ini dia 9 Manfaat buah pepaya untuk ibu hamil yang bisa Anda rasakan

8 Apr 2018 05:53 3045 Hits 0 Comments
Ada berbagai manfaat buah pepaya untuk ibu hamil yang bisa Anda rasakan. Secara umum, jenis buah satu ini dapat memenuhi kebutuhan nutrisi sekaligus membantu sistem pencernaan.

Ada berbagai manfaat buah pepaya untuk ibu hamil yang bisa Anda rasakan. Secara umum, jenis buah satu ini dapat memenuhi kebutuhan nutrisi sekaligus membantu sistem pencernaan.

Khasiat Buah Pepaya yang Baik untuk Ibu Hamil

Berikut ini adalah beberapa manfaat yang dapat Anda rasakan dengan mengonsumsi buah ini.

1. Meningkatkan sistem imun.

Kandungan vitamin A dan vitamin C menjadikan buah pepaya baik untuk menunjang serta memperkuat sistem imun tubuh Anda. Dengan demikian, tubuh Anda pun akan mampu menghindari penyakit.

2. Mengatasi mual di pagi hari (morning sickness).

Salah satu manfaat buah pepaya untuk ibu hamil adalah mengatasi kondisi yang satu ini. Anda dapat menikmati khasiat yang satu ini dengan mengonsumsi beberapa potong buah pepaya sewaktu sarapan. Tapi, perhatikan bahwa buah tersebut harus pas tingkat kematangannya; hindari pepaya setengah matang yang masih memiliki kandungan getah.

3. Menunjang perkembangan janin.

Tentunya, kesehatan janin sama pentingnya dengan kesehatan ibu hamil. Kandungan asam folat di dalam buah pepaya sangat bermanfaat untuk menunjang tumbuh kembang janin Anda. Selain itu, kandungan vitamin A juga membantu janin dalam membentuk dan mengembangkan organ penglihatannya.

4. Membantu kinerja sistem pencernaan.

Buah pepaya kaya akan serat sehingga dapat membantu kinerja usus. Selain itu, kandungan serat tersebut juga mampu membantu tubuh menyerap protein dengan lebih baik.

5. Membantu asupan protein untuk tubuh.

Kira-kira, ada sebanyak 5 gram protein yang dikandung oleh setiap 1 kg buah pepaya. Jumlah ini sudah cukup baik untuk dikonsumsi ibu hamil.

6. Mencegah dehidrasi.

Dehidrasi adalah sebuah masalah kesehatan yang serius, apalagi bagi ibu hamil. Karenanya, konsumsi buah pepaya bagi ibu hamil dapat mencegah terjadinya masalah ini.

7. Menangkal radikal bebas.

Seperti dilansir Cara Profesor buah pepaya kaya akan kandungan antioksidan yang baik untuk menangkal radikal bebas. Adanya antioksidan yang terkandung di dalam buah pepaya juga bermanfaat bagi ibu hamil dan janin dalam menangkal radikal bebas yang berhasil memasuki tubuh. Dengan demikian, kondisi fisik sang ibu dan perkembangan janin pun terjaga dengan baik.

8. Menjaga agar tekanan darah tetap stabil.

Meningkatnya tekanan darah atau hipertensi adalah masalah yang sangat serius bagi para ibu hamil. Pada kondisi yang parah, hal ini dapat memicu terjadinya pre-eklamasia. Buah pepaya sangat baik untuk membantu menjaga tekanan darah Anda agar tetap berada pada kisaran normal dengan mengendalikan proses natrium.

9. Mencegah risiko penyakit jantung dan kanker.

Serat yang terdapat di dalam buah pepaya memiliki kemampuan untuk mengikat zat tertentu yang rupanya menjadi pemicu utama kanker usus besar. Sementara itu, kandungan antioksidannya baik untuk mencegah penyakit yang berkaitan dengan jantung.

Ibu Hamil Mengonsumsi Pepaya, Amankah?

Meski demikian, rupanya masih ada banyak perdebatan soal apakah buah pepaya aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Apalagi, buah pepaya secara alami mengandung getah, terlebih pada buah yang umurnya masih muda atau kurang matang. Lantas, apa jawabannya?

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, konsumsi hanya buah pepaya yang sudah benar-benar masak. Yang menjadi masalah adalah buah pepaya yang masih mengkal alias setengah matang, atau malah yang masih mentah. Buah pepaya yang sudah 100% matang justru sangat baik untuk membantu mengatasi masalah sembelit yang sering dialami oleh ibu hamil. Selain itu, tentunya pastikan untuk mengonsumsi pepaya dalam jumlah yang wajar untuk merasakan manfaat buah pepaya untuk ibu hamil secara maksimal.

Tags

About The Author

Imam Fahrudin 21
Novice

Imam Fahrudin

belajar menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel