Kesimpulan Menyeluruh Spesifikasi Samsung Galaxy W

29 Dec 2011 19:00 10078 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Samsung Galaxy W bukanlah *smartphone* Android Samsung yang berada di posisi teratas, di Indonesia saat ini masih diduduki Samsung Galaxy S II. Tetapi dari kupas tuntas Samsung Galaxy W yang Paseban lakukan pada beberapa artikel sebelumnya menunjukkan bahwa tim R&D (Research & Development) Samsung mencoba untuk menerapkan fitur-fitur *smartphone* Android *high-end*.

Samsung Galaxy W bukanlah smartphone Android Samsung yang berada di posisi teratas, di Indonesia saat ini masih diduduki Samsung Galaxy S II. Tetapi dari kupas tuntas Samsung Galaxy W yang Paseban lakukan pada beberapa artikel sebelumnya menunjukkan bahwa tim R&D (Research & Development) Samsung mencoba untuk menerapkan fitur-fitur smartphone Android high-end pada handset mid-end yang berharga lebih murah, dan Samsung Galaxy W adalah produk pertama sejauh ini.

TouchWiz 4.0 adalah UI (User Interface) Android modifikasi terbaru dari Samsung yang paling bagus, flexible, dan mempercantik tampilan serta fungsi aplikasi-aplikasi Samsung Galaxy W. Dari segi software, Samsung Galaxy W layak dibilang mendekati sempurna dan berada di atas rata-rata.
Seperti yang Paseban sebutkan pada artikel review sebelumnya, dalam hal hardware Samsung Galaxy W memiliki beberapa kekurangan. Bahan casing dari plastik sepertinya tidak tahan goncangan apabila jatuh, dan tombol yang kurang nyaman ditekan adalah kekurangan dari sisi eksterior.

Layar yang bukan Super AMOLED mempunyai viewing angles cukup bagus (konten pada layar tetap bisa terlihat dengan jelas dari sudut yang berbeda), tetapi lemah dalam hal kontras. Apabila dibandingkan dengan Samsung Galaxy S sebagai varian Galaxy pertama dan original, layar Samsung Galaxy W lebih kecil. Smartphone Android lain yang mempunyai spesifikasi setara adalah Sony Ericsson Xperia Neo, dan Samsung Galaxy W juga kalah dalam hal layar melawan BRAVIA Engine milik Sony Ericsson.

Internal Storage sebesar 1.7GB berada diatas standar smartphone Android berharga ekonomis, dan berada di bawah standar kelas high-end. Dalam hal chipset, Samsung Galaxy W memang tidak menggunakan prosesor dual-core, namun hasil benchmark CPU dan GPU menunjukkan hasil positif di mana isu hanya prosesor single-core bukanlah suatu masalah mengingat banderol harga dari perangkat ini.

HTC Sensation XL juga merupakan rival setara dengan prosesor yang lebih tinggi, internal storage lebih besar, kamera lebih baik, dan kualitas sound yang memang ditonjolkan dari perangkat ini. Namun dari sisi grafis, HTC Sensation XL kalah melawan Samsung Galaxy W meskipun menggunakan hardware yang sama.

Overall, Samsung Galaxy W adalah smartphone Android dengan kemampuan yang sesuai dengan harga. Smartphone yang lebih baik dari Samsung Galaxy W, berbanderol lebih mahal. Jadi Samsung Galaxy W bukanlah pilihan yang buruk, dan bisa dibilang masih layak. [RY]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel