Tingkatkan Metabolisme Untuk Menurunkan Berat Badan

29 Aug 2016 21:44 1884 Hits 0 Comments

Menurunkan berat badan sebenarnya gampang, asal kita mengerti tubuh kita.

Baiklah Fikri tulis ini dulu untuk sekarang, semoga kawan-kawan semangat untuk menjalani pola hidup sehat yaa, tunggu tulisan Fikri selanjutnya yaa.

     Masih berhubungan dengan tulisan Fikri kemarin perihal diet yaitu mengatur pola makan, sekarang Fikri bakal terangin kenapa sih kita harus mengatur pola makan buat nurunin berat badan.

Kuncinya adalah 'Metabolisme Tubuh', fungsi secara umumnya adalah membakar kalori dalam tubuh untuk diubah menjadi energi, jadi semakin tinggi metabolisme tubuh kita maka semakin banyak pula kalori yang dibakar dan kemudian diolah menjadi energi, dan sudah tentu dengan banyaknya kalori yang dibakar tentu semakin membantu kita dalam proses penurunan berat badan. Hal ini juga perlu diperhatikan kenapa sebelumnya Fikri menulis kita cuma butuh sedikit karbohidrat (mindset kita pada umumnya karbo = nasi = energi) yaa, kita hanya butuh sedikit konsumsi nasi, karena energi tidak hanya didapat dari nasi aja tapi bisa kita dapetin juga dengan memanfaatkan cerdasnya tubuh kita yaitu dengan meningkatkan metabolisme tubuh.

     Cara kerjanya secara sederhana, metabolisme tubuh akan melambat apabila kita memasukkan makanan dalam jarak waktu yang lama, misalnya kita sarapan di pagi hari jam 7 pagi, lalu kita makan lagi pas siang menjelang sore sekitar jam 3, dan terakhir di tutup makan malam diatas jam 7 malam. Yang terjadi adalah metabolisme tubuh kita akan melambat karena mereka akan membakar kalori kita sedikit demi sedikit yang kemudian dijadikan sebagai energi, mengapa begitu? karena tubuh kita sangat cerdas, ketika kita hanya makan sedikit dan dalam jangka waktu yang lama, tubuh akan mengaktifkan survival mode yang artinya tubuh akan mencoba mempertahankan kalori untuk dijadikan energi dengan pengelolaan yang lambat, maka dari itu metabolisme pun melambat yang artinya pembakaran kalori kita hanya sedikit dan sudah tentu akan mempersulit proses penurunan berat badan kita, hal ini pula yang membuat orang-orang mengeluh lemas,letih,lesu saat diet. Karena dietnya salah yaitu makan hanya sedikit mungkin bahkan ada yang makan cuma 1 atau 2 kali sehari, sudah tentu metabolisme melambat sehinnga energi tidak bertambah karena tidak ada kalori yang di bakar untuk menciptakan energi tadi.

Jadi yang perlu kita lakukan adalah makan sesering mungkin, usahakan makan minimal 5 kali sehari, sudah tentu dengan porsi dan menu yang sesuai seperti yang Fikri tulis di artikel sebelumnya yang membahas tentang diet dan menu-menunya. dengan kita makan 5 kali sehari atau bahkan lebih tentu tubuh kita akan merespon dengan cara meningkatkan metabolisme tubuh yang mana akan membakar kalori lebih banyak, karena tubuh kita sadar bahwa supply makanan akan sering datang untuk kemudian diubah menjadi energi tambahan.

Tags

About The Author

Fikri Ardian 28
Novice

Fikri Ardian

Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang. Healthy lifestyle & Gym addict
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel