Menyelami OS Mobile Baru Microsoft, Windows Phone (2)

1 Jan 2012 09:05 3073 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Dalam ulasan sebelumnya, Paseban belum menjelaskan OS Mobile terbaru milik Microsoft, yakni Windows Phone secara lengkap. Berikut ini adalah lanjutan dari artikel tersebut.

Dalam ulasan sebelumnya (Anda bisa klik di sini), Paseban belum menjelaskan OS Mobile terbaru milik Microsoft, yakni Windows Phone secara lengkap. Berikut ini adalah lanjutan dari artikel tersebut.

Messaging

Selain memberikan kemudahan dalam contact, OS Mobile dari Microsoft ini juga menghadirkan solusi tanpa repot ketika mengirim pesan, baik pesan SMS maupun pesan email. Dalam Windows Phone 7.5, terdapat tambahan Conversation View. Jadi thread email digabung menjadi satu, membuat Anda tak lagi repot-repot untuk mencari balasan email yang Anda terima. Setiap thread ditandai dengan jelas dan terdapat jumlah pesan yang belum dibaca sekaligus jumlah pesan secara keseluruhan.

Fitur conversation tersebut juga berlaku untuk pesan singkat. Anda dapat melihat pesan yang terkirim ke sebuah nomor kontak dalam sebuah thread, dalam hal ini adalah semua jenis pesan, dari pesan singkat, MMS, atau bahkan pesan chatting. Microsoft menuturkan bahwa dalam OS Mobile ini, Anda juga dapat memulai sebuah thread melalui PC dan melanjutkan thread tersebut di ponsel.

Aplikasi

Microsoft menjanjikan berbagai jenis aplikasi ketika meluncurkan OS Mobile ini. Mereka mengatakan, ke depan variasi aplikasi akan dapat dilihat di MarketPlace. Terbaru, mereka mengumumkan bahwa per Desember 2011, total terdapat 50 ribu aplikasi yang dapat diunduh di MarketPlace.

Bing

Microsoft juga menyertakan mesin pencari internet, Bing, dalam OS Mobile terbarunya. Dengan bing, pengguna ponsel Windows Phone Mango 7.5 dapat memperoleh beberapa fitur baru. Pertama adalah Bing Vision. Bing Vision ini adalah aplikasi pencari yang dilengkapi dengan Software Image Identification. Aplikasi ini berfungsi sebagai scanner bar code. Selain itu, QR code, Microsoft Tag, buku, majalah, poster, DVD, dan CD juga dapat digunakan. Aplikasi ini juga dapat difungsikan sebagai translator. Sayangnya, untuk scanning bar code hanya akan bekerja untuk barang-barang yang berasal dari negeri Paman Sam. Sedangkan untuk text translation hanya dapat bekerja di wilayah-wilayah tertentu.

Selanjutnya terdapat Local Scout yang memberikan hasil pencarian restoran dan merekomendasikannya kepada Anda. Tentunya aplikasi ini hanya memberikan rekomendasi sebuah restoran yang jaraknya tak terlalu jauh dengan pemilik ponsel. Selain itu, Local Scout juga dapat menyediakan informasi lainnya, misalnya jika anda ingin tahu tempat nongkrong yang enak di sekitar. Caranya pun mudah, tinggal melihat hasil pencarian dan Anda akan tahu di mana lokasi, bagaimana untuk mencapai tempat tersebut, jam buka, hingga review dan rating tempat tersebut.

Yang ketiga adalah fitur identifikasi musik. Anda dapat mengetahui judul lagu, nama artis, album dan informasi lainnya dengan hanya membiarkan ponsel berbasis OS Mobile milik microsoft ini untuk mendengarkan lagu tersebut. Sangat simpel. Terakhir adalah Bing Voice yang memungkinkan untuk melakukan pencarian dengan menggunakan suara. Aplikasi voice-to-text ini merupakan hasil karya dari divisi TellMe milik Microsoft. Namun sayangnya, kinerja software ini tak terlalu memuaskan. Terlebih jika pelafalan kata tidak terlalu jelas.

Multitasking

Fitur multitasking ini diberikan oleh Microsoft agar Windows Phone dapat bersaing dengan OS Mobile lainnya. Fitur ini sudah diberikan oleh Microsoft sejak kemunculan awal Windows Phone. Selanjutnya, pada Windows Phone 7.5, Microsoft membuat agar para pengguna ponsel dapat beralih dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya dengan mulus. Program yang Anda gunakan akan secara otomatis ter-minimize dan muncul thumbnail dari program lain.

Internet Explorer 9

Tak seperti OS Mobile sebelumnya, Windows Phone 7.5 menggunakan Internet Explorer 9 sebagai sarana browser internet. IE9 dikatakan memiliki kecepatan tinggi dan lebih efisien. Selain itu, browser ini juga mendukung HTML5. [IB]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel