Benarkah Orang Berbadan Gemuk Cenderung Merdu Saat Bernyanyi ?

12 Apr 2017 17:23 449 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Pernahkah anda mendengar pernyataan bahwa orang – orang dengan tubuh "berisi" memiliki suara emas saat bernyanyi life di atas panggung ? 

Pernahkah anda mendengar pernyataan bahwa orang - orang dengan tubuh "berisi" memiliki suara emas saat bernyanyi life di atas panggung ? Atau anda kebetulan memiliki teman yang jago nyanyi dan kebetulan bertubuh subur ? Ada beberapa teori yang mengaitkan antara tubuh gemuk dengan suara emas khususnya untuk penyanyi opera, sebagaimana dilansir dari berbagai sumber berita.

Teori pertama adalah penyanyi opera rata - rata memiliki sejumlah besar jaringan lemak di sekitar kotak suara mereka(laring), yang berfungsi meningkatkan kemampuan resonansi, sehingga akan menghasilkan suara yang lebih merdu. Jumlah jaringan lemak ini kian hari adalah bervariasi dari penyanyi satu ke penyanyi lain dan mustahil mempunyai banyak jaringan lemak di sekitar kotak suara tanpa membawa jaringan lemak tersebut ke tempat lain di tubuh.

Teori kedua menyatakan bahwa penyanyi opera biasanya memerlukan diafragma yang cukup kuat terhadap normal - norma untuk mampu memproyeksikan suara di atas rata - rata kelompok mereka di lokasi rumah opera yang biasanya cukup besar. Sebuah rongga dada besar dan kontrol yang baik terhadap paru - paru anda akan memberikan massa yang tepat untuk membantu mendorong diafragma bekerja secara optimal hingga batas tertentu. Massa tubuh yang besar didukung oleh kerangka tubuh proporsional dapat membantu hal ini, sehingga akan memberikan keuntungan yang besar pada penyanyi.

Teori ketiga dikemukakan oleh seorang dokter dari Royal Marsden Hospital di London, Inggris, yaitu Peter Osin yang berpendapat bahwa penyanyi opera lebih cenderung menambah berat badan karena adanya pengerahan tenaga dalam paru - paru bertindak sebagai pemicu nafsu makan menjadi berlebihan. Dia melanjutkan bahwa mekanisme bernyanyi akan mendorong sel - sel dalam paru - paru anda untuk bisa melepaskan bahan kimia termasuk leptin, yakni suatu protein yang dibuat oleh sel - sel lemak tubuh yang menjadi penyebab utama nafsu makan berlebihan.

Nah, teori keempat menyatakan bahwa aksi menyanyi opera di atas panggung justru menyebabkan ukuran tubuh si penyanyi mudah melar, terutama tulang rusuk. Hal ini dialami oleh beberapa penyanyi opera bertubuh gemuk di Eropa adalah implikasi dari penelitian Australia yang dilakukan oleh CW Thorpe dan tiga kawannya dari National Voice Centre di University of Sydney dan diterbitkan dalam Journal of Voice 2001.

Tidak menutup kemungkinan akan muncul teori - teori lain yang pro bahkan kontra tetapi fakta yang perlu anda ketahui dari dunia tarik suara, terutama opera, adalah sebagai berikut : Jose Carreras, salah satu tenor cukup terkenal dalam waktu 50 tahun terakhir, hanya memiliki tinggi tubuh sekitar 170 sentimeter (5 kaki enam inci) dan berat badannya terbilang rata - rata. Pada tahun 2004, penyanyi opera Deborah Voigt dipecat dari produksi Royal Opera House London karena tampil terlalu gemuk.

Dari uraian kami tersebut di atas dapt disimpulkan bahwa tidak selalu bertubuh gemuk akan memiliki suara emas, tapi beberapa penyanyi dengan tubuh "subur" sepertinya tak diragukan lagi kemerduan suaranya. Siapa sajakah mereka ? Yuk, simak !

1. Adele

Adele Laurie Blue Adkins atau Adele dikenal sebagai penyanyi jazz dan soul, sekaligus penulis lagu yang cukup piawai. Semenjak dia membawakan lagu Someone Like You, namanya langsung melejit. Bahkan dia pernah sukses mengisi soundtrack film fenomenal James Bond berjudul Skyfall. Tepat pada bulan November 2015 lalu, dia akan resmi merilis album 25, dengan lagu andalannya berjudul Hello.

2. Meghan Trainor

Siapa yang tidak kenal lagu All About That Bass ? Lagu apik ini dibawakan oleh penyanyi plus penulis lagu asli dari Amerika Serikat kelahiran 22 Desember 1993, Meghan Trainor. Dalam video klip lagu tersebut, tampillah Megan yang begitu percaya diri dan bangga dengan memiliki tubuh yang terbilang di atas rata - rata ideal kelompok selebritis Hollywood, yang umumnya sempurna atau cenderung kurus sekali.

3. Sam Smith

Penyanyi dan penulis lagu asli Inggris ini terkenal dengan lagunya I'm Not The Only One dan Stay With Me. Beliau dikenal sebagai penyanyi yang memiliki tubuh cukup berisi namun suara cowok kelahiran 19 Mei 1992 ini sempat membuat para penikmat musik tercengang karena sangat merdu.

4. Kelly Clarkson

Juara pertama American Idol musim pertama ini semula memiliki bentuk tubuh yang biasa - biasa saja tapi semenjak berkeluarga dan memiliki seorang putri yang lahir pada bulan Juni 2014 lalu, tubuhnya melar dan menjadi sangat gemuk. Dengan kondisinya saat ini, justru dia mengimbangi dengan banyak beraktivitas olahraga, semisal kickboxing dimana justru mampu menjaga suaranya tetap terdengar bagus, sepertinya yang anda lihat di video klip mereka.

5. Regina Ivanova

Jebolan Indonesia Idol musim ketujuh ini berkali - kali sukses memukau perhatian juri sejak awal acara tersebut. Sekalipun tubuhnya gemuk, Regina mampu tampil cantik dalam penampilan dan suaranya tetap membuat penonton terpukau karena terlalu bagus.

10. Shena Malsiana

Cewek bertubuh 'berisi' cenderung gemuk ini adalah finalis ajang pencarian bakat X-Factor Indonesia. Suaranya yang adem dan powerfull akan membuat anda sebagai pendengar terkagum - kagum untuk segera membeli album - albumnya yang menarik perhatian banyak penggemar hingga mancanegara.

Demikian kami menjelaskan semoga berminat !

Tags Musik

About The Author

Nila 57
Bolpoint

Nila

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel