Inilah ciri-ciri Modus Penipuan Lowongan Kerja

12 May 2016 13:29 141541 Hits 0 Comments
Mungkin Sahabat, Teman, Keluarga, bahkan anda sendiri hampir pernah tertipu oleh sebuah iklan lowongan kerja atau situs loker yang sudah terkenal seperti TROVIT dll, nah agar tidak tertipu simak ulasan berikut ini.

Zaman modern ini sudah banyak sekali peristiwa penipuan dimana-mana baik dalam bidang ekonomi, politik, agama, bahkan percintaan sekalipun. Tapi kali ini saya akan mengulas tentang penipuan di bidang ekonomi atau bisa disebut lowongan pekerjaan, pada zaman modern ini sebenarnya banyak sekali pekerjaan dan sangat beragam, tapi semakin berkembangnya jumlah penduduk yang sangat pesat, perkembangan lowongan pekerjaan juga semakin sulit dicari karena besarnya penduduk Indonesia apalagi kota Metropolitan seperti DKI jakarta, semakin kesini semakin sulit pula untuk mencari pekerjaan karena persaingan pada zaman modern ini sudah sangat ketat, bahkan lulusan diploma atau sarjana pun masih susah untuk mendapatkan pekerjaan, karena itu banyak orang yang mencari jalan pintas untuk mencari pekerjaan lewat internet atau iklan-iklan di loker, trovir, jobstreet, dll. Tapi semakin gampang kita mencari pekerjaan, semakin gampang pula penipu melakukan penipuan dan modus lowongan pekerjaan yang diiming-imingi gajih yang besar, setelah itu sebelum bekerja kita mungkin pernah mengalami peristiwa dimana saat kita ingin melakukan training kita harus membayar biaya training terlebih dahulu, saat kita selesai membayar mungkin perusahaan tersebut tiba-tiba menghilang entah kemana. Nah oleh karena itu saya akan memberikan Ciri Ciri Penipuan Lowongan Kerja agar teman-teman tidak tertipu. Mari kita simak dibawah ini.

BACA JUGA :

 

CIRI CIRI PENIPUAN LOWONGAN KERJA

Mungkin Sahabat, Teman, Keluarga, bahkan anda sendiri hampir pernah tertipu oleh sebuah iklan lowongan kerja atau situs loker yang sudah terkenal seperti TROVIT dll, maka dari itu saya akan mengingatkan beberapa hal tentang ciri ciri penipuan lowongan kerja yang saya ringkas ke dalam beberapa jenis. simak baik baik yaa !

1, Email Palsu
Ciri Ciri Penipuan lowongan kerja yang pertama adalah Email palsu, banyak kasus email palsu untuk menjaring para calon korban pelamar pekerjaan, mereka sengaja membeli beberapa domain yang sangat mirip untuk menipu para calon korban, tetapi masih ada pula penipu yang mengatasnamakan perusahaan dengan memakai e-mail gratisan. yang perlu kalian hindari bila kalian ingin melamar pekerjaan dengan menggunakan via email

Hindari Email yang menggunakan Yahoo untuk Iklan Lowongan Kerja yang mengatasnamakan perusahaan. contoh : @yahoo.com, @ymail.com
Hindari Email yang menggunakan Google untuk iklan lowongan kerja yang mengatasnamakan perusahaan. contoh @gmail.com
Hindari Email yang menggunakan Akun Microsoft untuk iklan lowongan kerja yang mengatasnamakan perusahaan. contoh @live.com, @hotmail.com, @outlook.com
Bila iklan lowongan kerja tersebut menggunakan email @domain.com, anda bisa cari kebenaran dari situs tersebut
Note : Untuk nomor 4, anda bisa mencari dari website perusahaan tersebut, karena tidak banyak juga penipu mengeluarkan uang untuk biaya sewa domain. bisa kalian bedakan antara @astra.com dengan @astra.co.id. Maka dari itu SELALU CEK WEBSITE YANG ADA DI EMAIL TERSEBUT.

2. SMS 
Ciri Ciri Penipuan Lowongan Kerja yang kedua adalah menggunakan SMS, banyak kasus yang terjadi di dalam penipuan lowongan kerja ini menggunakan sms untuk memperdaya si korban pelamar pekerjaan. kalian bisa lihat iklan lowongan tersebut di beda website ya, karena website lowongan kerja terbaru ini tidak pernah melakukan penipuan apapun, karena informasi di website ini selalu akurat dan terjamin. kita lanjutkan kembali. yang perlu kalian hindari untuk melamar pekerjaan di kasus ini adalah
Hindari Mengirim SMS ke nomor apapun yang ada di dalam website tersebut, karena tidak ada perusahaan apapun yang menerima pelamar pekerjaan hanya menggunakan SMS contoh #hrd#operator produksi#21 tahun # kirim ke 123456 dengan HRD Abal abal
Bila anda menerima sms tentang penerimaan lowongan kerja, Pikirkan terlebih dahulu, dalam beberapa minggu atau Bulan kebelakang apakah anda melamar pekerjaan di perusahaan tersebut ?
Cek Validasi konta Perusahaan dengan Email ke Perusahaan untuk mempertanyakan keaslian SMS tersebut.

3. BIAYA
Ciri Ciri Penipuan Lowongan Kerja yang ketiga adalah BIAYA, ada beberapa kasus korban penipuan diiming-imingi untuk masuk kedalam Perusahaan tersebut dengan menggunakan biaya administrasi, tidak ada satupun perusahaan yang menggunakan biaya administrasi untuk masuk sebagai Pekerja kedalam perusahaan tersebut,

 

4. LOGO PERUSAHAAN

Penipuan dengan modus ini seringkali menempatkan logo tambahan selain logo perusahaan,  dan biasanya merupakan instansi yang tidak berhubungan. Misalnya, logo perusahaan kesehatan disandingkan dengan logo kementerian kesehatan atau bahkan perusahaan yang tidak dikenal.

 

5. LOKASI TEST ATAU INTERVIEW

Ada baiknya pelamar mengecek terlebih dahulu lokasi wawancara di Google atau website resmi perusahaan, untuk memastikan alamat sesuai dengan kantor pusat atau cabang perusahaan tersebut. Seringkali penipu mengatasnamakan lokasi penempatan kerja, sehingga pelamar diwajibkan untuk datang ke kota tertentu yang jauh dari domisilinya atau bahkan tidak sesuai dengan kota penempatan yang dilamar.

 

6. CONTACT PERSON ATAU HRD

Bagian HRD dari sebuah perusahaan resmi dapat ditemukan identitasnya pada website resmi perusahaan. Selain melalui website, pelamar dapat menemukan identitas kebenarannya melalui LinkedIn atau Google.

 

Semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat, dan jangan lupa sering seringlah mampir ke Plimbi, karena di Plimbi Menerbitkan semua informasi yang kalian butuhkan. terima kasih sampai jumpa di postingan berikutnya "Good Luck."

About The Author

BURHANUDIN 51
Bolpoint

BURHANUDIN

Prioritas menjadi lebih baik dari kemarin :D umur 18 tahun. myblog : fixud.blogspot.co.id

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel