Marcelino Lefrandt Bicara Tentang Superhero Baru Volt dan Komik Digital

19 Aug 2012 15:00 7264 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Tahun 2012 sepertinya menjadi tahun untuk para superhero. Dengan pencapaian yang fantastis 3 judul film bertemakan superhero seperti The Avenger, The Amazing Spider-Man dan kemudian disusul The Dark Knight Rises berhasil meraup perhatian masyarakat di seluruh penjuru dunia. Tetapi ternyata Indonesia pun tidak mau kalah, tahun Indonesia akan memiliki superhero baru bernama Volt.

Tahun 2012 sepertinya menjadi tahun untuk para superhero. Dengan pencapaian yang fantastis 3 judul film bertemakan superhero seperti The Avenger, The Amazing Spider-Man dan kemudian disusul The Dark Knight Rises berhasil meraup perhatian masyarakat di seluruh penjuru dunia. Tetapi ternyata Indonesia pun tidak mau kalah, tahun Indonesia akan memiliki superhero baru bernama Volt.

Lalu apa dan siapa sebenarnya Volt ini sebenarnya? Maka nama Marcelino Lefrandt muncul ke permukaan, Aktor yang nama dan aktingnya sudah sering muncul di layar kaca menjadi kreator yang bertanggung jawab untuk lahirnya buku komik bertemakan tokoh superhero asli Indonesia bernama Volt.

"Volt adalah sebuah manifestasi Kekuatan Bantuan dewa yg di turunkan ke bumi oleh para dewa untuk membantu manusia ribuan tahun lalu, namun tanpa sengaja di "hidupkan" oleh seorang bocah cerdas bernama Ruben karena kebetulan jiwa bocah ini sedang berada dalam bahaya. Dan kenapa wujud dari bantuan dewa tadi berwujud superhero dikarenakan bocah ini senang membuat komik superheronya sendiri karena keseharian Ruben yang kesepian dan kurang mendapat perhatian dari orang tuanya” kata Marcelino Lefrandt, sang pembuat karakter Volt. Awalnya ide untuk membuat superhero ala Indonesia, Marcelino Lefrandt mengatakan berasal dari rasa prihatin dirinya dengan anak-anak Indonesia generasi sekarang yang tidak memiliki karakter superhero yang mereka idolakan yang berasal dari negerinya sendiri. Wlaupun sebenarnya ada karakter-karakter superhero zaman bapak atau kakek mereka seperti Gundala Putra petir,

Godam, dan masih banyak lagi tetapi sayangnya para superhero tadi tidak dibuatkan reboot atau dikenalkan pada anak-anak generasi sekarang sehingga tidak terwarisi dengan baik. Hal itu yang membuat Marcelino Lefrandt mendirikan Skylar Picture dan mengajak Aswin Siregar, teman baiknya yang juga seorang komikus untuk menciptakan superhero dengan trend dan semangat anak-anak masa kini.

Dirinya berharap melalui karakter Volt ini dapat mengenalkan kebudayaan Indonesia kepada generasi baru dan juga kepada dunia Internasional bahwa Indonesia juga memiliki tokoh superhero-nya sendiri .

Marcelino Lefrandt juga mengungkapkan rencana ke depannya untuk mempersiapkan beberapa proyek yang berhubungan dengan Volt, diantaranya membuat Volt dalam format animasi, video games, sinetron ataupun layar lebar. Menurutnya tantangannya adalah sejauh mana imajinasi dalam membentuk cerita dari superhero ini dapat dicapai. Lalu bagaimana dengan isu komik digital yang saat ini sering menjadi pembicaraan karena dianggap dapat menyulitkan penjualan komik dalam bentuk fisik. Marcelino Lefrandt berpendapat harus adanya UP DATE rilis secara bersama-sama antara komik fisik dan digital, khususnya di Indonesia. Komik fisik harus lebih dahulu terbit karena hal itu penting untuk mensosialisasikan rasa memiliki. Karena kecenderungan orang Indonesia yang lebi tertarik komik Indonesia dalam format digital dan gratis. Kebiasaan itulah yang membuat komik-komik hasil karya anak negeri belum bisa menjadi tuan rumah di negaranya sendiri.

Penggemar tokoh komik Superman ini juga berpesan agar para pecinta komik di Indonesia untuk terus mendukung perkembangan dunia komik dalam negeri dengan cara membeli karya-karya tersebut sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan terhadap komik dalam negeri. Marcelino Lefrandt yang juga anggota dari komunitas pecinta komik yaitu Indonesia US Comic Collector juga memberikan sinyal bahwa Skylar Comic akan menghadirkan superhero-superhero berikutnya. Viva Comic Indonesia. Komik Volt ini akan diterbitkan setiap bulan dengan 10 seri awal yang menceritakan latar belakang lahirnya superhero VOLT. [RR] 

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel