Yoyo - Aplikasi BlackBerry untuk Menghindari Kemacetan Lalu Lintas

10 Jan 2012 12:00 3958 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Kabar baik hadir bagi para pengguna perangkat BlackBerry karena kini telah hadir aplikasi BlackBerry bernama Yoyo. Yoyo hadir sebagai jawaban atas permasalahan klasik kemacetan lalu lintas pada kota besar seperti Jakarta dan Bandung. Yoyo menyajikan tampilan *streaming* kondisi lalu lintas melalui sepuluh unit kamera CCTV yang telah terpasang pada beberapa ruas jalan.

Kemacetan lalu lintas adalah permasalahan klasik yang kerap terjadi di kota-kota besar di dunia tak terkecuali kota-kota besar di Indonesia. Bahkan pada beberapa kota seperti Jakarta dan Bandung, peningkatan kemacetan lalu lintas cenderung menunjukkan tren negatif seiring dengan meningkatnya kepadatan penduduk dan jumlah kendaraan bermotor tiap tahunnya.

Belum lagi dengan minimnya sarana transportasi umum baik secara kualitas maupun kuantitas membuat masyarakat seolah enggan untuk beralih dari kendaraan pribadi. Dengan kondisi seperti ini, tak heran apabila kemacetan lalu lintas menjelma menjadi permasalahan akut hingga pada kota-kota besar terdapat ungkapan bahwa sebagian besar waktu dihabiskan di jalan.

Kabar baik hadir bagi para pengguna perangkat BlackBerry karena kini telah hadir aplikasi BlackBerry bernama Yoyo. Yoyo hadir sebagai jawaban atas permasalahan klasik kemacetan lalu lintas pada kota besar seperti Jakarta dan Bandung. Yoyo menyajikan tampilan streaming kondisi lalu lintas melalui sepuluh unit kamera CCTV yang telah terpasang pada beberapa ruas jalan utama di Jakarta dan Bandung. Tampilan kondisi lalu lintas ini akan disajikan kepada Anda secara real-time sehingga memudahkan Anda untuk memilih jalur yang akan Anda lewati untuk menghindari kemacetan lalu lintas pada ruas-ruas jalan utama.

Tak hanya itu, Yoyo bahkan menyajikan informasi tambahan secara proporsional mengenai kondisi kepadatan dan kemacetan lalu lintas pada ruas jalan-jalan tersebut. Aplikasi BlackBerry ini juga memungkinkan Anda untuk membagi kondisi kepadatan dan kemacetan lalu lintas pada ruas jalan tertentu dengan pengguna Yoyo lainnya. Selain itu, Yoyo bahkan menyuguhkan informasi tambahan mengenai sarana-sarana umum terdekat seperti klinik 24 jam, SPBU, dan pusat kebugaran.

Namun demikian, keterbatasan jumlah kamera CCTV yang telah terpasang pada ruas jalan tertentu membuat ruang gerak deteksi kemacetan yang disajikan aplikasi BlackBerry ini juga semakin terbatas. Selain itu, permasalahan yang kerap muncul pada instalasi update aplikasi ini juga harus mendapatkan perhatian dan pembenahan sesegara mungkin oleh pengembang Yoyo sehingga aplikasi BlackBerry ini dapat digunakan dengan lebih optimal. Akan tetapi, secara keseluruhan aplikasi ini amat bermanfaat khususnya bagi Anda yang kerap melintasi titik-titik pusat kemacetan di Jakarta dan Bandung.

Tertarik mencobanya? Anda dapat mengunduh aplikasi anti kemacetan lalu lintas secara gratis di BlackBerry AppWorld . [RA]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel