Adu Ponsel Android Sejutaan, Samsung Galaxy Mini 2 vs Motorola Fire XT

4 Jun 2012 16:00 3449 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Samsung yang dikenal telah memproduksi ponsel pintar dengan kelas *high end* juga menelurkan ponsel Android dengan harga yang terjangkau pula yang diwakili oleh Samsung Galaxy Mini 2.

Dewasa ini, ponsel Android bisa dimiliki siapa saja. Hal ini mematahkan teori bahwa ponsel pintar hanya untuk orang tertentu saja karena harga yang dibanderolnya cukup tinggi. Namun tidak untuk beberapa ponsel Android produksi dari vendor kenamaan yang sengaja memproduksi ponsel Android dengan harga yang terjangkau. Samsung yang dikenal telah memproduksi ponsel pintar dengan kelas high end juga menelurkan ponsel Android dengan harga yang terjangkau pula yang diwakili oleh Samsung Galaxy Mini 2. Sedangkan pabrikan ponsel asal Negeri Paman Sam, Motorola yang selalu mempertahankan gengsi produknya juga menelurkan ponsel dengan harga terjangkau yang bertajuk Motorola Fire XT.

Berdasarkan dari beberapa ponsel Android dengan harga yang terjangkau tersebut, Paseban tertarik untuk membandingkan kedua ponsel yang telah disebutkan sebelumya. Berikut ulasannya.

Dimensi

Jika ditilik dari desain, kedua ponsel ini memiliki desain yang hampir sama. Sama-sama memiliki desain candybar namun dengan sisi membulat disetiap ujungnya. Meskipun memiliki desain yang hampir identik sama, namun kedua ponsel ini memiliki dimensi yang berbeda. Samsung Galaxy Mini 2 memiliki dimensi 109.4 x 58.6 x 11.6 mm dan berat yang mencapai 105.3 gram. Sedangkan untuk Motorola sendiri memiliki desain sebesar 114 x 62 x 12 mm dan memiliki berat total 84.3 gram. Meskipun Motorola memiliki dimensi yang lebih besar dibandingkan Galaxy Mini 2, namun berat yang dimiliki Motorola lebih ringan dibandingkan dengan berat dari Galaxy Mini 2 yang notabene memiliki dimensi yang lebih kecil.

Layar

Galaxy Mini 2 mengusung layar sentuh kapasitif berjenis TFT yang mampu menampilkan 16 juta pendar warna dengan resolusi 320 x 480 piksel dan juga mendukung fitur multitouch untuk membantu Anda dalam bermain gamer atau aplikasi yang membutuhkan fitur ini. Sementara untuk layarnya sendiri, Galaxy Mini 2 memiliki layar yang berukuran 3.27 inci dan memiliki kekuatan piksel sebesar 176 ppi. Sementara untuk pesaingnya Motorola mengusung layar sentuh kapasitif yang juga berjenis TFT dan memiliki resolusi layar sebesar 320 x 480 piksel. Untuk ukuran layarnya sendiri, Motorola memiliki ukuran layar sebesar 3.5 inci dan memiliki kekuatan piksel sebesar 165 ppi. Motorola juga tak kalah untuk menanamkan fitur multitouch ke dalam layarnya agar semakin interaktif.

Performa

Galaxy Mini 2 mempercayakan Android Gingerbread v2.3.6 untuk dijadikan sistem operasi yang dibawanya. Selain Android Gingerbread, Galaxy Mini 2 juga disokong oleh chipset Qualcomm MSM7227 dan CPU sebesar 800 MHz yang disupport dengan RAM sebesar 512MB sebagai dapur pacunya. Galaxy Mini 2 juga didukung oleh GPU Adreno 200 untuk dukungan grafisnya. Tak mau kalah dengan pesaingnya, Motorola juga mengusung sistem operasi Android Gingerbread v2.3.4 yang juga disokong oleh Chipset Qualcomm MSM7227T-1 dan CPU sebesar 800 MHz yang mendapat support dari RAM sebesar 512MB. Motorola ini pun dilengkapi dengan GPU Adreno 200. Untuk urusan performa, kedua ponsel ini mendapatkan poin yang seimbang.

Kamera

Untuk sektor fotografi, Galaxy Mini 2 mempercayakan kamera 3.15MP sebagai perangkat fotografinya yang mampu menangkap gambar dengan resolusi 2048 x 1536 piksel yang dilengkapi dengan fitur Geo-tagging tanpa hadirnya lampu flash. Untuk urusan merekam video, kamera Galaxy Mini 2 ini mampu merekam video dengan kualitas VGA@25fps. Galaxy Mini 2 ini juga absen dari hadirnya kamera sekunder. Sementara itu di kubu Motorola Fire XT mempercayakan kamera sebesar 5MP sebagai kamera utamanya yang mampu menangkap gambar dengan resolusi 2592 x 1936 piksel yang dilengkapi dengan lampu LED flash, autofocus, dan Geo-tagging. Sementara untuk daya rekam, kamera Motorola ini mampu merekam video dengan kualitas 480p@24fps. Motorola pun mempercantik dirinya dengan hadirnya kamera sekunder. Untuk sektor kamera, Motorola lebih unggul dibandingkan dengan Galaxy Mini 2 karena dilihat dari kelengkapan fitur dan kekuatan yang dibawanya.

Baterai dan Memori

Beralih pada urusan daya tahan, Galaxy Mini 2 mempercayakan daya tahannya kepada baterai Li-ion 1300 mAh yang mampu bertahan hingga 120 jam dalam posisi stand-by dan 6 jam untuk penggunaan waktu bicara. Untuk daya simpannya sendiri, Galaxy Mini 2 dianugerahi memori internal sebesar 4GB dan masih bisa Anda ekspansi hingga 32GB menggunakan kartu microSD. Sedangkan untuk Motorola, mengandalkan baterai Li-ion 1540 mAh yang mampu bertahan hingga 480 jam dalam kondisi stand-by dan 5 jam untuk penggunaan waktu bicara. Untuk daya simpannya, Motorola memboyong memori internal sebesar 150MB yang juga bisa Anda lebarkan menjadi 32GB menggunakan kartu memori microSD.

Kesimpulan

Sulit untuk menentukan mana diantara kedua ponsel ini yang memiliki performa lebih unggul. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing di setiap sektornya. Namun bagi Anda yang menginginkan ponsel Android murah namun dengan kamera yang mumpuni maka Motorola merupakan pilihan yang tepat untuk Anda. Begitu juga berlaku hal yang sebaliknya. [PY]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel