SoundHound - Aplikasi Pemutar Musik Android dengan Music Recognition

15 Jan 2012 11:00 3784 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Jika Anda pernah mengalaminya, maka kini Anda tidak perlu risau lagi. SoundHound Inc. telah mengembangkan sebuah aplikasi pemutar musik Android Anda yang bertujuan untuk menelusuri lagu-lagu yang Anda sukai dengan mengandalkan sumber bunyi dari lagu tersebut. SoundHound menawarkan kemudahan bagi Anda untuk mengidentifikasi suatu irama musik, menemukannya, dan menyajikannya untuk Anda

Seringkali ketika Anda tengah mendengarkan radio, Anda menemukan musik yang Anda sukai. Anda ingin sekali mendengarkan musik itu melalui pemutar musik, smartphone, atau bahkan komputer Anda. Anda mulai mengakses ke situs penyedia dan berbagi data seperti 4shared atau Ziddu. Permasalahannya adalah ketika Anda menyadari bahwa Anda sesungguhnya tidak mengetahui siapa penyanyi dan judul dari lagu tersebut. Pernah mengalaminya?

Jika Anda pernah mengalaminya, maka kini Anda tidak perlu risau lagi. SoundHound Inc. telah mengembangkan sebuah aplikasi pemutar musik Android Anda yang bertujuan untuk menelusuri lagu-lagu yang Anda sukai dengan mengandalkan sumber bunyi dari lagu tersebut. SoundHound menawarkan kemudahan bagi Anda untuk mengidentifikasi suatu irama musik, menemukannya, dan menyajikannya untuk Anda. SoundHound telah memenangkan berbagai penghargaan sebagai aplikasi pemutar musik Android terbaik atas kemampuannya untuk mengidentifikasi suara secara cepat dan tepat.

SoundHound menawarkan fitur utama yaitu music recognition di mana Anda dapat menemukan musik yang Anda cari dengan cara memperdengarkan bagian irama musik tersebut sekurang-kurangnya selama empat detik. Tak hanya menemukan file lagu yang Anda cari, aplikasi pemutar musik Android ini juga menyajikan informasi lengkap seputar lagu yang Anda cari mencakup preview lagu, lirik, dan bahkan video klip dari lagu tersebut.

Selain itu, aplikasi yang satu ini memungkinkan Anda untuk langsung membagikan lagu yang Anda cari ke berbagai situs jejaring sosial yang Anda ikuti. Belum lagi widget yang disediakan oleh aplikasi ini yang memungkinkannya dilakukan identifikasi lagu dari perangkat Android Anda tanpa membuka aplikasi ini terlebih dahulu. Mengagumkan bukan?

Namun begitu, permasalahan keamanan dan privasi dari penggunanya menjadi kelemahan utama dari aplikasi pemutar musik Android ini. SoundHound membutuhkan data-data pengguna dalam penggunaannya sehingga dikhawatirkan akan mengganggu privasi dari pengguna itu sendiri. Belum lagi permasalahan konsistensi hasil pencarian yang cenderung fluktuatif membuat aplikasi ini belum dapat dipergunakan secara optimal setiap waktu.

Akan tetapi, apabila Anda hendak menjajal aplikasi mobile yang satu ini, maka bersiaplah merogoh kocek Anda sebesar $ 4,99 atau sekitar $ 45.600,00 kemudian mengunduhnya melalui Andorid Market. [RA]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel