Memanfaatkan Situs Perpustakaan Online Budaya-Indonesia.org Sebagai Sarana Belajar

2 Jan 2013 12:30 7183 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Seiring kemajuan dan perkembangan teknologi internet yang mengglobal dan menyelimuti lingkup masyarakat khususnya di Indonesia, telah membuat segalanya berubah dan berbeda. Baik dari aspek kepemerintahan, pendidikan, perdagangan, hingga ke aspek sosial pun turut mendapatkan dampaknya.

Seiring kemajuan dan perkembangan teknologi internet yang mengglobal dan menyelimuti lingkup masyarakat khususnya di Indonesia, telah membuat segalanya berubah dan berbeda. Baik dari aspek kepemerintahan, pendidikan, perdagangan, hingga ke aspek sosial pun turut mendapatkan dampaknya. Sebagai contoh pada dunia edukasi Indonesia, kini telah melangkah jauh lebih maju dari beberapa tahun sebelumnya. Hal itu dapat kita lihat dari fasilitas dan prasarana belajar yang semakin lengkap dan mudah. Salah satu fasilitas belajar yang saat ini sedang berkembang pesat adalah perpustakaan online yang beralamatkan Budaya-Indonesia.org.

Budaya-Indonesia.org merupakan sebuah situs perpustakaan online yang keseluruhan isi, misi, dan visi nya adalah berkaitan tentang dunia sosial dan kebudayaan Indonesia. Situs ini dibangun dan dikembangkan oleh perkumpulan Inisiatif Budaya Kepulauan Indonesia atau Indonesian Archipelago Culture Initiatives (IACI) yang mulai diperkenalkan pertama kali pada tahun 2008 lalu. IACI sendiri merupakan perkumpulan yang didirikan oleh beberapa pemuda Indonesia yang memiliki keprihatinan terhadap pengaturan dan visi tanah air yang seakan telah tercabut dari akar kebudayaannya, dari apa yang merepresentasikan keadaan dan keberadaannya sebagai suatu kesatuan atas berbaga elemen - elemen yang berbeda secara unik.

Di sana, kita dapat melakukan banyak hal dan aktifitas seperti menggali informasi dan wawasan bagi para peminat dunia sosial dan budaya Indonesia. Sedangkan bagi anda yang berperan sebagai pelajar atau mahasiswa, dapat menggunakannya untuk membantu dan mempermudah anda dalam menyelesaikan tugas - tugas yang berkaitan dengan sosial budaya di Indonesia. Perpustakaan online ini memungkinkan para pengguna dari seluruh lapisan masyarakat dapat mengakses dan menggunakannya sebagaimana mestinya. Tidak ada pembatasan akses bagi lapisan tertentu, bahkan ia dapat diakses oleh pengguna dari seluruh dunia. Sungguh luar biasa, bukan. Disinilah terlihat keseriusan IACI dalam membangun misi dan visi mereka melalui Budaya-Indonesia.org. Tidak ada misi ganda apalagi tujuan melakukan bisnis, semua itu tidak berlaku bagi mereka. Perpustakaan ini tidak lain adalah cermin yang memperlihatkan wajah - wajah para IACI yang dipenuhi dengan semangat, apresiasi, dan rasa cinta terhadap keberadaan budaya - budaya di seluruh antero Indonesia.

Lalu, apa sajakah yang tersedia di dalam ruangan online Budaya-Indonesia.org? Mari kita simak ulasan di bawah ini terkait fitur dan fasilitas yang disajikan oleh perpustakaan online tersebut kepada para user-nya!

Pada saat pertama kali mengakses perpustakaan, anda akan disuguhkan dengan halaman awal yang sangat sederhana dan hanya melampirkan sebuah kolom pencarian sebagai fast search tool. Pada kolom tersebut, anda bisa menuliskan kata atau kalimat berkaitan dengan budaya yang ingin anda gali informasinya. Sehingga, dengan bantuan tool pencarian tersebut, anda dapat melakukan pencarian secara cepat mengenai hal - hal yang ingin anda ketahui informasi lengkapnya. Sedangkan bila anda tidak memiliki tujuan pasti untuk mengakses perpustakaan online, dan anda bisa memasuki ruang utama perpustakaan dengan cara klik tombol "ke situs yang terletak di bagian samping kanan kolom pencarian.

Setelah anda masuk ke ruangan utama perpustakaan online, maka dari situ anda bisa melakukan beberapa aktifitas, seperti mencari informasi - informasi yang menurut anda menarik untuk dibaca dan dipelajari. Karena anda tidak memiliki tujuan pasti mengenai informasi apa yang ingin anda cari, maka anda bisa membuka informasi - informasi di perpustakaan dan memilih materi yang anda sukai. Untuk mempermudah user dalam mencari informasi, perpustakaan telah mengelompokkan informasi dan materi yang ada di dalam database perpustakaan online menjadi beberapa bagian dengan berdasarkan kategori dan daerah asal dari masing - masing informasi itu sendiri. Terdapat 15 kategori wawasan yang membagi materi - materi perpustakaan, yaitu kategori alat musik, cerita rakyat, makanan dan minuman, motif kain, musik dan lagu, naskah kuno dan prasasti, ornament, pakaian tradisional, permainan tradisional, produk arsitektur, ritual, seni pertunjukan, senjata dan alat perang, tarian, serta tata cara pengobatan dan pemeliharaan kesehatan. Sedangkan untuk kelompok yang disesuiakan oleh asal muasal dari informasi terkait, pengelompokkan dilakukan dengan cara membagi wawasan berdasarkan provinsi yang ada diseluruh kawasan Indonesia.

Bagi anda yang kesulitan mencari informasi dan wawasan terkait bidang sosial dan budaya daerah, Plimbi sangat merekomendasikan perpustakaan online Budaya-Indonesia.org sebagai media dan sarana informasi yang bisa anda gunakan dan manfaatkan keseluruhan isinya, baik sebagai penunjang belajar, maupun sebagai referensi atas tugas - tugas sekolah yang anda dapatkan. Plimbi harap, wawasan kita dapat jauh lebih berkembang, bahwasanya terdapat banyak sekali generasi - generasi muda yang turut berjuang meneruskan kemerdekaan Indonesia di tengah kehidupan modern ini, yang salah satunya adalah Perkumpulan Indonesian Archipelago Culture Initiatives (IACI) dengan karya besarnya berupa perpustakaan digital kebudayaan Indonesia ini. [HRS]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel