Perbandingan Dua Ponsel Android High-End - Handphone Motorola RAZR Vs HTC Sensation XL

10 Jan 2012 13:00 3031 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Pada awal tahun ini, Motorola akan mendatangkan ponsel barunya ke Indonesia, yakni Handphone Motorola RAZR. Menurut rencana, ponsel *high-end* tersebut akan meluncur ke pasar tanah air pada bulan Januari ini dan dibanderol dengan harga Rp 5.499.000,- yang dibundling dengan paket internet milik XL selama 12 bulan.

Pada awal tahun ini, Motorola akan mendatangkan ponsel barunya ke Indonesia, yakni Handphone Motorola RAZR. Menurut rencana, ponsel high-end tersebut akan meluncur ke pasar tanah air pada bulan Januari ini dan dibanderol dengan harga Rp 5.499.000,- yang dibundling dengan paket internet milik XL selama 12 bulan.

Tentunya kedatangan ponsel ini ke tanah air akan semakin meningkatkan persaingan ponsel high-end di Indonesia. Oleh karena itu Paseban kali ini mencoba untuk membandingkan ponsel tersebut dengan ponsel high-end lainnya milik HTC yang telah dirilis pada Desember lalu, yakni HTC Sensation XL. Ponsel inipun dijual secara bundling dengan akses internet selama setahun penuh dari XL dan dibanderol dengan harga Rp. 6.999.999,-.

Dimensi

Dengan berat 127 gram dan dimensi 130.7 x 68.9 x 7.1 mm, handphone Motorola Razr diyakini sebagai salah satu ponsel dengan ukuran tertipis di dunia. Sementara itu, HTC Sensation XL memiliki ukuran yang lebih tebal, besar plus lebih berat pula, 132.5 x 70.7 x 9.9 mm dengan berat 162.5 gram.

Layar

Handphone Motorola RAZR mempunyai layar berukuran 4.3 inci dengan resolusi 540 x 960 piksel. Layar yang dimiliki oleh smartphone ini pun tergolong mutakhir menggunakan layar touchscreen kapasitif Super AMOLED serta mendukung tampilan hingga 16 juta warna. Sebagai tambahan, layar dari ponsel ini dilengkapi dengan Gorilla Glass untuk melindungi dari goresan.

Sementara itu HTC Sensation XL hadir dengan layar berukuran 4.7 inci yang mempunyai resolusi 480x800 piksel. Layar touchscreen S-LCD Kapasitif yang mendukung 16 juta warna menghiasi tampilan ponsel ini. Tak hanya itu, terdapat fitur lain seperti Accelerometer, Gyro, Proxymiti, Compass, Touch-Sensitive Control dan UI terbaru dari HTC, yakni HTC Sense 3.5.

Lagi-lagi Motorola RAZR unggul dari segi layar. Meskipun memiliki ukuran yang lebih kecil, ponsel tersebut mempunyai resolusi layar yang lebih tinggi, plus terdapat gorilla glass yang melindungi layar dari goresan. Di sisi lain, Sensation XL memiliki keunggulan di ukuran layar dan fitur pendukung tampilan lainnya, terutama keberadaan UI HTC Sense 3.5.

Performa

Kedua smartphone high-end ini menawarkan performa yang cukup tinggi. Hal tersebut terbukti dengan keberadaan prosesor PowerVR SGX540 Cortex-A9 1.2GHz dilengkapi dengan GPU TI OMAP 4430 yang digunakan Motorola RAZR serta prosesor dual core Qualcomm Scorpion 1.5GHz plus GPU Andreno 205. Hardware penunjang lain yang mendukung kecepatan kedua ponsel ini pun sangat wah. Motorola RAZR dilengkapi dengan RAM 1GB sedangkan untuk Sensation XL mempunyai RAM 768 MHz.

Sejak peluncuran awal, kedua ponsel ini akan menggunakan OS Android 2.3.5 Gingerbread. Ke depan, kemungkinan kedua ponsel ini juga akan memperoleh update Android 4.0 a.k.a Ice Cream Sandwich. Fitur lain seperti HTML, Adobe flash, GPS, hingga fitur jejaring sosial dimiliki oleh kedua ponsel ini. Meskipun begitu terdapat pula fitur Beats Audio yang khusus dimiliki oleh Sensation XL.

Di poin ini, Paseban menilai kedua smartphone ini, Motorola RAZR dan HTC Sensation XL, memiliki kualitas yang hampir setara. Di satu sisi, RAZR memiliki kekurangan pada prosesornya yang 'hanya' dual core 1.2 GHz namun ditutupi dengan RAM 1 GB. Sedangkan Sensation XL memiliki kekurangan pada RAM yang lebih kecil, yakni 768 MHz yang ditutupi dengan keunggulan prosesornya, dual core 1.5 GHz.

Kamera

Kedua ponsel sama-sama memiliki dual kamera. Kualitas dual kamera yang dipunyai pun sama, yakni kamera primer 8MP yang mampu menangkap gambar 3264x2448 piksel dan kamera sekunder 1.3 MP di bagian depan. Fitur lainnya seperti auto focus, LED flash, geo-tagging, face-detection, dan touch focus dimiliki oleh kedua ponsel. Namun untuk merekam video, nampaknya Motorola RAZR lebih unggul, ponsel ini mampu merekam video kualitas 1080HD pada 30fps. Sedangkan Sensation XL hanya bisa merekam video 720p pada mode slow motion video recording.

Baterai dan Memori

Standard baterai, Li-Ion 1780 mAh yang dipunyai oleh Motorola RAZR mampu bertahan hingga 304 jam dalam keadaan standby dan 9 jam 20 menit talktime. Sedangkan untuk Sensation XL, baterai standard Li-Ion 1600 mAhnya mampu bertahan lebih lama hingga 360 jam pada mode 2G dan 460 jam pada mode 3G. Untuk talktime pun ponsel ini lebih lama, mampu bertahan hingga 11 jam 50 menit (2G) dan 6 jam 50 menit (3G).

Untuk fasilitas penyimpanan yang ditawarkan, sepertinya Motorola RAZR sedikit lebih unggul. Smartphone ini menawarkan memori internal berkapasitas 16 GB plus dukungan slot microSD yang bisa menambah kapasitas hingga 32GB. Sensation XL sebenarnya memiliki kapasitas memori internal yang sama. Sayangnya ponsel tersebut tak dilengkapi dengan slot microSD.

Kesimpulan

Dilihat dari poin-poin yang Paseban sebutkan di atas, sepertinya memilih Motorola RAZR tentunya lebih bijak. Terlebih kedua ponsel high-end ini memiliki performa dan spesifikasi yang hampir setara namun RAZR datang dengan harga yang lebih murah. [IB]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel