Adu Dua Smartphone dengan Layar Super Besar - HTC Sensation XL VS Samsung Galaxy Note

16 Dec 2011 14:00 4111 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Sekarang ini sudah banyak terdapat ponsel pintar yang mengedepankan fitur unggulan layar besar dengan teknologi layar sentuh yang lebih canggih dari sebelumnya. **HTC Sensation XL** adalah salah satu *smartphone* yang diproduksi dengan layar besar dan juga sudah dilengkapi dengan teknologi yang mumpuni.

Sekarang ini sudah banyak terdapat ponsel pintar yang mengedepankan fitur unggulan layar besar dengan teknologi layar sentuh yang lebih canggih dari sebelumnya. HTC Sensation XL adalah salah satu smartphone yang diproduksi dengan layar besar dan juga sudah dilengkapi dengan teknologi yang mumpuni.

Berikut ini Paseban akan mencoba membandingkan ponsel ini dengan Samsung Galaxy Note yang juga mengusung layar besar sebagai andalannya.

Dimensi

HTC Sensation XL memiliki design khas smartphone layar sentuh dengan aluminium cover di bagian belakang. Ponsel ini berukuran 132,5 x 70,7 x 9,9 mm dan berat sekitar 162,5 gram (termasuk baterai). Sedangkan lawannya berdimensi 146,9 x 83 x 9,7 mm dalam hal tinggi, lebar dan ketebalan. Ia juga memiliki berat keseluruhan sekitar 178 gram. Untuk ronde ini, ponsel HTC keluar sebagai pemenang karena ukurannya lebih kecil dan lebih ringan.

Layar

Untuk urusan layar, HTC Sensation XL memiliki layar 4,7 inci dengan teknologi S-LCD capacitive touchscreen dengan 16 juta warna dan resolusi 480x800 pixels. Fitur layarnya sudah dilengkapi dengan accelerometer, gyro, dan proximity sensor. Samsung Galaxy Note tidak mau kalah dengan layar 5.3 inci, 16 juta warna, teknologi Super AMOLED, Gorilla Glass (anti gores) dan resolusi maksimum 1280x800 pixels. Dalam hal ini, Samsung Galaxy Note dianggap lebih unggul karena memiliki resolusi layar yang lebih tinggi dari rivalnya.

Performa

Kedua ponsel tersebut menggunakan Android 2.3 (Gingerbread) sebagai sistem operasi. Untuk urusan tampilan, Samsung mengusung TouchWiz 4.0 sedangkan HTC mengedepankan HTC Sense 3.5. Dalam faktor kecepatan prosessor, Galaxy Note jauh lebih unggul dengan dual-core 1.4GHz processor dengan 1GB RAM, sedangkan lawannya hanya memiliki single-core processor 1.5GHz dengan 768 MB RAM.

Kamera

Sama-sama dilengkapi dengan kamera 8 MP dan dukungan HD video recording. Namun, Galaxy mendukung rekaman video dengan kualitas 1080p sedangkan Sensation mendukung 720p. Perbedaannya juga terletak pada kamera depan Note sebesar 2 MP dan Sensation dengan kualitas 1.3 MP. Jadi, dapat disimpulkan Galaxy Note lebih unggul dalam hal kamera depan dan kualitas video.

Baterai dan Memori

HTC Sensation XL tersedia dalam versi 16GB saja dan tidak bisa di-upgrade dengan microSD, Galaxy Note tersedia dalam versi 16 GB dan 32GB dan juga mendukung microSD slot. Dan untuk urusan baterai, Galaxy Note lebih unggul berkat dukungan baterai 2500mAh sedangkan Sensation XL dilengkapi dengan baterai 1600mAh.

Kesimpulan

Dari perbandingan di atas, ternyata Samsung Galaxy Note masih lebih unggul dalam hal ukuran layar, resolusi layar, processor, RAM, kamera depan, video, memori dan baterai. HTC Sensation XL bisa jadi alternatif smartphone layar besar bagi anda karena memiliki dimensi lebih kecil dan lebih ringan. [IS]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel