibu-ibu muda yang sulit mengelola keuangan keluarga, tak ada salahnya membuat resolusi keuangan pada awal tahun ini agar makin disayang suami. Berikut ini resolusi keuangan yang bisa dilakukan:

1. Jujur dalam Mencatat Arus Keuangan
Jujur adalah modal utama dalam mengelola keuangan. Oleh karenanya, kita kerap mendengar ungkapan jujur adalah kunci utama membangun kepercayaan antara suami-istri. dalam konteks keuangan, kejujuran seorang istri terletak pada kemampuannya mencatat arus keuangan dengan jujur. Kejujuran dalam mencatat arus keuangan sama artinya dengan transparan dalam pengelolaan uang. Transparansi arus keuangan, dalam hal ini arus pengeluaran, akan mendatangkan kemudahan dalam manajemen keuangan. Alhasil, keharmonisan tercipta karena adanya rasa saling percaya.

2. Membuat Budget
Salah satu tugas utama para ibu rumah tangga adalah membuat budget belanja. Memiliki perencanaan yang matang akan mencegah pengeluaran uang agar tepat sasaran. Kunci terhindar pemborosan yakni konsisten dengan perencanaan atau alokasi keuangan. Jika konsisten dengan perencanaan, ibu-ibu muda ini akan menggunakan uang untuk sesuatu yang bermanfaat alias tidak sekadar menggikuti hawa nafsu. Budgeting yang terbaik adalah bila kita bisa menghitung setiap receh yang kita keluarkan.

3. Merancang Target Bersama
Pengelolaan keuangan butuh sinergi, dalam hal ini terkait erat dengan target bersama. Sinergi dalam membuat target sudah sepantasnya diiniasi ibu-ibu muda karena kepada mereka lah urusan keuangan biasa dipercayakan para suami. Target bersama perlu dibuat dengan mempertimbangkan dana yang ada. Dengan begitu target bersama akan mudah direalisasikan. Apalagi, dalam membuat target bersama biasanya juga mensyaratkan komunikasi yang baik dengan suami.

4. Komitmen dan Disiplin
Penggunaan uang keluarga memerlukan ketaatan dan komitmen dengan perencanaan yang dimiliki. Ketaatan dan komitmen dengan perencanaan akan melahirkan kesehatan keuangan. Berpegang teguh pada perencanaan adalah salah satu cara mencegah pemborosan.

5. Realisasikan Investasi
Yang terakhir ini nih yang kerap hanya di angan-angan para ibu muda: investasi. Pada awal 2019 ini, bulatkan lah niat untuk berinvestasi karena investasi saat ini sudah sangat mudah dan terjangkau. Investasi yang paling gampang dan cocok untuk ibu-ibu muda saat ini adalah investasi reksa dana. Enaknya, begitu reksa dana dibeli, ibu-ibu muda tinggal menunggu kinerja manajer investasi. Tak perlu modal banyak, investasi reksa dana kini sudah sangat terjangkau. Caranya sangat mudah, cukup berinvestasi melalui IPOTFUND besutan PT Indo Premier Sekuritas, uang ibu-ibu muda akan berkembangbiak. Di supermarket reksa dana online IPOTFUND ini ada beragam reksa dana yang bisa dipilih.

Tags

About The Author

Johanes Sutanto 40
Ordinary

Johanes Sutanto

Pembelajar dalam menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel