Mencoba DocScanner, Aplikasi Android yang Menjadikan Handset Sebagai Scanner

9 Jan 2012 19:20 2981 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Ingin memiliki aplikasi scanner untuk perangkat Android Anda? Simak review dan download aplikasi Android Scanner, DocScanner di sini.

Pada artikel Paseban sebelumnya yang berjudul 'Fungsi dan Fitur iPhone yang Jarang Diketahui', Paseban menyebutkan salah satunya adalah menjadikan iPhone sebagai scanner. Mungkin di benak pengguna Android muncul pertanyaan, apakah Android memiliki kemampuan seperti iPhone tersebut? Dan ternyata, Paseban berhasil menerapkan fungsi ini pada perangkat milik Paseban dengan bantuan aplikasi Android bernama DocScanner.

Dengan aplikasi Android ini Anda bisa mengubah foto dokumen, faktur, atau whiteboards yang Anda ambil dengan kamera Android dan menjadikannya sebagai dokumen PDF. Memang pada dasarnya, DocScanner ini mengambil foto dokumen, di mana kemampuan ini sama saja dengan menggunakan aplikasi kamera bawaan Android. Namun perbedaannya adalah DocScanner memiliki fitur untuk crop, mempertajam gambar, membersihkan distorsi dan mengidentifikasi warna putih sebagai background sebuah dokumen sehingga teks bisa terbaca.

Anda bisa mendapatkan DocScanner ini di Android Market seharga $1,99. Aplikasi Android ini juga tersedia di Apple Store dan Nokia OVI.

Mencoba DocScanner

Setelah men-download dan meng-install DocScanner pada smartphone Android, Paseban mulai mencoba kemampuan aplikasi Android ini. Lalu Paseban melakukan hal-hal di bawah ini.

Pertama, pilih pilihan untuk mulai menciptakan multiple page dokumen menggunakan kamera Android Anda. Dan selanjutnya Anda akan mendapatkan tampilan aplikasi kamera Android. Ambil foto dokumen yang Anda ingin ubah menjadi dokumen digital. Paseban mencobanya dengan mengambil foto salah satu buku.

Garis hijau pada tampilan Android merupakan tanda untuk melakukan crop foto yang ingin Anda masukkan pada dokumen digital yang sedang Anda ciptakan. Anda bisa menggeser garis hijau tersebut sesuai yang Anda inginkan lalu tap Scan dan aplikasi Android DocScanner akan memproses hasil foto. Untuk menambahkan halaman pada dokumen digital Anda, klik tombol Add page dan ulangi proses menciptakan dokumen digital menggunakan kamera Android. Lalu akan muncul pilihan Use photo from memory di mana Anda bisa mengambil beberapa foto dahulu sebelum menjadikannya sebuah dokumen digital menggunakan aplikasi Android DocScanner.

Setelah dokumen yang Anda inginkan telah selesai, Anda bisa mengirim dokumen tersebut dalam format PDF, JPG maupun ZIP melalui Bluetooth ataupun email. Pilihan untuk mengirim ke Evernote atau Google Doc juga tersedia pada aplikasi Android ini.

Tips

Untuk hasil yang maksimal, atur flash kamera atau penerangan yang secukupnya saat mengambil foto. Pada percobaan yang Paseban lakukan, penerangan saat mengambil foto sangat kurang dan tanpa fitur flash kamera, jadi hasilnya tidak begitu bagus. [RY]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel