Pilihan cara menghilangkan flek hitam yang patut anda coba

10 Jan 2017 17:03 1381 Hits 0 Comments
Memiliki Flek hitam di wajah tentu sangat mengganggu karena dapat mengurangi percaya diri. Flek hitam disebabkan oleh banyak faktor mulai dari bekas jerawat, sinar matahari, faktor hormonal dan pemakaian kosmetik yang tidak sesuai.

Memiliki Flek hitam di wajah tentu sangat mengganggu karena dapat mengurangi percaya diri. Flek hitam disebabkan oleh banyak faktor mulai dari bekas jerawat, sinar matahari, faktor hormonal dan pemakaian kosmetik yang tidak sesuai. Flek hitam bisa dihilangkan dengan berbagai macam cara mulai dari menggunakan bahan alami, chemical peeling sampai terapi laser. Ketiganya tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jika menggunakan bahan alami lebih aman, penggunaan laser dan chemical peeling memiliki kemampuan untuk menghilangkan flek hitam lebih cepat. Beberapa faktor utama penyebab flek hitam di wajah diantaranya:

flek hitam di wajah

1. Sinar matahari langsung: Penyebab utama munculnya flek hitam di wajah adalah sinar matahari yang mengenai kulit secara langsung. Untuk itu sebaiknya gunakan tabir surya saat bepergian ditempat terbuka seperti pantai untuk menghindari sengatan matahari secara langsung. Bintik hitam ini lebih mudah kita temukan pada orang-orang yang berusia di atas 50 tahun.


2. Polusi udara: Bagi mereka yang tinggal di kota-kota besar dengan tingkat polusi yang tinggi akan sangat rentan mengalami flek hitam. Hal ini dikarenakan polusi udara bisa merusak kulit. Sel di dalam tubuh kita akan memproduksi antioksidan kemudian melepaskan melanin guna menangkal zat-zat berbahaya yang berpotensi merusak kulit. Sehingga dengan adanya polusi udara akan membuat sel di dalam tubuh akan bekerja ekstra dalam memproduksi melanin tersebut.


3. Parfum: Tanpa kita sadari ternyata parfum yang kita pakai dapat memicu munculnya flek hitam di kulit. Hal ini disebabkan kebanyakan parfum yang kita pakai mengandung photosensitizer diaman zat ini dapat membuat kulit lebih rentan mengalami flek hitam saat terkena sinar matahari langsung. 


4. Bekas jerawat: Jerawat selain sangat mengganggu penampilan juga meninggalkan bekas yang berupa flek hitam. Sebenarnya selain jerawat luka atau inflamasi yang terjadi pada kulit dapat meninggalkan noda hitam.  

Cara menghilangkan flek hitam dengan laser


Prosedur ini ditempuh jika anda membutuhkan cara menghilangkan flek hitam yang cepat dan praktis. Meskipun bisa memberikan hasil yang baik dan tergolong cepat prosedur laser untuk kulit memiliki beberapa kekurangan. Secara umum, ada dua jenis terapi sinar laser yang digunakan untuk menghilangkan flek hitam dan masalah kulit lainnya. Pertama adalah metode Intense Pulsed Light atau IPL dan yang kedua, sinar laser itu sendiri.


Meskipun berbeda, prinsip kerja keduanya hampir sama yaitu menghilangkan pigmen yang tidak dinginkan seperti flek hitam. Tetapi berbeda dengan IPL yang bekerja degan memancarkan beberapa gelombang cahaya, laser biasa hanya memancarkan cahaya tunggal. Pada dasarnya setiap perawatan laser memiliki efek samping yang hampir sama yaitu kulit menjadi sangat sensitif terhadap sinar matahai untuk sementara waktu. Bahkan setelah melakukan perawatan laser kulit biasanya juga akan sedikit memerah. Tentu hal ini sangatlah wajar dan anda tidak perlu khawatir selama anda memilih klinik kecantikan yang sudah profesional.


Cara menghilangkan flek hitam dengan chemical peeling


Jika anda tidak memiliki cukup biaya untuk menghilangkan flek hitam dengan prosedur laser anda bisa menggunakan chemical peeling. Chemical peeling bekerja dengan menggunakan cairan kimia khusus yang diterapkan ke kulit wajah untuk mengelupaskan kulit bagian luar. Tentu dengan pengelupasan ini maka kulit akan menciptakan kulit baru yang lebih bersih dan terbebas dari flek hitam. Perlu diperhatikan jika anda ingin menghilangkan flek hitam dengan cara ini usahakan untuk memilih klinik kecantikan yang sudah terpercaya dengan dokter spesialis yang sudah mumpuni dibidangnya. Karena penggunaan bahan kimia pada kulit bisa berbahaya jika dilakukan dengan prosedur yang salah. 


Cara menghilangkan flek hitam dengan bahan alami


Menggunakan bahan alami untuk menghilangkan flek hitam bisa dijadikan pilihan yang aman dan pastinya murah. Tetapi seperti yang sudah disinggung di atas menghilangkan flek hitam dengan cara ini membutuhkan waktu yang relatif lama sehingga anda harus bersabar.


Salah satu bahan yang paling populer untuk menghilangkan flek hitam adalah buah lemon. Lemon memang mengandung banyak sekali nutrisi penting yang sangat baik untuk kesehatan kulit seperti vitamin C. Vitamin ini dipercaya dapat mencerahkan kuit secara alami sehingga dapat menyamarkan flek hitam di wajah. Cara menggunakan buah lemon: iris lemon menjadi dua bagian, setelah itu ambil airnya dan terapkan pada kulit wajah. Diamkan sekitar 15 menit setelah itu bersihkan dengan air. Cara ini harus dilakukan dengan rutin untuk mendapatkan hasil maksimal.  

image by: humannhealth.com

Tags

About The Author

Imam Fahrudin 14
Pensil

Imam Fahrudin

belajar menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel