Perbandingan Dua Ponsel Android Tangguh - Sony Ericsson Xperia Active VS Motorola Defy

3 Jan 2012 14:00 5298 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Banyak muncul ponsel pintar yang mengusung berbagai fitur-fitur yang unik dan inovatif di pasaran. Salah satu diantaranya adalah serangkaian ponsel yang mengandalkan ketangguhan atau juga ketahanan terhadap cuaca ekstrim, tahan banting, dan tahan air. Berikut ini perbandingan ponsel tangguh yang berbasis Android yakni Sony Ericsson Xperia Active VS Motorola Defy.

Belakangan ini banyak muncul ponsel pintar yang mengusung berbagai fitur-fitur yang unik dan inovatif di pasaran. Salah satu diantaranya adalah serangkaian ponsel yang mengandalkan ketangguhan atau juga ketahanan terhadap cuaca ekstrim, tahan banting, tahan air dan lain-lain. Berikut ini Paseban akan mencoba membandingkan kedua ponsel tangguh yang berbasis Android yakni Sony Ericsson Xperia Active VS Motorola Defy.

Tampilan

Dari segi penampilan, Sony Ericsson Xperia Active hadir dengan dengan gaya modern dan dinamis dengan dimensi sebesar 92 x 55 x 16.5 mm dan berat sekitar 111 gram. Sedangkan rivalnya memiliki ukuran yang lebih besar yakni 107 x 59 x 13.4 mm dan berat sekitar 118 gram. Untuk urusan layar, Motorola Defy mengusung layar sentuh kapasitif 3.7 inci dengan resolusi maksimum 480 x 854 pixels. SE Active harus mengakui keunggulan lawannya dengan hanya mengandalkan layar sentuh kapasitif 3 inci dengan resolusi 320x480 pixels.

Performa

Untuk menghasilkan performa keseluruhan yang baik, Sony Ericsson Xperia Active telah dilengkapi dengan processor 1 GHz dengan OS Android 2.3 (Gingerbread). Sedangkan Motorola Defy hanya dilengkapi dengan processor 800 Mhz dan OS Android 2.1 (Eclair). Secara teknis, dapat disimpulkan bahwa dalam hal performa SE Active akan lebih unggul bila dibandingkan dengan lawannya ini.

Kamera

Kedua ponsel tersebut sudah dilengkapi dengan kamera utama 5 MP yang bisa mendukung pemotretan gambar hingga resolusi 2592x1944 pixels. Fitur kamera standar juga sudah dibenamkan yang terdiri dari autofocus, LED flash, geo-taging dan image stabilization. Akan tetapi, SE Active masih lebih unggul dalam hal video recording yakni mampu merekam dengan kualitas 720p sedangkan rivalnya hanya dengan kualitas VGA saja.

Konektivitas

Dalam faktor konektivitas, Sony Ericsson Xperia Active menggunakan jaringan GPRS, EDGE, HSDPA (7.2 Mbps) hingga HSUPA (5.8 Mbps). Motorola Defy juga sudah beroperasi di jaringan yang hampir sama dengan lawannya, hanya saja kecepatan data via HSUPA yang dimilikinya masih sebatas 2 Mbps.

Baterai

Kapasitas baterai sebesar 1200 mAh Li-ion sudah termasuk pada ponsel SE Xperia Active yang disinyalir akan mampu menghasilkan waktu standby lebih lama bila dibandingkan dengan Defy. Namun ternyata dalam urusan talktime, Defy ditengarai akan lebih unggul dengan sudah dibenamkannya baterai berkapasitas 1540 mAh Li-Po.

Kesimpulan

Dari perbandingan di atas, dapat kita lihat bahwa Sony Ericsson Xperia Active ternyata masih jauh lebih unggul dalam hal processor, sistem operasi, kamera video, jaringan 3G via HSUPA dan waktu standby. Sedangkan Motorola Defy tampaknya lebih hebat dalam urusan ukuran layar lebih besar, resolusi layar yang lebih tinggi dan juga waktu talk-time yang lebih lama. SE Active dibanderol dengan harga Rp 3.100.000 (baru) sedangkan Motorola Defy dengan harga Rp 3.450.000 (baru). [IS]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel