Ingin Menjadi Programmer? Inilah Tipsnya

5 Jun 2017 10:07 1452 Hits 0 Comments
Apa itu "PROGRAMMING?" jika kalian ingin tau apa itu programming, baca artikel ini...

Diantara kita tentu berbeda beda cara dalam memulai belajar pemrograman, belajar pemrograman ini dipengaruhi oleh banyak factor seperti latar belakang, kecepatan belajar, keadaan ekonomi dan lingkungan. Selain itu, cara untuk menyukai suatu program pasti berbeda.

Ini lah beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk belajar pemrograman

1.Harus Mengerti “APA ITU PROGRAMMING?”

 Banyak orang yang ingin mejadi programming tidak mencoba mendalami pemrograman, mungkin karena hanya tau sebagian saja. Misalnya hanya tau programmer itu kalo nulis kode di texteditor dan bisa bikin program. Kalau itu yang hanya diketahui nya, wajar saja jika dia tidak tertarik untuk belajar pemrograman. Bayangkan jika kita tahu bahwa dengan pemrograman kita bisa membuat sebuah program yang bermanfaat bagi banyak orang, semua akan senang menggunakan program kita, dan kita jadi kaya raya, kita bisa membuat perusahaan sendiri dan membuka lapangan kerja, Itu akan lebih menarik. Jika kamu ingin memulai belajar pemrograman, maka harus tahu pengertian dari programming itu.

2.Pilihlah Satu Bahasa Pemrograman Terlebih Dahulu

 Sebelum kita menulis koding, terlebih dahulu kita harus memilih bahasa pemrograman. Didunia ini banyak sekali bahasa pemrograman mulai dari bahasa mesin, bahasa tingkat rendah, bahasa tingkat menengah, dan bahasa tingkat tinggi. Kamu mungkin bisa saja mempelajari semuanya, tapi saya menyarankan pilihlah satu terlebih dahulu, kuasailah satu terlebih dahulu, pahamilah satu terlebih dahulu agar kamu mengerti.

3.Memulai Belajar

 Pertama pelajarilah algoritma dasar dengan bahasa pemrograman yang kamu pilih. Banyak cara untuk mempelajarinya bisa dari buku, artikel diinternet, dan tutorial tutorial. Kalau ingin belajar lebih cepat, kamu bisa mengikuti kursus belajar pemrograman. Banyak sekali caranya, kamu tinggal memilih mana pembelajaran yang cocok untuk kamu.

4.Buatlah Program-Program Sederhana

 Cobalah membuat program yang sederhana terlebih dahulu. Jika kamu masih sekolah, kamu bisa mencoba membuat program sederhana untuk pelajaran matematikamu seperti program menghitung luas lingkaran, dan menghitung volume balok, itu sangat menarik. Intinya cobalah membuat sesuatu mulai dari yang sederhana dari apa yang kamu sukai.

5.Selalu Update Informasi

 Salah satu update informasi adalah kamu bisa mengunjungi web web yang senantiasa memberikan informasi. Kamu juga bisa like fan page dan follow twitter pihak-pihak yang senantiasa memberikan informasi tentang programming atau teknologi secara umum.

6.Bergabunglah Di Grup-Grup Atau Forum Pemrograman

 Banyak sekali orang sepertimu yang sedang belajar bahkan sudah jago. Kamu bisa bertanya kepada mereka. Ketika kamu bergabung digrup atau forum, kamu akan melihat ada banyak orang hebat yang bisa kamu tiru dan teladani dari segi programmingnya. Mereka sering memberikan informasi yang penting yang mungkin bermanfaat untuk kamu. Dan ketika kamu sudah bisa, kamu bisa memberikan ilmu kamu kepada orang lain dan ilmu yang kamu berikan akan bermanfaat bagi orang lain.

Selamat belajar, semoga menyenangkan. Terima kasih…

Tags

About The Author

Ahmad Dimyati 26
Novice

Ahmad Dimyati

saya seorang pelajar yang suka desain grafis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel