Komparasi Ponsel Android 2 Jutaan, Samsung Galaxy Ace Plus vs HTC One V

3 Jun 2012 17:00 4764 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Disisi lain, Samsung pun menelurkan ponsel teranyarnya yang masih berada dalam keluarga Galaxy Ace, yakni Samsung Galaxy Ace Plus yang merupakan seri lanjutan dari Samsung Galaxy Ace.

Beberapa waktu lalu, produsen ponsel pintar asal Taiwan HTC menelurkan generasi ponsel pintarnya yang diberinama HTC One. Generasi One ini diklaim memiliki kemampuan yang mumpuni dibandingkan dengan produksi ponsel lainnya. Namun tidak semua generasi One ditanami sistem dapur pacu yang mumpuni, ada salah satu generasi One yang masih mengusung fitur fitur standar, yakni HTC One V. Disisi lain, Samsung pun menelurkan ponsel teranyarnya yang masih berada dalam keluarga Galaxy Ace, yakni Samsung Galaxy Ace Plus yang merupakan seri lanjutan dari Samsung Galaxy Ace. Lalu bagaimanakah performa kedua ponsel yang notabene merupakan penerus dari keluarga masing-masing bila saling dipertemukan? Apakah generasi One yang menempati urutan pertama, ataukah Samsung yang tetap mempertahankan gengsi dari keluarga Galaxy?

Dimensi

Ditilik dari bodi yang diusungnya, HTC One V mempertahankan bodi dari bentuk HTC Salsa yang merupakan saudara pendahulunya, sedangkan Samsung Galaxy Ace Plus tetap mempertahankan bentuk bodi yang diusung oleh Samsung Galaxy yakni candybar dengan sisi yang membulat di setiap ujungnya. Dari segi dimensi, Galaxy Ace Plus memiliki dimensi 114.5 x 62.5 x 11.2 mm dan berat yang mencapai 115 gram. Sedangkan untuk HTC mengusung dimensi 120.3 x 59.7 x 9.2 mm dan memiliki berat sebesar 115 gram. Untuk dimensi berat kedua ponsel ini memiliki berat yang sama, namun untuk dimensi sendiri, Galaxy Ace Plus memiliki dimensi yang lebih kecil dibandingkan dengan HTC One V yang memiliki bodi yang lebih bongsor.

Layar

Untuk urusan layar, Galaxy Ace Plus memboyong layar sentuh kapasitif TFT yang mampu memberikan 16 juta corak warna dan resolusi sebesar 320 x 480 piksel. Sedangkan untuk layarnya sendiri, Galaxy Ace Plus memiliki layar sebesar 3.65 inci sedangkan untuk kekuatan pikselnya, Galaxy Ace Plus memiliki poin 158 ppi. Sedangakan untuk HTC One V lebih memilih layar sentuh kapasitif standar yang juga memiliki kemampuan untuk menampilkan 16 juta warna kepada pengguna pada resolusi sebesar 480 x 800 piksel.

Untuk layar sendiri, HTC One V mengusung layar sebesar 3.7 inci dan juga memiliki kekuatan piksel sebesar 252 ppi. Untuk urusan layar, HTC One V jelas lebih unggul dibandingkan dengan layar yang dimiliki oleh Galaxy Ace Plus jika ditilik dari resolusi yang ditawarkan dan kekuatan piksel yang dimilikinya yang tentunya dapat menampilkan tampilan layar dan grafis yang apik dan detail.

Performa

Meskipun kedua ponsel ini mengusung sistem operasi yang sama yakni Android, namun versi yang diusungnya berbeda. Galaxy Ace Plus hanya mengusung sistem operasi Android v2.3 Gingerbread. Untuk dapur pacunya sendiri, Galaxy Ace Plus mengusung Chipset Qualcomm Snapdragon S1 dan CPU sebesar 1 GHz yang didukung oleh RAM sebesar 512MB. Untuk menyokong tampilan grafis pada saat penggunaan untuk bermain game dan aplikasi lain yang membutuhkan tampilan grafis yang tinggi, Galaxy Ace Plus telah dianugerahi dengan GPU Adreno 200.

Untuk kubu HTC sendiri, telah mengusung sistem operasi teranyar dari Android yakni Android Ice Cream Sandwich. Untuk dapur pacunya sendiri, HTC One V membawa Chipset Qualcomm MSM8255 Snapdragon yang dilengkapi dengan CPU sebesar 1 GHz serta RAM dengan kemampuan sebesar 512MB. Tak mau kalah dengan pesaingnya, HTC One V juga menanami dirinya GPU Adreno 205 untuk performa maksimal dari tampilan grafisnya. Untuk kategori performa ini, Galaxy Ace Plus harus kembali mengakui keunggulan yang dimiliki oleh One V ini.

Kamera

Pada sektor fotografi, masing-masing ponsel mengandalkan kamera yang ditanamkannya. Galaxy Ace Plus membawa kamera utama sebesar 5MP yang bisa menangkap gambar dengan resolusi sebesar 2592 x 1944 piksel yang dilengkapi dengan pengaturan standar kamera seperti autofocus, LED Flash, Geo-tagging, face and smile detection. Untuk daya rekam videonya sendiri, Galaxy Ace Plus ini mampu merekam video dengan kualitas VGA@30fps tanpa dilengkapi dengan hadirnya kamera sekunder.

Untuk HTC sendiri juga mengandlakan kamera dengan resolusi yang sama dengan Galaxy Ace Plus yakni 5MP yang mampu menangkap gambar sebesar 2592 x 1944 piksel yang juga dilengkapi dengan pengaturan standar kamera seperti autofocus, LED Flash, Simultaneous HD video and image recording, geo-tagging dan face and smile detection. Untuk daya rekam video sendiri, HTC mampu merekam dengan kuallitas sebesar 720p dan juga sama sama tidak dibekali dengan kamera sekunder.

Baterai dan Memori

Untuk sektor daya tahan, Galaxy Ace Plus mempercayakannya kepada baterai Li-ion 1300mAh yang mampu bertahan hingga 420 jam dalam posisi stand-by dan 7 jam 20 menit dalam penggunaan waktu bicara. Untuk daya simpannya sendiri, Galacy Ace Plus membawa memori internal sebesar 3GB dan masih bisa Anda ekspansi dengan memori eksternal sebesar 32GB. Di kubu HTC, pabrikan HTC mengandalkan baterai Li-ion 1500mAh untuk membawa daya tahan ponselnya. Sedangkan untuk daya simpan, HTC One V dibekali dengan memori internal sebesar 4GB yang juga masih bisa Anda ekspansi dengan memori eksternal sebesar 32GB.

Kesimpulan

Setelah melakukan beberapa perbandingan di atas tadi, kedua ponsel ini memiliki perbedaan yang signifikan pada sistem operasi yang diusungnya. Jika Anda ingin mencicipi sistem operasi Android yang baru namun dengan harga yang terjangkau, maka HTC One V bisa jadi merupakan pilihan yang tepat, namun berlaku juga hal yang sebaliknya. [PY]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel