Anda Mudik Menggunakan Motor? Jangan Lupakan Peralatan Ini

13 Jul 2015 12:06 2277 Hits 0 Comments
Mudik adalah ritual wajib yang dilakukan sebagian besar warga Indonesia guna menyambut hari raya Idul Fiti. Seperti kita tahu, Hari Raya Idul Fitri hanya tinggal menghitung hari saja, bagi anda yang mudik menggunakan sepeda motor, harap berhati-hati dan jangan anda lupakan untuk membawa perlengkapan ini agar mudik anda menjadi aman, nyaman dan menyenangkan.

Mudik adalah ritual wajib yang dilakukan sebagian besar warga Indonesia guna menyambut hari raya Idul Fiti. Seperti kita tahu, Hari Raya Idul Fitri hanya tinggal menghitung hari saja, bagi anda yang mudik menggunakan sepeda motor, harap berhati-hati dan jangan anda lupakan untuk membawa perlengkapan ini agar mudik anda menjadi aman, nyaman dan menyenangkan.

Masker
Panjangnya perjalanan dengan melewati berbagai kondisi jalan keberadaan masker sangat penting. Melindungi pengendara dari asap dan bau ketika berkendara.

Menggunakan sleyer sebagai pengganti masker tidak disarankan, kecuali terbuat dari material yang baik dan tidak mengganggu pernafasan. Masker disarankan menutup hidung dan leher, karena menahan leher dari angin

Sarung Tangan
Perlengkapan ini sejatinya membantu pengendara dalam urusan handle kendaraan. Licinnya stang kemudi bisa di atasi dengan Kaos tangan. Gunakan kaos tangan yang tidak terkalu kaku bahannya. Bahan dari semi kulit sangat disarankan.

Jaket
Pilihlah jaket yang pas untuk ukuran badan, tidak terlalu longgar dan ketat. Jaket kulit sangat disarankan, karena lebih tahan untuk melindungi dari benturan.

Jaket dari bahan kain perlu memperhatikan ketebalan dan bahan. Jaket yang baik adalah jaket yang menutupi badan pengendara, termasuk lengan dan leher. Bila perlu, bisa memilih jaket yang waterproof.

Sepatu dan Kaos Kaki
Sangat disarankan, ketika hendak mudik memakai sepatu dan kaos kaki. Selain nyaman, pengendara akan terlindungi ketika terjadi benturan keras.

Tas bagpack dan Traveling
Disarankan bila banyak membawa barang gunakan jasa kurir. Bagpack disarankan sebagai tempat menaruh barang yang penting ketika perjalanan. Ketika harus menggunakan tas traveling, usahakan terikat kencang dan tidak mudah jatuh.

Perhatikan juga tali tas, jangan sampai terurai resiko masuk ke dalam roda atau rantai. Apabila memakai motor matic, silahkan di taruh di depan. Untuk motor type cub boleh di depan, dengan di ikat yang kencang dan tidak boleh melebihi tinggi stang kemudi. Bisa juga membawa Travel Pouches untuk menyiman barang yang sering dipakai semisal air dan dompet.

Raincoat atau jashujan
Untuk memudahkan pergerakan dan handling kendaraan ketika hujan lebat, pilihlah raincoat yang modelnya baju. Untuk model jubah tidak disarankan. Cek kembali keadaan raincoat, apakah masih bisa melindungi dari hujan atau sudah bocor.

Memilih raincoat tidak hanya pas ukuran saja, pilih warna yang cerah akan memudahkan pengendara lain memperhatikan laju kendaraan kita, dan membuat lebih waspada.

Cover Bag
Biasanya alat ini senantiasa tersedia dalam tas anda. Untuk tas backpack ataupun tas traveling, cover Bag harusnya sudah tersedia. Namun jika anda belum memilikinya, anda bisa mendapatkan barang ini dengan cukup mudah di berbagai toko outdoor.

Demikian beberapa peralatan yang hendaknya anda bawa ketika anda pergi mudik menggunakan sepeda motor. Tetap berhati-hati dan istirahatlah yang rutin di berbagai posko mudik ataupu rest area yang disediakan. Semoga mudik anda aman dan menyenangkan. (Rie)

Tags

About The Author

Juanda san 54
Expert

Juanda san

Writer and blogger

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel