Penyebab dan cara mengatasi ketombe secara alami

10 Jul 2017 15:57 2974 Hits 0 Comments
Ketika Anda mengalami ketombe, ada baiknya Anda mengetahui penyebab ketombe dan cara mencegahnya sebelum menerapkan cara pengobatan ketika ketombe yang dialami lebih serius

Ketika Anda mengalami ketombe, ada baiknya Anda mengetahui penyebab ketombe dan cara mencegahnya sebelum menerapkan cara pengobatan ketika ketombe yang dialami lebih serius. Berikut adalah jenis penyebab ketombe yang sering dialami oleh kebanyakan orang di Indonesia.

Busa shampoo yang tertinggal

Penyebab pertama ketombe umumnya berhubungan dengan busa shampoo yang tertinggal di pori kulit kepala ketika proses pembilasan air shampoo tidak terlalu bersih. Ketika kering, sisa busa shampoo yang mengerak di kulit kepala ini akan memicu munculnya ketombe.

Kulit kepala terkena debu dan polusi udara

Ketika Anda banyak beraktivitas diluar ruangan, asap kendaraan bermotor, debu, maupun polusi udara lainnya akan memicu kulit kepala yang kering untuk mengelupas dan akhirnya muncul ketombe.


Efek panas sinar matahari dan hair dryer

Hal yang sama juga akan terjadi ketika kulit kepala terkena panas sinar matahari atau panas hair dryer yang berlebihan. Efek panas yang terjadi akan membuat kulit kepala terlihat mengelupas dan mengalami peradangan.

Pemakaian produk rambut yang tidak sesuai

Ketika Anda ingin rambut Anda tetap bersih dan terawat, jangan terlalu sering berganti shampoo atau vitamin rambut. Hal tersebut akan memicu munculnya ketombe yang terakumulasi dari reaksi dengan senyawa kimia produk perawatan rambut yang digunakan.

Stress psikis

Ketika Anda mengalami stress psikis yang berlebih akibat pekerjaan maupun masalah pribadi. Salah satu dampak negatif yang akan terjadi adalah ketidakstabilan hormon dan hal tersebut bisa memicu munculnya ketombe pada lapisan kulit kepala.

Jarang keramas

Ketika Anda jarang keramas, tumpukan kotoran yang menempel di kulit kepala akan terakumulasi menjadi ketombe dan hal tersebut pastinya mengganggu Anda. Selain penyebab diatas, sebenarnya masih banyak faktor yang bisa menyebabkan ketombe seperti faktor genetis terkait kulit kepala dan faktor makanan. Namun demikian, apapun penyebab ketombe di kulit kepala, ada beberapa cara menghilangkan ketombe secara alami sekaligus mencegahnya agar tidak muncul lagi, seperti:

  1. Anda bisa memastikan untuk selalu menggunakan sisir yang bersih dan memiliki bulu halus untuk mencegah luka pada kulit kepala. Akan lebih baik pula jika Anda tidak meminjamkan sisir yang selalu Anda gunakan pada orang lain.

  2. Anda bisa membeli shampoo anti ketombe dengan melihat komposisi bahan yang ada didalamnya. Akan lebih baik jika shampoo yang dipilih minim kandungan detergen.

  3. Ketika Anda ingin memiliki rambut yang kuat dan sehat, jangan lupa untuk mengaplikasikan masker rambut setidaknya seminggu sekali. Anda bisa membuatnya dari beragam jenis bahan seperti sisa rendaman air teh hijau, yogurt yang dicampur madu, atau putih telur.

  4. Jika anda sedang mencari cara menghilangkan ketombe dengan mudah dan alami minyak kelapa bisa menjadi bahan yang patut dicoba. Selain murah minyak kelapa juga murah dan mudah didapat. Caranya: sedikit panaskan minyak kelapa, setelah mulai dingin terapkan ke kulit kepala anda hingga merata. Tunggu sekitar 15 menit kemudian bilas dengan air bersih

  5. Selain minyak kelapa cuka sari apel diketahui juga cukup ampuh untuk menghilangkan ketombe, cuka sari apel mengandung nutrisi seperti vitamin C, B1, A, B6, besi, dan kalium serta asam alfa hidroksil yang cukup efektif dalam merawat kulit kepala gatal akibat ketombe.

Semoga dengan beragam pengetahuan tentang penyebab ketombe dan cara mencegahnya di atas, Anda bisa merawat rambut Anda dengan baik.

Tags

About The Author

Imam Fahrudin 21
Novice

Imam Fahrudin

belajar menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel