Comic Life - Aplikasi Komik Menggunakan Foto untuk Perangkat iPad

6 Feb 2012 16:52 5644 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Anda seorang penggemar berat komik dan menggunakan produk keluaran Apple untuk melakukan banyak hal secara *mobile*? Kali ini Paseban akan mengulas aplikasi komik untuk perangkat iPad. Namun aplikasi komik satu ini bukan benar-benar secara grafis membuat animasi selayaknya komik biasa.

Anda seorang penggemar berat komik dan menggunakan produk keluaran Apple untuk melakukan banyak hal secara mobile? Kali ini Paseban akan mengulas aplikasi komik untuk perangkat iPad. Namun aplikasi komik satu ini bukan benar-benar secara grafis membuat animasi selayaknya komik biasa.

Begitu banyak aplikasi pengolahan foto yang sekarang beredar di pasaran. Seringkali fitur yang mereka sajikan tampak serupa dengan aplikasi pengolah foto lainnya. Tapi, kali ini ada aplikasi pengolahan foto dapat hadir dalam bentuk seperti komik. Aplikasi tersebut bernama Comic Life. Dengan menggunakan aplikasi komik ini, Anda dapat memasukkan foto atau merancang berbagai macam template untuk komik. Kemudian seperti pada umumnya yang terdapat pada halaman komik, Anda dapat memasukkan gelembung teks dan menyimpannya.

Uniknya, aplikasi ini dapat dengan mudah digunakan untuk merangkai foto-foto Anda menjadi sebuah cerita. Aplikasi komik Comic Life, memiliki tampilan antara muka yang menarik. Tampilan Comic Life terlihat menarik karena kehadiran bar bermotif kayu di atas dan bawah layar. Selain itu, Comic Life dapat digunakan dengan cara multi-touch dan memungkinkan Anda untuk memeriksa detail pada komik yang hendak dibuat.

Cara penggunaanya pun cukup mudah. Anda dapat memilih desain komik, memasukkan foto, mengedit teks dan menyusunnya sesuai dengan keinginan Anda. Berikut proses yang dapat Anda tempuh di aplikasi komik ini.

Templates

Ada berbagai macam pilihan templates yang aplikasi ini sediakan, masing-masing memiliki banyak desain berbeda. Comic Life telah dilengkapi desain template mulai dari komik klasik hingga desain komik kekinian. Anda dapat langsung memilihnya dan melakukan penyusunan sesuai selera.

Basic Editing

Pada bagian bawah templates, Anda dapat memasukkan gelembung teks untuk pembicaraan.

Memasukkan Bentuk

Klik pada ikon gambar di bagian atas layar untuk mendapatkan pilihan bentuk komik yang hendak Anda pilih. Comic Life tidak menyediakan terlalu banyak bentuk komik yang dapat digunakan. Tapi, Anda dapat merancang sendiri dan menggunakannya.

Templates Alternatif

Anda dapat menggunkan template lain yang dapat disesuikan dengan tema, atau mengikuti standar layout komik pada umumnya.

Pengaturan Dokumen

Masuk ke menu Setting untuk melakukan pengaturan dokumen. Anda akan mendapatkan semacam blueprint rancangan komik, dimana pada menu tersebut Anda dapat melakukan pengaturan ukuran dan orientasi kertas.

Memasukkan Foto

Tekan ikom gambar di photo albums iPad Anda atau apabila Anda ingin mengetahui kemana gambar tersebut berada, tekan ikon frame saja. Setelah itu, Anda dapat mengatur ulang ukuran foto, memindahkannya, dan memutarnya sesuai keinginan.

Gelembung Teks

Selayaknya pada komik biasa, gelembung teks tentunya hal yang tak mungkin ditinggalkan. Ada dapat zoom ke beberapa area komik lalu memasukkan gelembung teks dan mengatur ukurannya.

Menambahkan Halaman Komik

Aplikasi komik ini memungkinkan Anda untuk membuat komik menjadi beberapa halaman. Jika Anda memiliki koleksi foto yang dapat dijadikan sebuah rangkaian cerita, tentunya fitur ini sangat berguna.

Mengubah Gaya Komik

Setelah melakukan banyak pengaturan komik, Anda pun dapat menambah gaya komik buatan Anda sendiri. Aplikasi Comic Life memungkinkan Anda menggunakan beberapa gaya seperti black & white pada komik klasik.

Bagi Anda para pengguna iPad dan bosan memakai aplikasi foto yang cenderung serupa dengan aplikasi lainnya, Comic Life dapat menjadi pilihan menyenangkan. Selain foto, Anda pun dapat memasukkan video ke dalam rancangan komik dan membagikannya secara online. Untuk memilikinya, Anda dapat mengunduh Comic Life seharga $ 4.99 di iTunes. [MS]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel