Lakukan ini Ketika Smartphone Anda Terkena Air

26 Jun 2015 13:27 3594 Hits 0 Comments
Smartphone memang sangat rentan terhadap air. Bagaimana tidak, banyak material elektronik yang terkandung di dalamnya. Meskipun saaat ini ada beberapa smartphone yang tahan terhadap air, namun hal ini masih menjadi momok bagi smarrtphone lain

JAKARTA, Plimbi - Air seakan menjadi momok bagi berbagai macam barang elektronik. Tak terkecuali smartphone, meskipun beberapa smartphone premium dihadirkan agar bisa tahan terhadap air. Namun bagi sebagian besar smartphone belum mengadopsi hal tersebut dikarenakan materialnya tidak lah murah dan sesuai dengan budget dari masing-masing vendor.

Beberapa aksesoris pendukung smartphone sebenarnya menyediakan case underwater , namun hal ini juga tidak memecahkan masalah yang terjadi. Karena casing tersebut hanya mampu bertahan di dalam air pada kedalaman dan durasi tertenu saja.

Jika smartphone anda tercelup kedalam air, berikut beberapa tips yang bisa di lakukan sebagai pertolongan pertama pada smartphone anda.

 

1. Jauhkan atau angkat gadget Anda dari air secepat mungkin
Ini adalah hal yang paling krusial. Ketika smartphone anda tercelup kedalam air, usahakan untuk menarik gadget anda dan menjauhkan nya dari dalam air. Walaupun terlihat rapat, namun air mampu masuk ke bagian dalam smartphone anda dalam hitungan detik.

 

2. Matikan Ponsel dan Cabut Baterai
untuk anda yang memiliki smartphone yang menggunakan baterai terpisah. Segerakanlah cabut baterai smartphone anda. Sebelum itu tentu nya matikan dulu daya pada smartphone anda, seperti kita tahu, arus lisrik yang ada pada smartphone yang terkena air dapat mengakibatkan konsleting dan dapat merusak smartphone anda dalam seketika.
 

3. Keringkan bagian luar dan dalam
Setelah memastikan tidak ada lagi listrik yang mengalir di gadget Anda dengan mencabut baterainya, langkah selanjutnya adalah mengeringkan bagian luar dan dalam. Caranya cukup mudah, gunakan lap kering dan singkirkan air yang berada di bagian luar bodi. Untuk bagian dalamnya, Anda dapat membongkar gadget Anda dan memulai mengeringkan sisa air yang ada di dalamnya. Jika Anda tidak bisa membongkarnya, metode selanjutnya adalah metode alternatif lain untuk mengeringkan bagian dalam tanpa harus membongkar bagian dalamnya.

4. Rendam gadget dengan serbuk silika atau beras
Jika Anda tak bisa membongkar bagian dalam gadget Anda, coba rendam dengan serbuk silika. Serbuk silika dapat ditemukan di berbagai peralatan rumah tangga atau sepatu, dan biasanya dibungkus dengan tulisan "jangan dimakan". Jika tidak memiiki bubuk silika, Anda masih bisa mengunakan beras untuk menyerap air yang ada di dalam bodi gadget Anda. Meskipun tidak seampuh bubuh silika, namun metode menggunakan beras masih cukup dapat diandalkan.


Demikianlah beberapa hal darurat yang perlu anda lakukan ketika smartphone anda terkena air. Pada dasarnya hal ini adalah pertolongan pertama, jika hal ini masih belum bisa membantu, segeralah menghubungi service center smartphone anda.(rie)  

Tags

About The Author

Juanda san 54
Expert

Juanda san

Writer and blogger
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel