Spesifikasi Dua Varian MacBook Pro Baru Berukuran 13 dan 15 Inci

13 Jun 2012 15:30 4270 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Bersamaan dengan pengenalan MacBook Pro with Retina Display di ajang *Worldwide Developer Conference* (WWCD) 2012 di San Fransisco, Amerika Serikat, Apple pun mengenalkan varian MacBook Pro baru lainnya yakni MacBook Pro 13 dan 15 inci.

Bersamaan dengan pengenalan MacBook Pro with Retina Display di ajang Worldwide Developer Conference (WWCD) 2012 di San Fransisco, Amerika Serikat, Apple pun mengenalkan varian MacBook Pro baru lainnya yakni MacBook Pro 13 dan 15 inci. Setiap perangkat tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Dua varian ini memiliki sedikit spesifikasi yang berbeda. MacBook Pro 15 inci dilengkapi dengan prosesor quad-core dari Inter Core i7 berkecepatan 2.3 GHz hingga 2.6 Ghz, dan mendukung kecepatan Turbo Boost hingga 3.6 GHz. Anda dapat melakukan beberapa konfigurasi agar Mac dapat bekerja lebih cepat. Penggunaan prosesor quad core dari Intel Core i7 dengan cache 8MB dan kecepatan maksimal Turbo Boost dapat memberikan kecepatan empat kali lipat.

Sementara untuk MacBook Pro 13 inci, Anda akan mendapatkan kecepatan hingga 2.5 GHz menggunakan Intel Core i5 atau prosesor Intel Core i7 berkecaptan 2.9 GHz. Prosesor tersebut merupakan dual-core prosesor mobile tercepat saat ini. Dengan kemampuan Turbo Boost yang serupa dengan MacBook Pro 15 inci, Notebook ini memiliki spesifikasi prangkat high end yang mumpuni.

Sebagai bagian dari MacBook Pro baru yang diperkenalkan pada ajang WWCD yang lalu, Apple telah mengintegrasikan kedua perangkat ini dengan kemampuan grafis dari NVIDIA GeForce GT 650M dan memori video hingga 1 GB, prosesor grafis ini mampu meningkatkan performa hingga 60 %. MacBook Pro 15 inci dan 13 inci secara otomatis memanfaatkan kemampuan spesifikasinya ini untuk mengakses banyak hal seperti game 3D dan editing video HD.

Hal tersebut berarti Anda akan mendapatkan akses yang lebih nyaman dan mengalir dengan tampilan yang maksimal. Konektivitas dua perangkat MacBook Pro terbaru ini akan didukung dengan teknologi Thunderbolt yang akan memberikan Anda sambungan tersendiri yang tertuju pada DisplayPort dan PCI Express. Dengan dua channel data berkecepatan 10 Gbps, Anda dapat melakukan transfer data hingga 12 kali lebih cepat daripada FireWire 800. Oleh sebab itu Anda dapat mengakses lebih dari satu data dari MacBook Pro Anda dengan kecepatan tinggi.

Kedua MacBook Pro baru ini dapat menjadi media untuk saling berinteraksi dengan teman atau keluarga Anda. Di dalamnya Anda dapat memanfaatkan fitur FaceTime HD Camera yang mampu menampilkan panggilan video berkecepatan 720p HD menggunakan MacBook Pro ke varian Mac lainnya. Andapun dapat membuat panggilan video yang terhubung dengan perangkat mobile seperti iPad, iPhone 4, iPhone 5, iPod Touch dan komputer berbasis Mac lainnya. Untuk melakukan panggilan tersebut, yang Anda butuhkan adalah ID Apple dan alamat email.

Sedangkan untuk mulai memanfaatkan panggilan video ini, Anda cukup mencari daftar orang yang hendak dihubungi di dalam daftar kontak. Di sinilah fitur FaceTime akan bekerja untuk melakukan panggilan. Seperti halnya perangkat mobile, saat seseorang menghubungi Anda, maka akan terdengar nada dering pada setiap perangkat Mac yang Anda gunakan. Oleh sebab itu Anda cukup menerima panggilan tersebut. Fitur FaceTime HD inipun mendukung penggunaan widescreen dengan aspek rasio 16:9.

Anda dapat memanfaatkan fitur gestur multi-touch pada trackpad untuk berinteraksi dengan layar MacBook. Lapisan kaca yang lembut akan memberikan Anda ruang yang cukup luas untuk melakukan gestur tersebut. Selain itu, ada pula fitur konektivitas yang dapat membantu Anda menemukan jaringan internet dengan dukungan teknologi WiFi 802.11 n yang mampu memberikan jangakauan yang mantap.

Selain itu, di dalamnya pun telah terdapat Bluetooth untuk melakukan sambungan data. Untuk dukungan lainnya, MacBook Pro 15 dan 13 ini telah dilengkapi dengan sekitar 8 channel audio dan video agar dapat dengan mudah tersambung dengan perangkat HDMI seperti TV dan home stero. Dua port USB versi 3.0 siap Anda pergunakan untuk mengakses banyak hal sepuluh kali lebih cepat daripada USB versi 2.0. Apabila Anda memiliki perangkat yang masih menggunakan FireWire 800, MacBook Pro 15 dan 13 inci inipun menyediakan port untuknya. Tersedia pula slot kartu SDXC yang dapat mendukung penggunaan kartu hingga 64GB untuk melakukan transfer foto dari MacBook Pro Anda.

Bagi Anda yang ingin mem-backup data-data yang berada di dalam perangkat, Anda dapat memanfaatkan 8x SuperDrive di dalam MacBook Pro ini untuk menyalin dalam DVD tanpa memerlukan waktu yang lama. iCloud pun akan membantu Anda menyimpan seluruh konten dan memungkinkan Anda untuk mengakses data-data seperti musik, foto, kontak, dan dokumen lainnya dari perangkat apapun. Dengan begitu, Anda dapat mengambil gambar menggunakan perangkat iPhone dan memainkan memainkan musik pada perangkat iPad agar dapat diakses melalui fitur iCloud ini.

Seperti halnya sistem operasi yang digunakan pada MacBook Pro with Retina Display, MacBook Pro 15 dan 13 inci telah didukung dengan sistem operasi OS X Lion terbaru. Teknologi ini akan memberikan Anda pengalaman mengakses Notebook dengan kemampuannya yang mumpuni.

Untuk MacBook Pro berukuran 13 inci, ada dua varian harga yang hadir dengan spesifikasi tersendiri. MacBook Pro 13 inci seharga $1,199 Anda akan mendapatkan prosesor dual core 2.5 GHz, memori 4GB, dan media penyimpanan sebesar 500GB. Sedangan untuk harga $1,499 Anda akan mendapatkan prosesor dual core 2.9 GHz, memori 8GB, dan media penyimpanan hingga 750 GB.

Sementara untuk MacBook Pro berukuran 15 inci, pada paket harga $1,799 Anda akan mendapatkan prosesor quad core 2.3 GHz, memori sebesar 4 GB, dan media penyimpanan 500 GB. Pada paket harga $2,199, Anda akan mendapatkan prosesor quad core 2.6 GHz, memori 8GB, dan media penyimpanan hingga 750GB. Hingga saat ini belum ada informasi kapan dua varian MacBook Pro ini akan hadir di pasar Notebook Indonesia. [MS]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel