Kekurangan Android Terletak Pada Update OS (part-2)

12 Dec 2011 17:00 3453 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

ita tahu bahwa Droids RAZR memiliki banyak teman apabila membicarakan kekurangan Android ini. Banyak *handset* Android dengan cepat menjadi usang karena tidak bisa update OS terbaru dan terjebak pada OS lama. Hal ini mengakibatkan pasar *handset* Android sangat *fragmented* (terpisah atau terisolasi antara satu dengan lainnya).

Paseban sudah sedikit menjelaskan kelemahan Android pada artikel sebelumnya, Kali ini Paseban akan memaparkan lebih mendalam. Kita tahu bahwa Droids RAZR memiliki banyak teman apabila membicarakan kekurangan Android ini. Banyak handset Android dengan cepat menjadi usang karena tidak bisa update OS terbaru dan terjebak pada OS lama. Hal ini mengakibatkan pasar handset Android sangat fragmented (terpisah atau terisolasi antara satu dengan lainnya).

Kekurangan Android ini juga mengakibatkan ketika suatu handset Android sudah mendapatkan update OS, ia harus menunggu dalam waktu yang cukup lama. Contoh Samsung Epic 4G baru mendapatkan upgrade Gingerbread setelah setahun OS tersebut pertama kali rilis.

Mungkin apabila Android adalah satu-satunya mobile OS, hal seperti ini tidak akan menjadi suatu sorotan masalah, mungkin malah menjadi standar, ingin menggunakan OS terbaru harus upgrade handset. Namun Android bukanlah satu-satunya mobile OS, dan kebetulan seteru terbesarnya, iOS, kebalikan dari ini, oleh karena itu masalah update OS ini kekurangan Android.

Sejauh ini, Apple telah merilis upgrade iOS hanya sekali setahun, dan segera setelah rilis semua perangkat iOS (iPad, iPhone, iPod) baru maupun lama bisa menggunakannya. Hal ini tentu saja menghilangkan kekhawatiran konsumen untuk membeli produk yang akan cepat usang seperti akibat dari isu kekurangan Android.

Berikut infographic yang menggambarkan isu upgrade OS yang menjadi kekurangan Android jika dibandingkan dengan iOS:

infographics

Dari infographic di atas dapat ditarik kesimpulan:

  • 7 dari 18 handset Android tidak pernah menjalankan OS versi terbaru.

  • 12 dari 18 hanya menjalankan OS versi terbaru dalam hitungan minggu atau kurang (karena telah muncul OS versi lebih baru lagi).

  • Pembelian handset di Amerika umumnya dalam bentuk kontrak selama dua tahun, dan 10 dari 18 handset tersebut akan tertinggal setidaknya 2 versi dari OS terbaru dalam masa kontrak tersebut.

  • 11 dari 18 akan berhenti mendapatkan dukungan update kurang dari satu tahun setelah rilis.

  • 13 dari 18 berhenti mendapat dukungan update bahkan saat handset baru masih tersedia di pasaran.

  • 15 dari 18 tidak bisa menjalankan Gingerbread, handset yang rilis pada Desember 2010.

  • Beberapa minggu setelah Ice Cream Sandwich rilis semua handset pada infographic diatas tertinggal satu versi OS lagi.

  • Setidaknya 16 dari 18 dapat dipastikan tidak akan pernah menjalankan Ice Cream Sandwich. [RY]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel