Macam-Macam Distro Linux Yang Jarang Diketahui

22 May 2017 10:31 3098 Hits 0 Comments
 Linux adalah sistem operasi open source gratis yang disebarluaskan oleh GNU. Linux adalah sistem operasi turunan Unix yang dapat bekerja pada berbagai macam perangkat keras komputer.

 Linux adalah sistem operasi open source gratis yang disebarluaskan oleh GNU. Linux adalah sistem operasi turunan Unix yang dapat bekerja pada berbagai macam perangkat keras komputer. Dengan adanya lisensi GNU (GNU NOT UNIX), kamu dapat memperoleh program yang lengkap dengan code sumbernya. Kamu juga bisa diberikan hak untuk mengcopy sebanyak yang kamu mau dan kamu juga dapat mengubah code sumbernya. Dibawah lisensi, itu semua Legal.

SEJARAH LINUX

Pada awalnya, linux dibuat oleh seorang yang bernama LINUS TORVALDS, ia adalah seorang mahasiswa dari salah satu universitas di Finlandia. Awalnya linux adalah proyek hobi yang diinspirasikan dari Minix, Minix adalah sistem kecil yang dikembangkan oleh ANDREW TANENBAUM. Pada tahun 1991, tepatnya pada sekitar bulan agustus linux versi 0.01 dikerjakan. Kemudian pada tanggal 5 oktober 1991, versi resmi linux diumumkan oleh LINUS TORVALDS, ia mengeluarkan linux versi 0.02 yang hanya dapat menjalankan shell bash (GNU BOURNE AGAIN SHELL) dan gcc (GNU C COMPILER). Saat ini sistem operasi linux dapat digunakan untuk jaringan dan pengembangan software. Sistem operasi linux mempunyai kelebihan dan kekurangan sebagai berikut.

KELEBIHAN SISTEM OPERASI LINUX

-Memiliki sifat open source yang bebas dan terbuka, sehingga untuk mendapatkannya pun tidak mengeluarkan biaya sedikit pun.

-Sekarang linux mudah untuk dioperasikan, dulunya pengguna linux identik dengan para Hacker, tapi sekarang orang awam pun dapat menggunakannya.

-Keamanan yang lebih unggul dari sistem operasi lain karena linux didesain multiuser sehingga apabila virus menyerang satu User, maka virus akan sulit menyebar keUser lain.

-Hampir semua aplikasi yang biasa dijalankan oleh windows, sekarang bisa dijalankan oleh linux karena linux sudah mempunyai aplikasi yang dikembangkan oleh komunitas linux.

-Dapat berjalan di dua mode.

-Memiliki resource yang lebih kecil dibandingkan windows sehingga sistem operasi ini cocok untuk PC yang memiliki spesifikasi minimum.

-Banyak komunitas linux diberbagai penjuru dunia.

-Lebih stabil karena linux jarang nge-hang dan crash.

KEKURANGAN SISTEM OPERASI LINUX

-Proses instalasi tidak semudah saat menginstal Windows.

-Masih banyak pengguna yang belum terbiasa dengan sistem operasi Linux.

-Aplikasinya belum seampuh aplikasi Windows.

-Dukungan Hardware di vendor-vendor yang tidak baik.

-Pengguna yang belum terbiasa dengan Unix-Like harus belajar terlebih dahulu.

-Struktur hak akses dan directory yang membingungkan bagi pengguna yang terbiasa memakai sistem operasi windows.

MACAM-MACAM DISTRO LINUX

 

1.Xandros

 Xandros adalah sebuah Distro Linux yang berdasarkan pada KDE. Tampilannya mirip dengan Microsoft windows, sehingga mengoperasikannya sangat mudah.

2.Ubuntu

 Ubuntu adalah Distro Linux yang berbasis Debian. Canonical Ltd (Perusahaan milik mark shuttleworth) yang menyeponsori proyek Ubuntu. Nama Ubuntu sendiri diambil dari konsep ideologi afrika selatan. Ubuntu berasal dari bahasa kuno afrika yang berarti “rasa keperimanusiaan terhadap sesama manusia”.

3.CentOS

 CentOS adalah distro linux yang bebas , yang didasarkan pada Red Hatt Enterprise Linux (RHEL). ChentOS sendiri.

4.Debian 

 Debian adalah sistem operasi yang berbasis kernel Linux. Debian adalah "Kernel Independen", yaitu sistem operasi debian yang dikembangkan dengan murni tanpa mendasarkan pada sistem operasi yang telah ada.

5.Fedora

 Fedora adalah sebuah distro Linux yang berbasis RPM dan Yum, distro fedora sendiri dikembangkan oleh Fedora Project yang didukung oleh komunitas programer dan disponsori oleh Red Hat. Nama fedora sendiri berasal dari karakter fedora yang digunakan dilogo Red Hat.

6.Knoppix

 Knoppix adalah distro Linux Live-cd yang dijalankan tanpa CD-ROM tanpa instalasi di Hardisk. Distro ini berbasiskan Debian Linux yang diciptakan oleh Knopper.

7.Gentoo Linux

 Gentoo Linux adalah suatu distribusi linux yang memakai paket sistem management Portage.

8.Slackware

 Slackware adalah sistem operasi yang dibuat oleh Patrick Volkerding dari Slackware Linux Inc. Slackware merupakan salah satu distro awal, dan merupakan yang tertua yang masih dikelola. Tujuan utama Slackware adalah stabilitas dan kemudahan desain, serta menjadi Distro Linux yang paling mirip dengan Unix.

9.Mandriva

 Mandriva adalah sistem operasi yang dibuat oleh Mandriva, Mandriva Linux menggunakan RPM Package Manager.

10.OpenSUSE

 OpenSUSE adalah salah satu Distro Linux dari perusahaan Novell / SUSE Linux GmbH.

11.FreeSpire

 Freespire adalah Distro Linux versi gratis dari Linspire (a.k.a Lindows), dikarenakan masalah nama, dirubah menjadi Linspire.

12.Linux Mint

 Linux Mint adalah sistem operasi berbasis Linux untuk PC. Inti dari Linux mint adalah Ubuntu, sehingga aplikasi yang berjalan di Ubuntu juga bisa berjalan pada Linux mint.

13.PCLinuxOS

 PCLinuxOS adalah sistem operasi dekstop . Ini adalah sebuah sistem operasi bebas untuk komputer pribadi yang bertujuan untuk memudahkan pengguna.

14.Damn Small Linux

 Damn Small Linux adalah  salah satu varian linux mini, Karena ukurannya yang kecil sekiran 50MB. DSL juga memungkinkan untuk diinstal di USB 128MB.

15.Kuliax

 Kuliax adalah sebuah distribusi Linux LiveCD. Dikembangkan oleh Kuliax Project untuk pendidikan di Universitas. Distribusi ini berbasis Debian GNU/Linux dan Knoppix, dan telah dioptimasi ke arah pengguna dekstop Linux.

16.Redhat

 Redhat adalah distribusi yang paling populer, minimal di indonesia, redhat merupakan distribusi pertama yang instalasi dan pengoperasiannya mudah.

Terima kasih sudah membaca artikel saya, semoga bermanfaat.

Tags

About The Author

Ahmad Dimyati 26
Novice

Ahmad Dimyati

saya seorang pelajar yang suka desain grafis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel