Lakukan Ini Ketika Membeli Iphone Bekas

6 Jul 2015 12:34 4260 Hits 2 Comments
Smartphone berlogo buah apel di bagian belakangnya ini memang memiliki daya tarik yang kuat di mata para pecinta gadget. Dengan  dibekali material dan desain yang stylish serta performa yang manawan, Iphone memang menjadi pilihan tepat bagi anda para pecinta gadget.

Ya, smartphone berlogo buah apel di bagian belakangnya ini memang memiliki daya tarik yang kuat di mata para pecinta gadget. Dengan  dibekali material dan desain yang stylish serta performa yang manawan, Iphone memang menjadi pilihan tepat bagi anda para pecinta gadget.

Anda mungkin merasa bosan dengan ponsel Android Anda dan berencana untuk “hijrah” ke iPhone. Yang jadi masalah, smartphone besutan Apple itu tidak dijual dengan harga yang murah. Anda harus merohoh kocek yang dalam untuk membeli iPhone baru. Namun, Anda masih punya jalur alternatif yang cukup aman untuk dompet Anda yaitu dengan membeli iPhone bekas.

Bagi Anda yang sedang berhemat, membeli iPhone bekas adalah ide bagus. iPhone biasanya memiliki usia yang lebih lama dibanding ponsel Android dan Apple akan terus merilis pembaruan software untuk iPhone setiap 2-3 tahun.

Namun, perlu dicatat bahwa pasar iPhone bekas itu begitu besar dan Anda memiliki risiko ditipu penjual. Jika Anda ingin memastikan bahwa iPhone bekas yang Anda beli itu asli dan bukan barang curian, perhatikan hal-hal berikut ini:

Periksa nomor IMEI pada bodi dan software
Ada saja kemungkinan bahwa bodi iPhone bekas yang Anda beli pernah diganti. Penggantian bodi dilakukan karena berbagai alasan, misalnya jatuh ke dalam air atau karena jatuh menghantam permukaan keras sehingga bodi rusak dan harus diganti. Apa pun itu, Anda tidak pernah tahu apa yang terjadi kepada iPhone bekas tersebut. Sebaliknya, meskipun luaran iPhone terlihat baru dan mulus, jeroannya mengisahkan lain cerita.

Untuk itu, cocokkan nomor IMEI yang tertera pada bagian belakang perangkat dan yang ada di dalam software (dapat dilihat di Settings > General > About).

Periksa Activation Lock
Ketika iOS 7 hadir, Apple telah menyempurnakan sistem Lakukan Ini Ketika Membeli Iphone Bekas keamanan OS-nya tersebut salah satu alasannya adalah untuk mengurangi peredaran iPhone curian.

Jika fitur Find My iPhone pada iPhone bekas yang Anda beli berada dalam keadaan aktif dan masih terhubung dengan Apple ID pemilik sebelumnya, Anda tidak dapat melakukan apa-apa dengan iPhone tersebut. Anda tidak dapat memasukkan Apple ID Anda atau me-reset perangkat tanpa password pemilik sebelumnya.

Ada dua kemungkinan: pemilik sebelumnya lupa mematikan Activation Lock atau iPhone bekas itu adalah barang curian. Apapun kemungkinannya, iPhone tersebut tidak berguna bagi Anda.

Anda dapat melakukan dua hal agar hal ini tidak terjadi kepada Anda. Pertama, Anda dapat pergi ke Settings > iCloud dan matikan “Find my iPhone.” Jika Anda tidak dapat mengakses perangkat, kunjungi situs Activation Lock Apple dan masukkan nomor IMEI. Dengan ini, Anda dapat mengetahui apakah fitur Find my iPhone pada iPhone bekas tersebut aktif atau tidak.(Rie)

Tags

About The Author

Juanda san 54
Expert

Juanda san

Writer and blogger
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel