Tips Handphone Android - Menjalankan Fitur WiFi, Bluetooth, dan Profile dengan Otomatis

21 Dec 2012 11:30 3202 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Memiliki perangkat Android dapat membuat hidup menjadi mudah. Ketika Anda tersesat di suatu tempat, Anda dapat mencari jalan yang benar. Ketika Anda berada di suatu lokasi dan menginginkan tempat yang menyenangkan, Anda bisa mendapatkan info secara cepat.

Memiliki perangkat Android dapat membuat hidup menjadi mudah. Ketika Anda tersesat di suatu tempat, Anda dapat mencari jalan yang benar. Ketika Anda berada di suatu lokasi dan menginginkan tempat yang menyenangkan, Anda bisa mendapatkan info secara cepat. Dengan berbagai kemampuan dan kemudahan, terkadang kita masing merasa kurang dengan fungsi yang diberikan oleh smartphone atau tablet Android yang kita miliki. Walaupun Android merupakan sistem operasi yang mudah digunakan, ada-ada saja yang diinginkan pengguna melalui perangkat Androidnya. Misalnya, saat di suatu tempat memiliki wi-fi, Anda akan menggunakannya sehingga akan menghemat penggunaan data. Di lain pihak, jika Anda berada disuatu tempat yang tidak memiliki wi-fi, Anda akan menon-aktifkan wi-fi untuk menghemat penggunaan baterai. Di sini, pengguna menginginkan sesuatu yang lebih praktis, padahal Android merupakan sistem operasi yang bisa dikatakan praktis.

Jika Anda menginginkan sesuatu yang lebih praktis dalam pemakaian fitur Android, Anda dapat mengelola perangkat Android Anda agar bertindak serba otomatis. Dengan menggunakan sistem otomatis pada fitur Android, akan menghemat waktu Anda dalam hal setting, dan juga menghindarkan Anda supaya tidak terlewat pada pengaturan fitur Android, ikuti tips handphone Android berikut ini:

1. Wi-fi

Cara terbaik agar otomatis melakukan koneksi wi-fi pada perangkat Android Anda adalah dengan menggunakan aplikasi Wi-Fi Automatic. Aplikasi ini memiliki konsep yang sederhana, namun jika Anda telah menggunakannya, Anda akan mengetahui bahwa Wi-fi Automatic adalah solusi yang tepat. Misalnya jika di rumah Anda terdapat jaringan wi-fi, Anda akan menggunakannya saat berada di posisi perangkat Android Anda sedang dalam keadaan dicharge karena wi-fi menyerap penggunaan baterai dengan cepat. Wi-fi Automatic akan memonitor daya baterai dan ketika Anda melakukan charge, Wi-fi Automatic akan mengaktifkan fitur wi-fi di perangkat Android Anda. Anda juga dapat mengatur aplikasi ini dalam mengaktifkan fungsi otomatis. Solusi ini akan bermanfaat bagi Anda, karena Anda tidak perlu khawatir dengan penggunaan baterai saat Anda sedang menggunakan wi-fi, dan Anda tidak perlu repot untuk berkali-kali melakukan setting. Wi-fi Automatic dapat diunduh secara gratis di sini.

2. Bluetooth

Bluetooth adalah fitur Android yang dapat memberikan Anda kemudahan dalam berbagi file dan penghubung dengan perangkat bluetooth lainnya. Metode yang bisa Anda gunakan dalam mengotomatiskan fitur Android berupa koneksi bluetooth adalah melalui aplikasi Automatic Bluetooth Toggle. Aplikasi ini sangat fleksibel, dan dapat mengaktifkan dan menonaktifkan bluetooth tergantung kepada saat apa Anda ingin untuk menggunakannya pada perangkat Android, seperti ketika melakukan charge, atau saat sedang menggunakan headset Bluetooth. Sebelum memulai layanan bluetooth otomatis, pergi ke setting aplikasi dan atur apa yang ingin Anda lakukan dalam mengotomatiskan bluetooth. Misalnya, anda ingin mengaktifkan bluetoth hanya ketika Anda sedang melakukan charge.

Fitur menarik yang ada pada Automatic Bluetooth Toggle adalah kemampuan untuk melakukan scanning secara reguler pada area yang terkoneksi dengan perangkat Android Anda, dan otomatis mengaktifkan bluetooth ketika mendeteksi bluetooth dari perangkat lain. Sebagai contoh, jika Anda memiliki tablet dan smartphone Android, Anda dapat otomatis melakukan proses penghubungan ketika sedang dicharge. Tablet akan secara reguler melakukan scanning area untuk koneksi bluetooth smartphone setiap 30 menit. Dengan aplikasi ini, Anda tidak perlu pergi ke menu setting Android untuk membuat koneksi, karena segala prosesnya sekarang berjalan secara otomatis. Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis di sini.

3. Profile

Satu aplikasi yang dapat mengatur fitur Android agar profile menjadi otomatis pada perangkat Android adalah Automatic Profiles. Aplikasi ini memang sederhana, tapi akan bermanfaat bagi Anda. Anda dapat mengatur waktu dan lokasi profile secara spesifik kepada fitur Android seperti ring mode, wi-fi, bluetooth dan panggilan telepon. Misalnya jika Anda tidak suka untuk mengaktifkan GPS, Anda dapat menggunakan penjadwalan dan membuat profile berdasarkan waktu, tetapi selain itu Anda juga dapat membuat profile menggunakan koordinat GPS yang pasti. Contoh lain, Anda dapat menggunakan aplikasi ini untuk melakukan kontrol apakah Anda ingin smartphone Android berada pada mode vibrate ataupun mode ringtone. Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis di sini. [DEAS]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel